Jujutsu Kaisen: Anak SMA yang Rela Berbagi Tubuh dengan Roh Terkutuk

Jujutsu Kaisen: Anak SMA yang Rela Berbagi Tubuh dengan Roh Terkutuk

. 5 min read

Pernah membayangkan melahap makhluk terkutuk dengan kekuatan tingkat tinggi demi menyelamatkan teman-teman? Yuji Itadori rela melakukan hal itu! Ia adalah anak SMA biasa, namun memiliki kemampuan atletik dan fisik yang luar biasa! Walaupun ia menjadi atlet pada Klub Lari di sekolahnya, ia lebih memilih ikut Klub Penelitian Ilmu Gaib yang kurang diminati murid lain.

Yuji adalah karakter utama dari manga buatan Gege Akutami. Berjudul Jujutsu Kaisen, manga ini bergenre dark-fantasy yang terbit sejak tahun 2017. Berawal dari seri empat bab yang masuk dalam majalah JUMP Giga terbitan Shueisha, seri itu bertajuk Tokyo Metropolitan Curse Technical School (Tōkyō Toritsu Jujutsu Kōtō Senmon Gakkō). Namun akhirnya seri tersebut diterbitkan dalam bentuk satu volume, dan berjudul Jujutsu Kaisen 0, pada akhir 2018.

Nah, manga ini rilis dalam majalah mingguan Shonen Jump terbitan Shueisha pada Maret 2018, dan bab-bab tunggalnya telah digabung menjadi beberapa volume. Dan hingga saat ini sudah terbit 16 volume dan 153 chapter per bulan Juni 2021.


Baca juga: Ini Perbedaan Shonen dan Shoujo pada Manga


Manga ini mengisahkan Yuji yang masuk ke Klub Penelitian Ilmu Gaib, agar bisa bersantai dan bergaul dengan para senior. Sayang, senior-seniornya telah membuka segel dari jimat kutukan tingkat tinggi di sekolahnya, dan menarik roh kutukan muncul. Jimat tersebut menarik Jurei, yaitu makhluk mirip monster yang muncul melalui emosi negatif manusia.

Yuji yang tidak mempunyai kekuatan sihir tak mau terlihat pecundang. Itadori yang tidak mampu mengalahkan Jurei akhirnya menelan jimat kutukan berupa "jari" dari Ryomen Sukuna, dan menjadi wadah dari Sukuna, roh terkuat yang pernah ada. Hal itu untuk melindungi teman dan senior-seniornya. Hebatnya lagi, Yuji masih bisa mengendalikan tubuhnya meski telah dirasuki.

Jujutsu
Sumber foto: HBO Max

Jujutsu Kaisen menjadi manga terpopuler di Jepang, bahkan bersaing ketat dengan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Pada tahun 2019, Jujutsu Kaisen sempat menjadi peringkat pertama dalam Komik Rekomendasi Karyawan Toko Buku Nasional di Jepang. Dan manga ini juga masuk dalam nominasi Shogakukan Manga Award ke-65, untuk kategori Shonen Terbaik. Hingga saat ini, Jujutsu Kaisen selalu langganan masuk 10 Top Chart Weekly Oricon, bahkan duduk di posisi kedua setelah Demon Slayer pada akhir 2020 lalu (Kompas.com, 22/01/21).

Anime News Network juga menobatkan Jujutsu Kaisen sebagai manga yang paling banyak terjual, dan angkanya terus meningkat setiap bulan, hingga mencapai 25 juta eksemplar pada Februari 2021 (detikHot 09/02/21)

Versi anime dari Jujutsu Kaisen juga sudah mengudara dan diproduksi oleh MAPPA Studios, yang juga memproduksi anime Attack on Titan Final Season. Anime Jujutsu Kaisen sudah dilakukan pengerjaannya sejak komik volume keduanya dirilis pada tahun 2018, lho! Kehadiran versi animenya dari Oktober tahun 2020 lalu, sangat memberikan keuntungan besar, karena manga Jujutsu Kaisen akhirnya semakin populer dan dikenal dunia.

Anime Jujutsu Kaisen telah rampung dalam 24 episode di season pertamanya pada 27 Maret 2021 kemarin, dan season kedua dikabarkan akan berlanjut.


Baca juga: Attack on Titan 29 Sudah Terbit! Ini Komik Seru dan Terbaru Lainnya di Bulan Maret 2021


Pada episode terakhir season pertama, manga prekuel ‘Jujutsu Kaisen 0’ diumumkan akan rilis pada musim dingin di Jepang. Yang berarti bisa pada akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022. Walaupun prekuel, ceritanya sangat penting dan berhubungan dengan Jujutsu Kaisen yang akan datang pada season kedua. Jujutsu Kaisen 0 berlangsung satu tahun sebelum acara seri utama, dan kedatangan Itadori di SMA Jujutsu.

MyAnimeList mengumumkan bahwa Jujutsu Kaisen duduk di posisi puncak pada serial anime terpopuler di Jepang tahun 2020, dan telah ditonton oleh 279.277 penonton pada tahun 2020. Mengalahkan kepopuleran anime Haikyuu!! season 2 (Kontan, 31/12/20).

Cerita Jujutsu Kaisen bukan sekadar seri action-supernatural nan mistis seperti yang lainnya, loh. Tapi ada sisi kemanusiaan yang diperlihatkan dari sang tokoh utama, Yuji. Ia tidak memiliki harapan khusus pada masa depannya, ia hanya menjalani kesehariannya dengan santai, damai, dan apa adanya.

Jujutsu
Sumber foto: atoptheclouds.wordpress.com

Yup, Yuji hanya tinggal bersama sang kakek, ia tidak tahu siapa ayah atau ibunya. Sebelum kakek Itadori meninggal, Ia memberikan dua pesan terakhirnya terhadap Itadori, yaitu “bantulah orang lain selagi kau bisa membantu” dan “matilah dikelilingi banyak orang”.

Setelah kematian kakeknya, Yuji menafsirkan pesan-pesan tersebut sebagai satu pernyataan bahwa setiap orang berhak mendapatkan “kematian yang layak”. Kakeknya pun tiada saat ia masuk sekolah. Itulah mengapa ia rela berbagi badan dengan makhluk terkutuk dan terkuat itu. Lalu, bagaimana cara mereka membunuh makhluk tersebut hingga benar-benar mati?

Manga ini cocok untuk rentang usia remaja ke atas, dan menjadi salah satu seri manga yang sangat direkomendasikan, terutama pada penyuka genre action, karena manga ini menghadirkan banyak momen-momen petarungan yang epik dan menegangkan.

Komik Jujutsu Kaisen sudah terbit dengan bahasa Indonesia sejak awal 2021 lalu. Penerbit Elex Media Komputindo juga tetap menyertakan SFX (tulisan efek suara) dari edisi aslinya yang bertuliskan bahasa Jepang, lho. Ikuti perjuangan Yuji dan teman-temannya mengendalikan kekuatan jahat ini, yuk!

Komik ini selalu masuk dalam daftar Buku Paling Dicari tiap bulannya di Gramedia.com. Sampai saat ini, Jujutsu Kaisen Volume 1 masih bertengger di kategori Buku-Buku Terpopuler. Leroy Douresseaux dari Comic Book Bin juga memberikan nilai 8,5/10 untuk volume pertamanya.

jujutsuBeli Sekarang dan Berkenalan dengan Yuji!

Nggak kalah seru dari volume pertama, lanjutan dari Jujutsu Kaisen juga ditunggu-tunggu banget oleh para Grameds. Kutukan kembali muncul dan SMA Jujutsu mengirim Itadori dan siswa kelas satu lainnya untuk menangani situasi tersebut.

Namun, kutukan yang mereka temui jauh lebih kuat dari yang mereka duga! Itadori dan teman-temannya sekarang memiliki dua pilihan, lari dan mungkin hidup, atau bertarung dan mati.

jujutsuBeli Sekarang dan Ikuti Kelanjutan Kisah Yuji!

Bagi yang sudah selesai dengan volume pertama dan kedua, saatnya kamu mulai di volume ketiga. Mendekati acara kompetisi antara Akademi Jujutsu Tokyo dan Kyoto, dua murid Akademi Jujutsu Kyoto telah menampakkan dirinya, Aoi Todo dan Mai Zenin, di hadapan Fushiguro dan Kugisaki.

Di lain tempat, Itadori yang ditemani Nanami, adik kelas Gojo, pergi menyelidiki sebuah kasus kematian di sebuah bioskop. Dalam penyelidikannya, keduanya menemukan kasus perubahan tubuh manusia yang disebabkan oleh teknik kutukan.

jujutsuBeli Sekarang dan Ikuti Kelanjutan Kisah Yuji!

Bagi yang sudah menunggu-nunggu bagaimana keadaan Yuji selanjutnya atau yang belum baca Jujutsu Kaisen, ini saatnya untuk bertualang bersama Yuji. Beli sekarang, sebelum kehabisan! Dan kabarnya, untuk volume keempat akan segera rilis kembali, lho.

By the way, kamu juga bisa pesan buku lewat layanan terbaru Gramedia.com yaitu, Pesan Antar. Tinggal pesan lewat chat WhatsApp, kamu bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), paketmu pun akan lebih cepat sampai. Untuk info lebih lanjut, klik gambar di bawah ini.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: myanimelist.net