Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Mau Temanmu Gagal Puasa!

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Mau Temanmu Gagal Puasa!

. 2 min read

Mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, maka tak heran jika bulan Ramadhan menjadi salah satu hari raya yang dirayakan paling meriah di Indonesia. Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, agama dan ras. Bagi penduduk Indonesia yang tidak berpuasa dan merayakan hari raya Lebaran. Sikap toleransi antar teman yang sedang berpuasa dan merayakan hari lebaran harus lebih diperhatikan. Karena seringkali kita tidak sengaja dan lupa melakukan hal-hal yang dapat memancing teman kita yang berpuasa menjadi “batal puasa”.

Untuk mencegah hal itu terjadi, yuk simak hal-hal sederhana yang sebisa mungkin tidak kamu lakukan saat kamu bersama teman yang sedang berpuasa.

Nonton Acara Mukbang


Photo by Rakicevic Nenad / Unsplash
Acara Mukbang atau video makan-makan yang berasal dari Korea memang sedang hits banget di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube. Jika kalian memiliki kebiasaan menonton Mukbang kapan saja dan di mana saja, usahakan kalian menonton Mukbang tersebut minimal lima meter dari teman yang puasa ya!

Ngajak Makan Siang Bareng


Photo by Mike Fox / Unsplash

Jika kalian tipe yang selalu mengajak teman makan bareng, hati-hati selama bulan puasa jangan keceplosan dan refleks ajak teman yang sedang berpuasa.

Ngemil Camilan

chips-close-colors-479620

Seringkali ada orang yang selalu gatal mulutnya dan harus mengemil makanan setiap saat. Namun, saat bulan puasa coba tahan diri untuk tidak mengemil di depan teman yang sedang berpuasa. Selain menunjukkan toleransi dengan teman kita yang berpuasa hitung-hitung bisa untuk sekalian diet.

Bikin Emosi


Photo by Alex Iby / Unsplash
Ketika bulan puasa, teman yang muslim tidak hanya akan menahan lapar dan haus, namun juga emosi dan pikiran-pikiran negatif. Maka penting untuk kita yang tidak berpuasa untuk selalu menjaga hubungan baik dengan teman yang berpuasa, dengan tidak bercanda terlalu berlebihan ataupun marah tanpa kontrol. Kita harus sabar dan saling mengasihi satu sama lain bukan memancing emosi satu sama lain.


Keempat contoh di atas memang terlihat simpel untuk dilakukan, namun terkadang kita seringkali lupa dan melakukannya secara tidak sadar. Sebagai warga negara yang baik dan toleran, mari persiapkan diri untuk lebih toleran dan meminta maaf jika kita tidak sengaja melakukan hal yang memancing teman kita yang beragama muslim untuk batal puasa ya!