Istilah-Istilah Pecinta Buku yang Jarang Diketahui

Istilah-Istilah Pecinta Buku yang Jarang Diketahui

. 5 min read

Pecinta buku yang sangat menggemari segala tentang perbukuan, Admin mau tantang kamu. Kira-kira kamu tau nggak sama istilah-istilah julukan dalam dunia buku? Istilah-istilah ini sepertinya masih jarang diketahui meski oleh para bookworm. Apakah kamu tahu apa itu logophile? Epeolatry? Omnilegent? Atau bookarazi?

Buat yang bisa jawab, berarti kamu sudah menjadi number 1 fans pada buku, dan kamu pasti bibliophile! Nah, bagi yang belum tahu atau baru 'terjun' ke dunia perbukuan, coba simak istilah-istilah menarik ini!

1. Logophile

istilah
Sumber foto: Unsplash

Phile” adalah kegemaran atau kecintaan akut pada suatu objek. Logophile ini berkaitan dengan bibliophile, yang merupakan kegemaran hingga sangat mencintai buku. Logophile gemar terhadap kata-kata. Biasanya mereka pun juga suka menulis, di mana orang tersebut bisa melampiaskan semua rasa dan pandangannya dalam kata-kata indah dan terhubung menjadi sebuah kalimat. Maka dari itu, mereka lebih banyak menguasai kosa kata dan cepat mengetahui kosa kata baru.

Kecintaan kamu pada kata-kata, sepertinya cocok banget sama buku kumpulan puisi. Kata-katanya yang puitis, meringis, kosa kata yang unik, masuk ke hati, bisa jadi amunisi kamu menguasai kosa kata baru. Coba kamu baca Remedies for The Broken dengan sampul terbaru ini, karena sedang ada promo menarik hingga 22 Februari 2021, dengan bonus 5 post card spesial!

remediesCoba Beli Sekarang

2. Epeolatry

istilah
Sumber foto: hyphenpress.co.uk

Masih dengan kecintaan pada kata-kata. Berasal dari bahasa Yunani, epeolatry artinya pemujaan terhadap kata-kata. Tak perlu gambar untuk memahami suatu kalimat atau tulisan, seseorang akan langsung paham dengan penjabaran pada tiap kata-kata. Bagi mereka, deskripsi dengan kata-kata lebih menarik daripada gambar, yang membuat mereka bebas berimajinasi.

Kamu akan suka novel-novel fiksi dengan alur cerita yang apik. Setiap kalimat yang terangkai akan membawa kamu pada theater of mind-mu sendiri. Ada buku Second Sister (Putri Kedua) yang ditulis oleh Chan Ho-Kei, seorang software engineer dan video game designer, yang akan membawamu dalam cerita thriller teknologi. Mengisahkan Nga-Yee yang meminta bantuan hacker, untuk menyelidiki kasus kematian adiknya. Penyelidikan amatir mereka berlanjut ke seluruh kota Hongkong dan dunia deepweb, terutama pada platform online gossip. Kasus pelecehan seksual di tempat umum, hingga perundungan di dunia online, benarkah itu penyebab sang adik bunuh diri? Beli bukunya sekarang yuk, selagi ada diskon 20% sampai 20 Februari 2020.

secondBeli Sekarang!

3. Bibliophagist

istilah
Sumber foto: celadonsbook.com

Lebih tinggi dari bibliophile, bibliophagist adalah seseorang yang sangat menyukai genre buku dan mencintai tulisan hingga kata demi kata. Menurut Collins Dictionary, bibliophagist adalah seseorang yang “melahap” buku. Ia bisa membaca buku hingga bisa benar-benar menyelam ke dalam ceritanya, sampai membaca keseluruhan tanpa ada yang terlewat. Mereka pun lebih mudah dalam memahami isi cerita.

Untuk kamu yang selalu serius dalam membaca buku, Admin yakin kamu bisa memahami buku ini dengan baik. Pale Blue Dot, menceritakan perjalanan Carl Sagan saat menjelajahi ruang dan waktu, dan menembus garis depan antariksa. Tentang perjalanan manusia ke antariksa, dengan wahana berawak maupun tak berawak, yang sudah dilaksanakan maupun sedang direncanakan. Sagan (1934-1996) adalah ahli astronomi dan penulis sains populer asal Amerika yang terlibat berbagai penelitian antariksa. Termasuk ekspedisi wahana Viking, Voyager, dan Galileo ke planet-planet tata surya. Kosmos, salah satu karya terbesarnya yang menjadi buku sains populer terlaris sepanjang masa. Nah, buat yang nggak sabar baca buku ini, kamu bisa menikmati promo spesial buku Pale Blue Dot, dengan diskon 24% hingga 21 Februari 2020.

paleJelajahi Antariksa Sekarang!

4. Omnilegent

istilah
Sumber foto: clearwatertimes.com

Kamu yang melahap buku apapun dan tidak pernah memilih-milih genrenya, berarti kamu omnilegent. Seseorang yang akrab dan bisa membaca buku dalam jenis dan genre apapun.

Karena kamu menyukai semua genre buku, Admin akan rekomendasikan kamu buku dengan topik yang memikat. Buku baru ini adalah Taipan - The Winner Takes it All, karya William Narmada, yang merupakan trilogi dari kisah Taipan. Buku ini menceritakan perjuangan bisnis dari sudut pandang orang Tionghoa di Indonesia, dari berbagai gejolak hidup dan politik, hingga cara beradaptasi dan berjuang, sejak zaman Belanda hingga merdeka. Yuk, dapatkan bukunya sekarang dengan diskon 25% yang berlaku hingga 20 Febuari 2021.

paleIkuti Ceritanya di Sini!

5. Book-bosomed

istilah
Sumber foto: Pinterest (John Ciafalo)

Sering kita lihat orang-orang yang masih bisa membaca buku saat berdiri dalam kereta ataupun bis kota. Bagi orang yang selalu membawa buku ke mana-mana, ia disebut book-bosomed. Jadi jika ada waktu luang, mereka bisa membacanya di mana pun.

Nah, karena kamu harus bawa buku ke mana saja, sepertinya komik dengan cerita ringan cocok menemanimu. Dan Admin merekomendasikan komik Kariage Kun yang tingkah lakunya selalu kocak, yang bisa untuk menghilangkan penat di perjalanan.

kariageBawa Bukunya Sekarang!

6. Bookarazi

istilah
Sumber foto: instagram.com/missfioree

Pecinta buku pasti sering lihat atau bahkan mengikuti akun media sosial yang sering memotret buku dengan gaya aesthetic, yang biasanya dilengkapi properti bunga, secangkir kopi, kacamata, atau benda lainnya dengan warna selaras. Nah, bookarazi adalah seseorang yang suka memotret buku yang tengah mereka baca dan membagikannya ke media sosial. Dan hingga saat ini sudah banyak lho akun-akun Instagram dengan pengikut ribuan, yang memberikan sentuhan feed foto buku yang begitu cantik. Seperti akun @missfioree, @sintiawithbooks, @hanabookreview, @sulhanhabibie, @annienamiez, @okuta.otherside, dan masih banyak lagi.

Karena kamu suka memperlihatkan keindahan akan sebuah buku, buku berilustrasi menarik akan membantu foto kamu jadi lebih aesthetic! Ada buku dari akun sambat populer di Instagram, @overheardjakarta, dengan halaman demi halaman yang penuh ilustrasi super gemas.

overheardBeli Sekarang!

Jadi, pecinta buku dengan istilah apa yang cocok untuk kamu?


Sumber foto header: readitforward.com