Intip Yuk, Kiat Menjadi Bintang Al-Qur’an

Intip Yuk, Kiat Menjadi Bintang Al-Qur’an

. 2 min read

Pernahkah kamu mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an? Semakin sering kamu menghafal, justru semakin sulit kamu mengingatnya. Atau, kamu sudah hafal ayatnya, tapi lupa ketika mengulangnya? Akhirnya, kamu berpikir bahwa menghafal Al-Qur’an tidak semudah yang dibayangkan. Kamu juga menyalahkan kemampuanmu dalam menghafal.

Jika pernah berpikir demikian, buang pikiran itu jauh-jauh! Karena ia dapat menghambatmu menjadi bintang Al-Qur’an.

Al-Qur’an Itu Mudah

Allah Swt., menurunkan Al-Qur’an bukan untuk membuat kita kesulitan. Bahkan, dalam surah Al-Qamar, Allah berulang kali menyebutkan bahwa Dia menjadikan Al-Qur’an itu mudah untuk dihafal dan diambil pelajarannya.

Lalu, ketika kita sulit menghafal, jangan salahkan Al-Qur’an itu. Jangan pula salahkan kemampuan kita. Sebab, kita adalah ciptaan-Nya yang paling sempurna. Tentunya daya ingat merupakan salah satu bagian terbaik yang kita miliki.

Maka, daripada menyalahkan diri, menyalahkan metode yang digunakan untuk menghafal, atau menyalahkan Al-Qur’an yang dirasa sulit, lebih baik kita berkaca lagi. Apakah kita sudah mengenal baik Al-Qur’an ketika menghafalnya?

Mengapa Perlu Mengenal Baik Al-Qur’an?

Tak kenal maka tak sayang. Kita semua tentu sudah tak asing dengan pepatah ini. Kita harus mengenal sesuatu, bila ingin dekat dengannya. Pun dengan Al-Qur’an. Sebelum menghafalnya, kita mesti mengetahui hakikat Al-Qur’an yang sebenarnya. Bagaimana asal mula turunnya, berapa jumlah surah yang ada di dalamnya, hingga tujuan diturunkannya kepada manusia.

Pakar ilmu Al-Qur’an mengatakan, “Mempelajari Al-Qur’an bagaikan menyelami samudera lautan yang dipenuhi berlian dan permata. Semakin dalam diselami, semakin banyak hal berharga yang baru kita temui.”

Semakin dalam kita mengenal Al-Qur’an, semakin banyak ilmu yang kita dapatkan. Kecintaan terhadap Al-Qur’an pun semakin bertambah. Hal ini tentu juga akan memudahkan kita untuk mengingat, mengamalkan, dan menghafalkan ayat-ayatnya.

---

Untuk kamu yang ingin mengetahui hal-hal fundamental dalam dunia menghafal Al-Qur’an serta upaya dalam melancarkan hafalan, mungkin buku ini bisa membantumu.

Kun Bil Qur’ani Najman adalah buku karya Saihul Basyir, seorang hafiz muda yang pernah menjuarai perlombaan Tahfidz 30 Juz se-Asean Pasific.  Buku ini mengajak kita untuk memahami hakikat Al-Qur’an yang sebenarnya, sehingga ayat-ayat yang ada di dalamnya tidak hanya dihafal, tapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dilengkapi juga dengan metode yang bisa digunakan untuk menghafal Al-Qur’an, serta kisah nyata para bintang Al-Qur’an.

Penasaran, bagaimana kiat menjadi bintang dengan Al-Qur’an? Langsung cek dan klik gambar di bawah ini ya!

kunbilBeli Sekarang!

Spesial buat kamu #SahabatTanpaBatas-nya Admin dan sudah membaca artikel ini hingga selesai, ada bonus voucher diskon 20% untuk segera beli buku di atas. Ambil vouchernya sekarang yuk dengan klik gambar di bawah ini!

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Oleh: Dewi Bestari - Editor Quanta Elex Media Komputindo

Sumber foto header: Unsplash