Selamat Hari Bawa Bekal Nasional! Intip 5 Buku Resep Mudah & Praktis

. 5 min read

Wah, ada yang istimewa hari ini! Ada yang bisa nebak? Yup, betul banget, hari ini adalah Hari Bawa Bekal Nasional, yang jatuh pada 12 April 2019.

Mungkin banyak yang belum menyadari, jika Hari Bawa Bekal Nasional sudah ada sejak tahun 2013, yang digagas oleh Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Pendidikan Nasional, BPOM beserta salah satu perusahaan multinasional peralatan rumah tangga. Tidak lain ini adalah bentuk kepedulian terhadap pemenuhan gizi dan kualitas makanan yang baik.

Hal ini tentu untuk mengantisipasi kebiasaan jajan di luar rumah yang belum tentu higienis. Di mana kita tidak bisa melihat proses pembuatan makanan dan minuman tersebut, yang belum tentu terjamin kualitas kebersihannya.

Apa aja bahaya dari jajan sembarangan?

1. Tidak higienis, makanan rentan akan paparan mikroba
Beberapa macam mikroba berbahaya, seperti:

  • Bakteri E. Coli menyebabkan diare.
  • Bakteri Campylobacter menjadi biang kram perut.
  • Bakteri Listeria yang kerap menjadi sumber nyeri.
  • Bakteri Vibrio parahaemolyticus hidup di bahan makanan seafood.
  • Toksoplasma, bakteri Salmonella yang menyebabkan penyakit tifus.
  • Virus Norovirus menyebabkan flu perut.

2. Memakai air mentah
Bakteri yang jadi sumber penyakit adalah Entamoeba Coli, menyebabkan disentri, muntaber, diare, dan kolera.

3. Penambahan zat warna tekstil
Iritasi pada saluran pencernaan, mual, muntah, sakit perut, diare. Dan jika konsumsi dalam jangka panjang adalah gangguan fungsi hati, kandung kemih, dan kanker.

4. Paparan organisme pembawa penyakit
Paparan tersebut dari cacing, kecoa, lalat, juga tikus yang menyebarkan penyakit leptospirosis (diakibatkan bakteri leptospira yang ada dalam kencing tikus). Jika cacing masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan anemia. Sedangkan leptospirosis menyebabkan demam dan peradangan pada betis.

5. Pemanis Buatan
Dapat menurunkan daya kerja otak dan kerusakan ginjal.

6. Penyedap Rasa
Efek jangka pendek adalah mual, pusing, dan efek alergi. Namun bila dikonsumsi rutin akan memberikan efek buruk terhadap susunan saraf pusat.

7. Formalin & boraks
Dapat mengakibatkan radang tenggorokan, mual, jantung berdebar, sakit kepala, diare, dan muntah untuk efek jangka pendek. Namun untuk jangka panjang akan merusak sistem saraf pusat, insomnia, impotensi, infertilitas, kanker, bahkan kematian.

8. Minyak goreng bekas
Berpotensi menyebabkan kanker, terutama kanker usus besar.

Dilansir dari fitnessformen.co.id

haribekalnasionalgramedia
Sumber: Gramedia.com
Peneliti dari Geng Zong, PhD, dari Harvard T.H. Chan School of Public mengemukakan jika orang yang mengonsumsi bekal setidaknya dua kali sehari, punya penurunan risiko diabetes sampai 13%.

Penelitian pun mengungkapkan jika orang yang sering makan di luar rumah, cenderung memiliki kolesterol jahat yang tinggi atau LDL, ketimbang orang-orang yang secara rutin membawa bekal makan siang dari rumah.

“Menurut data riset Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia, sampah plastik yang terbuang kini mencapai kurang lebih 26.500 ton per hari.”

Ini nih yang enggak kalah penting! Dengan membawa kotak bekal dan tempat minum dari rumah, kita akan lebih ramah lingkungan dan turut membantu mengurangi jumlah sampah, dari penggunaan kemasan makanan dan minuman dari plastik,  styrofoam, dan lain sebagainya.

Gimana, masih males enggak bawa bekal dari rumah? Selain banyak banget manfaatnya, seperti irit pengeluaran, membawa bekal juga merupakan salah satu pola makan sehat loh, karena dapat menghindari kamu dari makanan yang tidak higienis dan tidak aman.

Selain itu, bekal dengan gizi yang seimbang, tentu akan memunculkan kebiasaan untuk mengonsumsi makanan rumahan yang jauh lebih sehat dan bersih, dibandingkan jajan di luar. Nah, ngomongin makanan rumahan yang jauh lebih higienis, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi buku resep, dengan menu makanan yang mudah, praktis dan bisa kamu bawa ke kampus dan ke kantor.

SAPARDI
Sumber: Gramedia.com

5 Buku Resep Andalan Super Mudah dan Praktis

1. Resep Salad Paling Gampang oleh Guspri Devi Artanti & Cucu Cahyana

bukuresepsalad

Bekal makananmu kurang lengkap tanpa kehadiran salad yang menggiurkan. Nah, lewat buku ini ada banyak resep yang bisa kamu pilih loh, termasuk cara membuat berbagai dressing yang super yummy!

Beli eBook-nya di sini

2. 18 Resep Menu Sehat Membuat Sajian Rendah Kolesterol oleh Team Dapur Lezat

resepmenusehat

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, kita juga harus memilih makanan yang kita konsumsi. Nah, lewat buku resep ini, kamu bisa mencoba memasak berbagai menu rumahan yang sehat, bergizi, dan tinggi kalsium.

Psst.. di dalamnya juga ada resep khusus bagi penderita asam urat, menu rendah garam untuk penderita hipertensi, sajian untuk ibu hamil, dan masih banyak lagi.

Beli eBook-nya di sini

3. Kumpulan Resep Hits di Instagram: 100 + Resep Andalan Dapur Bunda Nina

resephitsinstagram

Cita rasa resep masakan di buku ini patut diacungi jempol. Apalagi foto-fotonya pun begitu menggugah selera.

Mau bawa bekal mulai dari berbagai menu lauk-pauk, sayuran, pasta, kue, sampai minuman populer, semua ada di buku ini. Dan yang pasti, bekal kita pun lebih sehat, bersih, dan dimasak dengan penuh cinta.

Beli eBook-nya di sini

4. Resep-resep Hidangan Pilihan-Tetap Lezat Walau Minim Minyak oleh Threes Emir

bukureseplezat

Buku resep satu ini penting banget kamu punya, karena berisikan berbagai resep makanan yang hanya menggunakan sedikit minyak, yang dapat menurunkan angka kolesterol.

Jangan khawatir, berbagai sajian daging, ayam, ikan, sayurannya semuanya sudah terbukti kelezatannya! Jadi, coba praktikan yuk resepnya dan bawa untuk bekal makan siangmu besok. Yum!

Beli eBook-nya di sini

5. 100 Resep Oseng-oseng & Tumis oleh Dapoer 2 Iboe

bukuresepmasakanosengtumis

Oseng dan tumis adalah masakan yang paling praktis. Setuju dong? Menu masakan ini cocok banget buat kamu yang super sibuk, tapi tetap praktis dan mudah untuk menyiapkan bekal makananmu. Tinggal tumis bumbu dasar, tambahkan bahan favorit, beri garam atau merica, siap deh sajian lezatnya.

Nah, buku ini memuat 100 resep yang variatif, agar sajian menu kamu sehari-hari tidak membosankan. Dan yang paling penting, kamu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan! Wah, jadi enggak sabar deh buat masak dan icipin masakannya.

Beli eBook-nya di sini

Yuk, biasakan membawa bekal, karena hidup sehat dimulai dari makanan yang sehat. Tulis di kolom comment ya, hari ini bekal apa yang kamu bawa?


Sumber foto header: thekitchn.com