Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Inspirasi Kostum Halloween dari Hantu-hantu Viral, Siap Pesta Hantu!

5 Inspirasi Kostum Halloween dari Hantu-hantu Viral, Siap Pesta Hantu!

It's Spooktober!🎃🦇👻

Tanggal 31 Oktober dikenal sebagai perayaan Halloween. Tradisi perayaan ini awalnya dilakukan oleh bangsa Celtic di Inggris dan Irlandia, dikenal dengan nama Festival Samhain. Hari terakhir di bulan Oktober ini menandai akhir musim panas dan awal musim dingin. Pada perayaan Halloween, orang-orang biasanya menggunakan kostum-kostum yang bernuansa horor.

Kamu udah nyiapin kostum untuk Halloween nanti belum, Grameds? Kalau belum, jangan khawatir. Gramin udah siapin inspirasi kostum Halloween yang bisa kamu coba di Halloween tahun ini, mulai dari hantu lokal sampai internasional!

Inspirasi Kostum Halloween dari Hantu-hantu Viral

1. Valak

Kostum-The-Nun
Source: Amazon.com

Kemunculannya di The Conjuring 2 membuat sosok ini cukup terkenal di kalangan dunia perhantuan. Hantu yang bisa ditiru gayanya ini adalah si iblis bernama Valak. Cukup dengan memakai seragam biarawati serba hitam dan dandanan menyeramkan, jadi deh kostum Halloween yang bisa dipakai di perayaan Halloween kali ini.

2. Badut Pennywise

Kostum-Pennywise-2
Source: Hurly-burly.com

Jika mau berdandan ala Pennywise di Halloween kali ini, kalian cuma butuh rambut palsu berwarna merah atau pirang, dan menggunakan make up badut, tentunya dengan hidung dan bibir berwarna merah menyala.

3. Sundel bolong ala Suzzanna

SUZZANNA
Source: Wikipedia

Siapa sih yang tidak kenal dengan Suzzanna si ratu film horor Indonesia? Kebetulan salah satu filmnya, Malam Jumat Kliwon, dibuat ulang dan baru tayang pada 3 Agustus 2023, dibintangi Luna Maya.

Di film itu setannya berupa sundel bolong. Ide kostumnya bisa lho kalian jadikan sebagai tema kostum Halloween. Rambut ikal tergerai panjang, gaun putih panjang dan dibuat berdarah di bagian punggungnya. Simpel dan menarik bukan?

4. Michael Myers

Kostum-Michael
Source: Amazon.com

Film berjudul Halloween menyemarakkan layar lebar di Oktober 2018 lalu. Kalian bisa meniru salah satu karakter di film ini, yaitu Michael Myers, yang muncul dengan topeng putih menyeramkan dan juga kerap membawa pisau besar di tangannya.

Karakter ini menambah variasi buat yang ingin menggunakan topeng. Biasanya karakter yang laris ditiru saat Halloween adalah karakter bertopeng di film Scream ataupun karakter bertopeng di film V for Vendetta.

5. Zombie Train to Busan

Kostum-Zombie-Train
Source: 123rf.com

Film zombie tak melulu harus berkiblat dari barat. Di Korea Selatan, juga ada film Train to Busan yang menceritakan perjuangan sejumlah orang yang terkepung oleh para zombie. Nah, kalian bisa berdandan ala zombie dengan darah di sekujur tubuh dan juga luka bekas gigitan, seperti para zombie di film ini.

Gimana, udah siap jadi hantu yang mana nih, Grameds?👻

Kalau kamu pengen ikutan Halloween tapi males pakai kostum macem-macem, kamu bisa banget merayakan Halloween tahun ini bareng Elex Media Komputindo di Pesta Hantu!🎃🦇

Merayakan Pesta Hantu bersama Elex Media Komputindo cuma butuh dua hal: Gramedia.com dan tempat nyaman untuk membaca.👀

Gramin spill dikit deh buku apa aja yang wajib kamu beli di Pesta Hantu kali ini. Simak di bawah, yuk!

Rekomendasi Buku Horor di Pesta Hantu Elex Media

1. Pak Djoko

pestaBaca di Sini!

Tiga hari menduduki rumah baru, kakak-beradik Bintang dan Gilang diadang penampakan berbagai wujud ‘makhluk penunggu’, hampir setiap waktu di setiap penjuru. Tak hanya interaksi intens dengan para hantu, rumor tak menyenangkan yang beredar di kalangan warga sekitar mengenai wisma yang kini mereka tinggali kian mendesak Bintang untuk mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi di 'rumah nomor tujuh-tujuh' bertahun-tahun lalu—sesuatu yang kemudian menyadarkannya bahwa kedatangan mereka sekeluarga ke sana merupakan awal mula dari segala malapetaka. Terlebih, kala musibah mulai menimpa salah seorang anggota keluarganya. Mampukah Bintang menyelamatkan keluarganya dari belenggu teror alam astral sebelum jatuh tumbal?

2. Boneka Sandya

pestaBaca di Sini!

Buku ini cocok buat kalian yang suka baca horror tapi tidak ingin yang terlalu seram. Buku ini bercerita tentang anak berusia 8 tahun bernama Sandya yang tumbuh bersama ibu angkatnya, yang bekerja sebagai pembuat boneka. Selama proses menuju dewasa, Sandya mengetahui dari Mama sendiri kalau boneka yang Mama jual bukanlah boneka biasa, tapi boneka yang bisa mencelakai orang. Sandya juga tahu resiko yang harus ia terima kelak, ketika tugas sebagai penjaga boneka harus dilakukannya. Boneka-boneka itu bisa bergerak sendiri, bisa berbicara, bahkan bisa membunuh orang!

3. Waru

pestaBaca di Sini!

Karier Adrian sebagai pengusaha yang menjajal dunia politik berjalan lancar, namun berbanding terbalik dengan keadaan rumahnya. Istrinya dikurung di ruang bawah tanah karena gangguan jiwa. Putranya tengah koma setelah terlibat tragedi misterius yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain. Seakan belum cukup mengerikan, keluarganya mulai diteror sesosok hantu perempuan.

Tragedi tersebut membawa Adrian pada kilas balik masa lalu. Jauh sebelum mencapai kesuksesan, hidupnya pernah sangat menderita. Ketika nyaris menyerah, sebuah pertolongan muncul. Menghubungkannya pada sebuah pohon waru keramat yang ternyata tidak memberi semua kesuksesan kepada Adrian secara cuma-cuma. Apakah kehancuran keluarganya adalah harga yang setimpal atas apa yang telah Adrian raih? Atau masih ada rahasia lain yang belum tersibak dari masa lalunya?

4. Gentayangan

pestaBaca di Sini!

Lewat cerita-cerita pendek yang dikisahkan oleh sang tokoh utama, kita diajak untuk mengingat kembali bermacam cerita mistis yang pernah menjadi urban legend di Indonesia. Mulai dari misteri Pocong Sumi yang menghantui kediamannya sendiri, hantu berkebaya encim di Jembatan Ancol, penampakan mistis di Jeruk Purut, hingga misteri yang membayangi di Rumah Pondok Indah. Kisah-kisah dalam Gentayangan akan membuatmu merasa seolah sedang berkumpul bersama teman-teman sembari mendengarkan kisah seram, membuatmu membayangkan seperti apa rasanya “dikerjai” oleh sesuatu yang tak kasatmata.

5. Spare Room

pestaBaca di Sini!

Lisa, seorang wanita muda bermasalah dengan masa lalu, tidak dapat mempercayai keberuntungannya ketika dia menemukan kamar yang indah untuk disewa di sebuah rumah besar. Pemilik live-in adalah pasangan yang baik dan ramah. Semuanya baik-baik saja sampai dia menemukan catatan bunuh diri yang tersembunyi di kamarnya. Tetapi ketika pasangan itu bersikeras bahwa pria ini tidak ada dan bahwa Lisa adalah penyewa pertama mereka, Lisa mulai meragukan dirinya sendiri.

Terpaksa untuk mengungkap rahasia pria yang tinggal di kamar sebelum dia, Lisa khawatir ketika insiden yang semakin mengganggu mulai terjadi. Seseorang tidak ingin Lisa mengetahui kebenarannya. Apakah kamar tersebut telah merenggut nyawa? Apakah Lisa juga terancam?

Masih banyak lagi buku horor lain yang bisa kamu temukan di Pesta Hantu dari Elex Media Komputindo, yang berlangsung secara ekslusif di Gramedia.com selama periode 23-31 Oktober 2023. Kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 20% untuk buku-buku horor pilihan dari Elex Media Komputindo!

Untuk kamu para penggemar cerita horor, jangan sampai ketinggalan uji nyali super hemat ini. Yuk, segera rayakan Halloween bersama Pesta Hantu Elex Media! Klik banner di bawah ini untuk belanja, ya!👇🧛🧟‍♂️

pestaBaca di Sini!


Penulis: Nanda Hadiyanti & Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter