Inilah Musisi yang Lagu-lagunya Kerap Diputar Saat Ramadan

Inilah Musisi yang Lagu-lagunya Kerap Diputar Saat Ramadan

. 4 min read

Datangnya bulan Ramadan yang hanya setahun sekali memberikan rasa bahagia bagi umat muslim. Bentuk kebahagiaannya adalah dengan mempersiapkan diri dan meningkatkan kualitas ibadah. Lagu-lagu islami juga turut andil dalam merayakan datangnya Ramadan. Banyak musisi yang merilis album dan single bertema islami untuk menemani umat muslim menjalani bulan Ramadan.

Salah satu tanda datangnya Ramadan adalah lagu-lagu islami yang suka diputar di lokasi pusat-pusat keramaian. Selain untuk mengingatkan para pengunjung bahwa itu adalah bulannya umat muslim untuk berpuasa, memutar lagu-lagu islami juga memberikan nuansa berbeda ketika berada di pusat keramaian seperti mal atau kafe.

Tapi, pernahkah bertanya-tanya siapakah musisi-musisi yang lagu islaminya selalu diputar di pusat keramaian? Berikut adalah lima musisi paling populer yang lagu-lagunya selalu hadir kala Ramadan.

1. Maher Zain

maher-zain
Berdarah Lebanon, Maher Zain menjadi musisi yang terkenal tak hanya di kawasan Timur Tengah dan Eropa. Pelantun lagu "Number One For Me" ini juga amat populer di negara-negara muslim Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Malaysia. Maher Zain bahkan mengubah lirik lagunya ke dalam bahasa Indonesia. Totalnya ada lima lagu dalam bahasa Indonesia, yaitu "Peace Be Upon You", "Tuntunku KepadaMu", "Sepanjang Hidup", "Ramadan," dan "Ya Nabi Salam Alaika".

Pada 2009, Maher Zain bersama label Aweking Records memulai karier bernyanyinya dengan mempromosikan album perdananya, "Thank You Allah", melalui berbagai media sosial. Kariernya menanjak seiring waktu dengan lagu-lagunya yang amat dikenal oleh para pemuda muslim di Timur Tengah dan negara-negara Barat, lalu merambah ke Asia. Maher Zain meraih penjualan tertinggi atas album perdananya tersebut pada 2010. Lagu "Insha Allah" adalah lagu paling populer dan telah Maher Zain nyanyikan dengan berbagai macam bahasa yaitu Arab, Turki, Perancis, Melayu, Indonesia, dan bahkan bahasa Jawa.

2. Opick

opick-eta
"Istighfar" menjadi album pertama Opick yang dirilisnya pada 2005. Salah satu lagu populernya adalah "Tombo Ati" yang membawa album tersebut mencetak dobel platinum dengan penjualan lebih dari 300 ribu kopi. Meninggalkan masa lalunya bersama band rock, Opick ambil jalur lagu-lagu religi dan mengubah penampilannya dengan menggunakan sorban dan baju koko—yang amat khas hingga kini.

Perkembangan karier Opick semakin melejit dengan menjadi pemain film dan berkolaborasi dalam membuat lagu religi bersama beberapa penyanyi dan aktris. Sejak 2012, setiap tahunnya Opick merilis satu album yaitu Salam Ya Rosulullah (2012), Ya Maulana (2013), Sahabat Sejati (2014), Salam Rindu Ya Musthofa (2015), dan Sang Maha Cahaya (2016). Lagu-lagu populernya di antaranya "Bila Waktu T'lah Berakhir", "Taubat", dan "Rapuh".

3. Bimbo

bimbo
Bimbo menjadi grup musik bernuansa islami yang paling sepuh. Didirikan pertama kali pada 1967 oleh kakak-beradik Sam, Acil, dan Jaka, Bimbo menjadi grup musik legendaris tanah air. Awalnya, grup ini terbentuk bukan karena musik-musik religinya, tetapi karena senandung musik khasnya tentang cinta dan satire sosial. Memasuki era '80an, Bimbo mulai bermain dengan lagu-lagu bertema kritik sosial dan dikenal sebagai grup musik religius. Lagu "Tuhan" mengawali kepopuleran lagu-lagu islami yang dibawakan oleh Bimbo.

Lagu-lagu bertemakan islami Bimbo yang paling populer adalah "Sajadah Panjang" dan "Rindu Rasul". Lagu-lagu balada lain karya Bimbo yang lembut dan mendayu-dayu juga amat cocok untuk didengarkan kala Ramadan.

4. Gigi Band

gigi-band_20160814_181933
Grup band rock yang dipunggawai oleh Armand Maulana dan Dewa Budjana ini memulai album religinya pada 2004. Terkenal berkat lagu-lagu bergenre rock sejak 1994, Gigi sepertinya mengambil jalur tengah dengan membawakan musik religi bernuansa rock. Album pertamanya, "Raihlah Kemenangan" menjadi terobosan mereka untuk terus membawakan lagu-lagu religi. Alasan utama Gigi membuat album religi karena menurut mereka anak-anak zaman sekarang kurang mengenal musik-musik islami karena seleranya kurang pas dengan mereka. Hal itulah yang membuat Gigi membuat musik dan aransemen yang dekat dengan anak muda.

Kebanyakan, Gigi memang mengaransemen ulang lagu-lagu islami sebelumnya. Seperti lagu "Akhirnya…" yang dinyanyikan oleh Deddy Dhukun dan Youngki Soewarno. Namun, sebagian lainnya adalah hasil karya sendiri. Pada 2017 lalu, Gigi merilis album religi berjudul "Setia Bersama Menyayangi dan Mencintai". Di dalamnya memuat 8 lagu yang di antaranya adalah "Sifat 20", "Beribadah Yok", "Gerbang Cintamu", dan "Munafik". Lagu islami populer yang dibawakan Gigi adalah "Pintu Sorga", "Mohon Ampun", dan "Jalan Kebenaran".

5. Harris J.

maxresdefault
Pemuda ini adalah penyanyi muslim asal Inggris yang memiliki satu naungan label dengan Maher Zain, Awakening Records. Setelah memenangkan kompetisi bakat, Harris J. mulai berkarier bersama lagu-lagu islaminya sejak 2013. Beberapa lagu populernya yang sering terdengar di pusat perbelanjaan adalah "Salam Alaikum" dan "Save Me from Myself".


Adakah musisi selain dari daftar di atas yang sering didengar lagu-lagunya saat Ramadan tiba?