Siapa yang Cocok Jadi Dilan? Ini Kata Netizen

. 2 min read

“Kalau suatu saat nanti kau rindu padaku, maukah kau memberitahuku? Agar bisa langsung berlari menemuimu.”

Siapa yang tidak geregetan dengan kata-kata seperti di atas? Lalu, bayangkan bila kutipan semacam itu tersaji dalam satu buku penuh. Akankah kamu tahan untuk membacanya?

Kata-kata di atas adalah satu dari sekian banyak kutipan dari percakapan dalam novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 karangan Pidi Baiq. Dengan kata-kata sederhana tapi mengena, banyak pembaca terutama kaum hawa yang mengagumi Dilan—si bad boy pencuri hati Milea.

Pada Juli 2017 lalu, melalui media sosialnya, Pidi Baiq memberikan informasi bahwa Dilan sedang difilmkan. Selain itu, ia juga mengungkap siapa yang memerankan Dilan. Komentar-komentar dari pada netizen mencuat tentang terpilihnya Iqbaal eks-Coboy Junior sebagai Dilan. Sayangnya, kebanyakan komentar menjurus ke tidak cocoknya Iqbaal menjadi Dilan.

Banyak netizen yang merasa kecewa dengan keputusan Ayah Pidi Baiq itu. Pasalnya, persona Iqbaal yang saleh dan bermuka alim tidak cocok dengan karakter Dilan yang digambarkan dalam bukunya. Dalam buku, Dilan adalah anggota geng motor bahkan menjabar sebagai panglima tempur di kota Bandung.

Nama-Nama yang Disebut Netizen untuk Jadi Dilan

18142604.SY540

Netizen berbondong-bondong memberikan pendapatnya tentang siapa yang tepat menjadi Dilan. Netizen menganggap Jefri Nichols-lah yang cocok memerankan Dilan. Pemeran Nathan dalam film Dear Nathan itu dirasa cukup sukses untuk memerankan siswa SMA yang digilai cewek-cewek.

Ada juga netizen yang bilang kalau Tria The Changcuters lebih cocok untuk memerankan Dilan. Walaupun tidak lagi remaja, Tria dirasa cocok karena lucu, bandel, dan juga Bandung banget.

Tak sedikit pula netizen yang menyarankan Adipati Dolken sebagai Dilan. Salah satu alasannya sederhana: karena Adipati Dolken itu Dilan banget.

Terakhir dan yang paling mencengangkan adalah netizen yang pendapat bahwa paling tepat yang menjadi peran Dilan adalah Dilan itu sendiri. Ya, sebagian pembaca Dilan memang menganggap bahwa kisah Dilan dalam bukunya adalah kisah nyata sang penulis. Tapi, yang benar saja? Masak, Surayah yang memerankan Dilan dan memakai kostum seragam SMA?

Iqbaal Buka Suara

26066585_138061790201425_6772014672364175360_n

Terlepas dari kata netizen tentang siapa seharusnya yang memerankan Dilan dalam filmnya, Iqbaal mengungkapkan pendapatnya sendiri.

"Setiap orang punya ekspektasi masing-masing tentang siapa yang jadi Dilan. Buat saya, saya sudah melakukan yang terbaik. Semua tim telah melakukan yang terbaik dan secara maksimal. Ayah Pidi Baiq pun terjun langsung dan sudah memastikan bahwa film ini spesial. Netizen berhak berkomentar dan, buat saya, terserah mereka mau ngomong apa," ujar Iqbaal yang dikutip dari Entertainment News.

Iqbaal juga berpesan kepada netizen yang berkomentar buruk tentang film "Dilan 1990" untuk menyempatkan tonton filmnya dan membuat review membangun. "Buat teman-teman yang sudah spektis dengan filmnya, tolong tonton dulu. Jangan sampai skeptis, lalu tidak tonton filmnya, akhirnya tidak bisa membuktikan kalau misalnya siapa tahu ekspektasi kalian salah kalau film ini kalau saya yang main," sambung Iqbaal.

Jadi, mari sama-sama menunggu filmnya rilis sembari baca kisah Dilan dan Milea dalam buku-buku karya Pidi Baiq.

Sumber Gambar: Instagram @film.dilan1990