Ini Dia 13 Tipe Pembaca Buku. Kamu yang Mana?

Ini Dia 13 Tipe Pembaca Buku. Kamu yang Mana?

. 3 min read

Membaca adalah kegiatan yang bisa dilakukan semua orang, baik tua maupun muda. Ada orang yang sangat suka membaca dan menjadikannya suatu hobi, ada yang hanya iseng-iseng dan ada pula yang fanatik hingga tidak bisa hidup satu haripun tanpa membaca buku.

Buku ada banyak jenisnya, begitu pula dengan cara orang membaca buku ada banyak jenisnya juga. Penasaran apa saja jenis-jenis pembaca buku di muka bumi ini? Langsung tilik yuk!

1. Si Pembaca Buku Berseri

Ada beberapa orang yang tidak cukup hanya membaca satu buku saja, tapi harus dan wajib membaca seluruh buku terkait. Seperti penggemar Harry Potter dan serial buku Dan Brown.

2. Si Pembaca Buku Setengah-Setengah

Pembaca buku ini tidak membaca buku sampai selesai. Awalnya mereka sangat tertarik dengan buku yang dibaca tapi seiring waktu mereka mulai kehilangan keseruan karena terlalu banyak gangguan saat membaca atau baru saja membeli buku baru yang lebih seru.

3. Si Pembaca Ulang

Ketika orang sudah move on dengan membaca buku baru setelah menyelesaikan satu buku. Ada juga tipe orang yang sangat suka membaca ulang buku kesayangannya.

4. Si Pembaca Spoiler

Ini jenis pembaca yang tidak menyukai kejutan, hal pertama yang dia lakukan saat membaca buku adalah membaca chapter atau halaman terakhir bukunya untuk mengetahui akhir cerita.


Photo by Thought Catalog / Unsplash

5. Si Pembaca Baperan

Saat membaca buku terkadang kita jatuh cinta kepada karakter yang ada. Nah, tipe pembaca baperan ini biasanya akan terbawa perasaan saat karakter kesayangannya mengalami situasi yang sulit. Bisa sampai nangis atau marah-marah, lho!

6. Si Suka Nonton Baru Baca

Pembaca tipe ini baru akan tertarik membaca suatu buku setelah buku tersebut sudah menjadi sebuah film. Pembaca seperti ini biasanya akan membuat daftar buku yang akan dibacanya berdasarkan film-film adaptasi yang akan tayang.

7. Si Pembaca Berjiwa Muda

Siapa bilang orang dewasa pasti akan selalu membaca novel dewasa? Kenyataannya banyak lho orang dewasa yang sangat menyukai cerita dari novel Young Adult atau teenlit. Walaupun sudah berumur tapi jiwa masih tetap muda boleh kan?!

8. Si Pembaca Fiksi

Cerita dalam buku yang tidak benar terjadi biasa disebut fiksi. Ada banyak sekali orang yang fanatik membaca karya fiksi, hingga tidak mau membaca buku nonfiksi. Mereka percaya kalau kisah non fiksi yang sebenarnya berasal dari pikiran penulis buku fiksi.

9. Si Pembaca Non Fiksi

Di sisi lain ada juga pembaca yang hanya mau membaca buku non fiksi lho! Mereka merasa cerita yang nyata lebih menarik dibandingkan cerita fiksi dan mereka juga lebih menyukai sesuatu yang dapat mengajarkan mereka sesuatu, misalnya seperti buku sejarah atau biografi.

10. Si Pembaca Setia Buku Fisik

Ada lho orang-orang yang tidak mengakui e-book sebagai sebuah buku. Mereka merasa dalam e-book mereka tidak bisa merasakan dan mencium bau kertas yang khas, seperti yang ia rasakan saat membaca buku fisik, padahal menurut mereka itu merupakan sensasi wajib yang harus ada saat membaca buku.


Photo by Kate Ilina / Unsplash

11. Si Anggota Pembaca Klub Buku

Seorang pembaca yang menjadi anggota suatu klub buku, biasanya menemukan teman yang pas dan juga list buku yang bagus untuk dibaca di klub tersebut, dan mereka biasanya memiliki kebiasan untuk mendiskusikan buku-buku yang telah dibaca di klub tersebut.

12. Si Pembaca Poligami

Tidak hanya manusia yang bisa di poligami, tapi buku juga bisa diduakan. Pembaca seperti ini memiliki sifat multitasking yang tinggi. Belum selesai membaca satu buku, mereka dapat memulai membaca buku yang lainnya. Mereka bisa membaca banyak judul buku sekaligus dalam satu waktu.

13. Si Pembaca Buku “Berat”

Tipe pembaca buku berat disini bukan berarti bukunya memiliki berat ratusan kilo ya! Tapi mereka merupakan pembaca buku kelas atas seperti, literatur ataupun sastra. Mereka tidak menyukai buku ringan seperti novel ataupun komik.

Nah, bagaimana? Sudah tahu kamu jenis pembaca yang mana? Yuk, bagikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini.

Kalau mau cari buku-bukunya, klik gramedia.com ya!