Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Ini 5 Rekomendasi Buku Financial Freedom yang Wajib untuk Gen Z Baca!

Ini 5 Rekomendasi Buku Financial Freedom yang Wajib untuk Gen Z Baca!

Bagi Gen Z yang saat ini baru memasuki dewasa awal mungkin belum familiar atau merasa belum terlalu mendesak untuk memiliki cita-cita pensiun dini. Padahal pensiun dini bukan berarti kita berhenti berkarya atau beraktivitas, melainkan bisa mengejar mimpi dan melakukan hal yang kita sukai tanpa terjebak masalah atau keterbatasan uang. Financial freedom adalah kunci untuk bisa mencapai hal tersebut.

Financial freedom atau Kebebasan Finansial merupakan keadaan ketika seseorang memiliki pendapatan atau kekayaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sisa hidupnya tanpa harus bekerja atau bergantung dengan orang lain. Apabila Gen Z berhasil mencapai Financial freedom, maka akan memiliki kontrol penuh dalam mengelola keuangan sehingga memiliki masa depan yang aman dan lebih leluasa dalam mengejar impian dan tujuan hidup.

3 Tips Mencapai Financial Freedom

Untuk bisa mencapai Financial freedom tentu saja ada langkah yang harus Grameds lakukan. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang perlu kamu ikuti!

1. Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan tentang Keuangan

Langkah pertama yang harus Grameds lakukan adalah meningkatkan pengetahuan mengenai keuangan. Kita harus tahu bagaimana mengelola uang dengan baik, menambahkan pemasukan dengan benar, bahkan investasi yang tepat agar bisa mencapai financial freedom dengan benar.

2. Mulai Menabung dan Investasi Sejak Dini

Tantangan keuangan saat ini sangat menggoda Gen Z untuk berlaku konsumtif. Untuk itu menabung dan investasi adalah hal yang tidak boleh terlewat agar anda bisa mencapai financial freedom.

3. Mengubah Mindset dan Kebiasaan

Selain mengetahui cara mengelola uang dan menabung/investasi Gen Z harus mengubah mindset dan kebiasaan hidup. Financial freedom bukan berarti masa depan kaya raya, sehingga harus mampu menyeimbangkan hidup secara keseluruhan.

Rekomendasi Buku Financial Freedom yang Wajib Dibaca Gen Z

Jika Grameds masih bingung cara mendapatkan informasi yang tepat untuk mencapai financial freedom, Gramin punya nih 5 rekomendasi buku bisa membantu! Berikut ini adalah daftar rekomendasinya!

1. Personal Finance 101

Jangan sampai gaji kita cuma numpang lewat karena kita tidak mampu mengaturnya. Melalui buku ini Grameds akan dipandu dari mulai cara menaikkan penghasilan, mengelola keuangan sampai mengembangkan uang yang sudah ada. Philip Mulyana sebagai Financial Content Creator membagikan semua ilmu dan pengalamannya dalam buku ini. Buku ini akan membantu kita menghindari kesalahan-kesalahan fatal dalam mengelola uang kita.

rekomendasiBeli Sekarang!

2. Nak, Belajarlah Soal Uang

Ini buku yang cocok untuk Grameds yang awam tentang ekonomi tetapi ingin belajar. Buku ini mengajak kita belajar tentang keuangan dan kehidupan lewat sudut pandang seorang ayah. Tidak hanya menceritakan tentang keuangan, buku ini juga menceritakan tentang keluarga. Secara keseluruhan pembahasannya ringan dan mudah dicerna. Meski dilatarbelakangi budaya Korea Selatan, pembahasan dalam buku ini masih relevan dengan semua orang.

rekomendasiBeli Sekarang!

3. Kebebasan Finansial

Jika Grameds butuh informasi lengkap, padat, dan menyeluruh untuk mencapai financial freedom, ini adalah buku yang tepat. Di sini Grameds akan diberikan langkah bagaimana cara menambah pendapatan, mengenalkan bermacam investasi, membangun rutinitas, mengelola waktu dan menyeimbangkan hidup. Buku yang wajib dibaca untuk semua yang ingin mencapai financial freedom!

rekomendasiBeli Sekarang!

4. Investing is Easy

Tidak mengerti dan paham sama sekali tentang saham? Belajar investasi saham lewat buku ini sangat cocok untuk Grameds! Bahasanya sederhana dan kita diperkenalkan mulai dari saham, kebijakan investasi, profil investasi, sampai strategi portofolio saham. Buku ini disusun oleh praktisi di bidangnya sehingga kita diajarkan menganalisis saham lebih mendalam.

rekomendasiBeli Sekarang!

5. Merdeka Finansial dengan Investasi Saham

Jangan sampai uang sudah terkumpul tetapi hasilnya tidak bisa kita nikmati nanti. Di buku ini kita akan diberikan tips sukses investasi saham sehingga Grameds tidak terjebak investasi yang salah atau bodong. Kita akan diberikan rumus yang dapat membantu untuk sukses berinvestasi.

rekomendasiBeli Sekarang!


Baca Juga: 6 Rahasia Menjadi Investor yang Andal!


Nah itu dia 5 daftar rekomendasi buku financial freedom yang seru untuk dibaca. Agar bisa mencapai tujuan hidup yang tenang dan aman sesuai mimpi kita saatnya memulai perencanaan dari sekarang! Jika tertarik untuk membaca E-book dengan mudah kapanpun di manapun, kamu bisa mendapatkannya di Gramedia Digital.


Sumber header: freepik

Penulis: Jelia


Enter your email below to join our newsletter