Informasi Valid, Buku Latihan: Yang Perlu Diketahui tentang Seleksi CPNS

. 3 min read

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah menjadi impian kebanyakan orang di Indonesia. Mayoritas orang tua akan merasa bangga bila anak mereka bekerja sebagai PNS yang mungkin melebihi dari berbagai profesi lain seperti bekerja di bank. Menjadi PNS berarti menjadi stabil. PNS mendapat gaji sesuai dengan status dan level kerjanya—atau biasa disebut eselon. Bila sudah pensiun, PNS juga akan mendapatkan uang pensiunan setiap bulannya sehingga mereka tidak perlu repot-repot menabung dana pensiun atau bekerja purnapensiun. Dengan alasan-alasan awam seperti itu banyak orang ingin jadi PNS.

Salah satu cara menjadi PNS adalah dengan mengikuti tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun, siapa kira tes CPNS tiap tahun sama? Semakin tahun, semakin membludak para pencari kerja yang mendaftar untuk tes CPNS. Dikutip dari Kompas.com, pendaftar tes CPNS tahun 2018 yang baru dibuka selama 16 hari sudah mencapai 4 juta orang. Hal itu tentu saja tidak sebanding dengan alokasi formasi CPNS tahun 2018 yang hanya sebanyak 238.015 orang. Bagaimana dengan tahun 2019 ini?

Hingga artikel ini diturunkan, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum menentukan jadwal rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) termasuk CPNS. Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan melalui JPNN.com bahwa jadwal tersebut akan diinformasikan pada bulan Oktober. Nah, ada beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui tentang seleksi CPNS sebagai berikut.

1. Mencari tahu informasi yang valid

Untuk terus update tentang informasi jadwal rekrutmen ASN, teman-teman bisa meniliknya di situs web resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku pihak eksekutor dari pelaksanaan rekrutmen ASN termasuk tes penerimaan CPNS di bkn.go.id. BKN juga memiliki media sosial Twitter @BKNgoid dan Instagram @bkngoidofficial yang keduanya sudah terverifikasi sehingga teman-teman dapat terus meng-update pemberitahuan ini secara valid.

2. Mempersiapkan segala hal

Seperti yang disinggung di atas, banyak orang yang ingin menjadi PNS—bahkan sampai 4 juta orang. Bila dibandingkan dengan formasi yang tesedia untuk tahun ini yaitu 250.000 orang, itu berarti hanya ada 1 dari 16 orang yang akan diterima. Persiapkan mental dan fisik dengan matang sehingga dapat menerima hasil yang akan diterima setelah melakukan tes seleksi CPNS.

3. Berdoa dan berserah diri

Secara umum, poin ini menjadi begitu penting ketika seseorang sudah melakukan usaha. Setelah melakukan tes penerimaan CPNS, teman-teman harus serahkan semua hasilnya kepada yang berwenang. Lalu jangan hanya berpangku tangan, teman-teman perlu berdoa agar diterima pada seleksi tahun ini. Lakukanlah banyak kebaikan sehingga kebaikan tersebut berbalik kepada teman-teman—bukan berarti teman-teman melakukan kebaikan pada saat-saat yang genting saja.

4. Melatih kemampuan

Sebelum semua itu terjadi, latih kemampuan mengerjakan tes seleksi CPNS. Cari tahu jenis soal, waktu pengerjaan, dan perlengkapan apa saja yang diperlukan pada saat tes. Buku-buku paling update di bawah ini akan membantu melatih kemampuan pengerjaan tes seleksi CPNS. Silakan dipilih!


All-New Tes CPNS 2019/2020

All
All-New Tes CPNS 2019/2020

Panduan Terbaru Tes CPNS & PPPK Sistem CAT

Panduan
Panduan Terbaru Tes CPNS & PPPK Sistem CAT

Best Score Tes CPNS CAT 2019-2020

Best
Best Score Tes CPNS CAT 2019-2020


Buku-buku penunjang latihan tes CPNS lainnya dapat ditemukan di Gramedia.com!


Sumber gambar header: Kompas.com