Ikuti Cara Ini untuk Selesaikan Buku dalam Satu Hari

Ikuti Cara Ini untuk Selesaikan Buku dalam Satu Hari

. 4 min read

Saat kamu sedang membaca buku, saking terhanyut dan ingin mengetahui kelanjutan ceritanya dengan cepat, kamu ingin menyelesaikan bukunya hanya dalam satu hari saja. Atau karena ingin cepat menonton film adaptasi, dari buku yang sedang kamu baca. Pernah nggak seperti itu? Nah, ternyata kamu bisa lho menyelesaikan baca buku hanya dalam waktu satu hari saja!

Ini dia langkah mudah dan efektif menyelesaikan baca buku dalam waktu satu hari saja:

1. Pilih Buku yang Kamu Suka

cara
Sumber foto: Freestock

Jelas, buku yang menarik minat kamu akan membuatmu terlibat dengan ceritanya. Kamu pun akan menyukai proses membacanya tanpa rasa bosan. Coba cari review dan rekomendasi, serta rating-nya yang bagus, agar kamu yakin bahwa buku itu menarik ceritanya untuk kamu selesaikan dengan cepat. Dan kamu pun tidak akan meninggalkan bukunya di saat tengah membaca.

2. Cari Tempat Membaca yang Nyaman

cara
Sumber foto: Pinterest (Huyen)

Lokasi yang tepat membuat proses membaca kamu jadi lebih fokus. Kamu bisa pilih tempat yang sunyi, tenang, sehingga bisa berdiam tanpa ada gangguan. Misalnya di kamar atau sudut ruangan di rumah kamu. Dengan keadaan yang tenang, kamu bisa berkonstrasi dan meningkatkan kecepatan membaca, tanpa terlewatkan satu bagian pun. Nah, agar konsentrasi kamu tidak terganggu, jangan lupa siapkan camilan dan minuman kesukaan di dekatmu ya.

3. Tetapkan Waktu

cara
Sumber foto: Getty Images

Jika ingin menyelesaikan buku dalam satu hari, kalau bisa saat kamu tidak ada kegiatan lain ya. Lalu buat target, misalnya minimal hingga 30-45 halaman dalam satu jam. Setelah itu beristirahat sejenak. Tapi, jangan terlalu sering beristirahat setelah beberapa menit membaca. Karena perlu waktu untuk kamu kembali berkonsentrasi dan membangun kembali kecepatan membacanya. Dan jangan lupa, jauhkan handphone, agar proses membaca kamu tidak terganggu.

4. Rayakan Saat Kamu Sukses Menyelesaikan Bukunya

cara
Sumber foto: Pinterest (Ash99)

Kamu bisa membuat hadiah apresiasi pada diri sendiri jika sudah berhasil menyelesaikan buku. Hal ini akan memotivasi kamu lho. Bisa dengan makan makanan kesukaan, menonton film, atau apapun yang bisa kamu rayakan setelah akhirnya sukses menyelesaikan bukunya dengan cepat.

Untuk membaca cepat, kamu bisa pilih buku yang berisi sampai 300 halaman saja, sehingga dapat diselesaikan dalam waktu satu hari. Memilih buku fiksi juga pilihan yang tepat, karena otak manusia cenderung berhubungan dengan cerita. Jadi lebih mudah untuk membaca cerita fiksi.

Berikut Admin kasih rekomendasi buku yang ringan tanpa tebal dan bisa kamu selesaikan dalam tempo yang singkat!

Teasing Master, Takagi 01 - 160 Halaman

teasingBeli di Sini

Baca komik selalu jadi pilihan tepat untuk bisa diselesaikan dalam waktu singkat! Ceritanya juga ringan, tentang Takagi yang sering banget jahilin teman sekelas dan teman pulangnya, Nishikata. Karena kesal, Nishikata pun berniat menjahilinya kembali yang membuat Takagi salah tingkah.

Para Peziarah Yang Janggal (Strange Pilgrims) - 192 Halaman

paraBeli di Sini

Berisi 12 cerita pendek dengan 192 halaman saja, tentang kehidupan orang-orang Amerika Latin di Eropa. Ada cerita tentang kemuraman, kegigihan, duka lara, dan aspirasi dalam menjalani kehidupan di negeri asing. Lalu tentang seorang pelacur Brazil yang mulai uzur melatih anjing-anjingnya untuk menangis di makam yang telah dipilihnya untuk dirinya sendiri. Hingga wanita yang mencari nafkah dengan menjual mimpi-mimpinya.

Living With Bad Boy - 280 Halaman

livingBeli di Sini

Novel romantis selalu seru untuk diikuti. Bercerita tentang Indira yang harus menikah dan tinggal bersama Madava, anak badung ketua geng yang paling Indira benci. Mampukah mereka menjalani hari-hari bersama dengan damai? Atau sebaliknya, mereka akan selamanya menjadi musuh abadi?

Brother Jacob & The Lifted Veil - 150 Halaman

brotherBeli di Sini

Ada 2 cerita dari penulis berbeda dalam buku ini. Brother Jacob menceritakan tentang hubungan dua bersaudara antara David Faux yang sangat egois serta ambisius dan kakaknya yang idiot, Jacob. The Lifted Veil tentang Latimer yang menyadari bahwa akhir hidupnya semakin dekat, karena mengalami masalah dengan angina, sehingga dia memutuskan untuk menceritakan kisah aneh dari pengalamannya sendiri.

Kita Pernah Saling Mencinta - 116 Halaman

kitaBeli di Sini

Buku puisi bisa jadi pilihan. Berisi kumpulan puisi dari Felix K. Nesi selama jejak kepenyairan Felix dari rentang 2008-2019. Dengan penuh ironi Felix menyuarakan persoalan keluarga, kerontangnya alam, dan peliknya menjadi yang bukan diutamakan.


Sumber foto header: Unsplash