8 Iklan Out of the Box Ini Pernah Viral di Zamannya

8 Iklan Out of the Box Ini Pernah Viral di Zamannya

. 3 min read

Iklan dalam bentuk tayangan video masih menjadi andalan untuk memasarkan berbagai produk. Entah itu makanan, hingga ke perumahan. Konsep videonya pun bermacam-macam.

Tak jarang ide-ide yang tak bisa ditebak dan juga unik berhasil menarik perhatian. Tentunya sukses membuat orang menyadari adanya produk yang dijual di balik iklan tersebut.

Bahkan ada yang viral dan kerap dijadikan lucu-lucuan di tengah obrolan bersama teman tongkrongan. Dari banyaknya iklan yang diproduksi dan tayang di televisi, Gramedia.com memilih delapan iklan yang pernah viral di masanya.

Berikut daftarnya.

1. Iklan Ramayana Menyambut Lebaran

Iklan ini dibuat atas ide sutradara Dimas Djayadiningrat. Iklan yang tak biasa ini bisa viral karena menggunakan keunikan musik dan lirik lagu kasidah yang dibawakan oleh sekelompok ibu-ibu.

Sekelompok ibu-ibu dalam iklan tersebut mau tak mau juga menjadi viral, dan pada akhirnya nama mereka, yaiu Grup Kasidah Nurussyifa ikut menjadi tenar di sepanjang iklan tersebut tayang, jelang lebaran 2018 lalu.

2. Indoeskrim Nusantara

Kalau ini tentu langsung viral. Mengemas iklan es krim dengan suasana kolosal adalah salah satu ide out of the box, setidaknya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini.

Yang bikin iklan ini viral bukan sekedar tema kolosalnya saja. Tapi dalam penggarapannya, si iklan kolosal ini diselipi unsur-unsur kekinian seperti seorang ayah yang naik burung besar terbang tapi sudah menggunakan smart phone. Dijamin sepanjang 2017, iklan ini tak redup jadi bahan pembicaraan.

3. Tory Cheese Cracker

Masih ingat dengan iklan yang viral pada 2009 lalu ini? Yap, musik dan kata-kata yang terus diulang-ulang, ditambah gerakan kocak dari si bintang iklan membuat iklan ini ramai dibicarakan.

Padahal kalau dipikir-pikir, iklan ini enggak nyambung sama sekali dengan produknya lho. Bagaimana tidak, yang dijual produk makanan ringan, tapi iklannya justru mengeksplor gerakan tubuh. Tapi akhirnya si Tory Cheese Cracker ini jadi dikenal berkat iklan ini.

4. Kabar Gembira ala Mastin

Kalau si pembawa kabar gembira ini pasti masih ingat dong?

"Kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya."

Begitu lirik lagu latar iklan yang satu ini. Berkat musiknya yang catchy, iklan ini masuk dalam salah satu yang jadi viral di tahun 2015 lalu.

5. Klinik Tong Fang

Sebenarnya iklannya biasa saja. Banyak produk lain yang juga memakai konsep serupa. Konsepnya hanya berbentuk testimoni para pengguna pengobatan dari klinik Tong Fang, asal Tiongkok.

Namun cara bicara dan juga kata-kata mereka yang memberi testimoni dinilai lucu dan hingga kini masih kerap jadi bahan lelucon. Iklan ini viral sejak 2012.

6. Nego Cincai Bukalapak

Dibuat dalam rangka promo Imlek, iklan ini dibuat kental dengan kultur Tionghoa. Dari set iklan, bintang iklan, pakaian hingga musik yang digunakan.

Yang bikin lucu, lirik yang digunakan dalam iklan ini sangat menarik. Tentunya ujung-ujungnya menjual tagline mereka untuk dinego sampai cincai. Kalau yang ini viral di awal 2017 lalu.

7. Axis Memarodikan Drama Korea Goblin

Kalau yang satu ini, jeli memanfaatkan yang tengah booming. Karena iklan ini memarodikan beberapa adegan yang diambil dari korean drama Goblin, yang dibintangi Gong Yoo dan Kim Go Eun.

Saat itu, drama Korea Goblin sedang gencar-gencarnya jadi pembicaraan hangat. Tentu saja iklan yang dirilis 2017 lalu itu viral di Indonesia, khusunya para pecinta drama Korea.

8. Meikarta

Kalau yang ini bukan masalah lucunya. Bukan soal lagu, bukan juga soal bintang iklannya. Sekilas iklan ini tampak biasa saja.

Namun iklan pemasaran proyek kota terencana ini berhasil viral karena tagline alias slogannya. Pasti ingat dong dengan kalimat, "aku ingin pindah ke Meikarta!" Pasti kalian pernah menirukannya, kan?


Dari iklan-iklan di atas, menurut kamu mana yang paling berkesan dan paling kalian ingat? Semua tentunya pernah viral pada zamannya masing-masing, ya!

Untuk kamu yang sedang mendalami ilmu periklanan, agar bisa selihai orang-orang kreatif di balik iklan-iklan out of the box di atas, kamu bisa cek buku-buku tentang periklanan di Gramedia.com.


Header image source: Youtube