Ikigai: Filosofi Hidup yang Menyelamatkan Orang Jepang dari Depresi

Ikigai: Filosofi Hidup yang Menyelamatkan Orang Jepang dari Depresi

Grameds, tahu, gak, sih?🧐

Sejak zaman perang dahulu, orang Jepang rentan banget mengalami depresi dan tekanan yang tinggi. Ini semua adalah buah dari trauma kegagalan perang dan tentunya akibat dari tuntutan budaya dan lingkungan sosial yang kuat.

Hingga kini, banyak orang Jepang yang masih berjuang mati-matian bersaing untuk mencapai kehidupan sempurna. Kegagalan adalah suatu momok yang menakutkan bagi sebagian besar mereka. Bahkan tidak jarang mereka berlarut dalam penyesalan jika mengalami kegagalan, yang mana hal ini akan mendekatkan mereka kembali pada situasi depresif berkepanjangan😔

Padahal hidup yang sempurna itu tidak ada, ya, kan? Oleh karena itu, diciptakanlah filosofi hidup yang dapat membantu mereka bertahan dan menjaga keseimbangan emosional mereka, yaitu Ikigai✨ Konsep ini telah menjadi sumber inspirasi dan ketahanan yang kuat dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari.

Nah, kali ini Admin bakal mengajak Grameds buat mengeksplorasi kekuatan filosofi Ikigai dan bagaimana filosofi ini bisa menyelamatkan orang Jepang dari depresi. Admin bakal menggali pengertian, konsep, dan juga berbagai tips untuk menerapkan filosofi ikigai dalam hidup. Yuk, kita pelajari lebih lanjut di bawah ini👇

Apa itu Ikigai?

Filosofi ikigai adalah konsep yang mendasari makna dan tujuan hidup dalam budaya Jepang yang berarti reason to live atau alasan untuk hidup. Filosofi ini merangkum keyakinan bahwa setiap individu harus memiliki alasan yang kuat untuk hidup dan merasa bahagia.

Ikigai dapat diaplikasikan dengan cara mengintegrasikan empat elemen penting, yaitu: what you LOVE (apa yang kamu CINTAI), what you are GOOD at (apa KEAHLIAN kamu), what the WORLD needs (apa yang dibutuhkan DUNIA), dan what you can be PAID for (apa sesuatu yang bisa kamu dapatkan untuk FINANSIAL). Untuk memahami konsep ini, biasanya Ikigai divisualisasikan dalam bentuk diagram seperti ini, Grameds!👇

Filosofi ikigai mengajarkan bahwa hidup yang memenuhi keempat elemen ini akan membawa kehidupan yang bermakna dan penuh kepuasan. Maksudnya, kamu harus mengejar dan menggabungkan passion (dari apa yang kamu CINTAI) dengan mission (untuk apa yang DUNIA ini butuhkan) demi memenuhi vocation (yang bisa memenuhi FINANSIAL kamu) dan profession (yang menjadi KEAHLIAN kamu). Keempat aspek cinta, dunia, finansial, dan keahlian harus kamu miliki untuk mencapai cara hidup ikigai yang utuh.

Selain itu, filosofi ikigai juga menekankan pentingnya hidup dengan penuh kesadaran dan menghargai momen-momen kecil dalam kehidupan sehari-hari. Ini melibatkan menemukan kebahagiaan dalam hal-hal sederhana, menghargai hubungan sosial yang kuat, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta menjalani gaya hidup yang sehat dan aktif.

Intinya, filosofi ikigai mengajarkan bahwa dengan menemukan dan menghidupi ikigai kita, kita dapat mencapai kehidupan yang bermakna, bahagia, dan memuaskan. Ini membuat kamu harus menyelaraskan tujuan dan nilai-nilai pribadi dengan kebutuhan dunia di sekitar kita dan mengejar passion dengan penuh semangat.

Tips Menerapkan Filosofi Ikigai dalam Hidup

Filosofi ikigai tentunya sangat bisa diterapkan dalam hidup siapapun. Bukan hanya untuk orang Jepang, filosofi hidup ini juga bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-harimu. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan!

1. Lakukan Journaling

Journaling bisa menjadi salah satu cara untuk memudahkanmu mengidentifikasi keempat elemen yang kamu butuhkan untuk menerapkan cara hidup ikigai. Setiap hari, mulailah menuliskan hal-hal yang berkesan di harimu. Pertimbangkan bagaimana kamu bisa mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-harimu. Temukan cara untuk menjadikan passion kamu sebagai bagian penting dalam hidupmu.

2. Eksplor Keahlianmu

Sembari menulis jurnal, mulailah bereksplorasi untuk mengetahui bakat dan keahlian yang dapat kamu manfaatkan dalam karier atau kegiatan sehari-hari. Identifikasi bidang yang sesuai dengan minatmu dan pikirkan cara untuk kamu dapat mengembangkan keahlianmu untuk mencapai tujuan hidup yang kamu inginkan. Luangkanlah hari libur untuk melakukan berbagai kegiatan yang kamu suka dan mungkin bisa kamu tekuni, seperti memasak, menggambar, olahraga, dan masih banyak lagi.

3. Hargai Perjalananmu

Salah satu tips yang gak kalah penting adalah menghargai tiap perjalananmu. Ingatlah bahwa pencarian ikigai berarti pula mencari alasan untuk tetap hidup, oleh karena ini bisa menjadi perjalanan seumur hidupmu juga. Nikmati setiap momen dan belajarlah dari pengalaman-pengalaman tersebut. Terimalah tantangan dan kegagalan sebagai bagian dari proses, dan tetaplah berkomitmen untuk terus tumbuh dan mencapai kehidupan yang bermakna.

4. Perbanyak Bacaan Inspiratif!

Sembari mempelajari semua elemen penting dalam hidup, perbanyak pula inspirasi dari luar. Kamu bisa mendapatkannya dari buku. Membaca buku bisa memberikan wawasan yang lebih luas untuk kamu mengilhami perjalanan mencari tujuan hidup yang lebih bermakna. Nah, Grameds jangan khawatir karena Admin punya rekomendasi buku yang bisa menjadi inspirasi kamu menemukan ikigai!

Finding Ikigai in My Journey, Buku Inspiratif yang Bantu Pencarian Ikigai-mu!

Ikigai adalah sebuah konsep hidup Jepang tentang menjalani kehidupan dengan penuh tujuan dan arti. Konsep tersebut beberapa tahun belakangan menjadi cukup popular di dunia. Sebagian orang mengartikan menjalani ikigai artinya bisa meraih kesuksesan dan kebahagiaan sejati dalam hidup. Padahal sebenarnya, ikigai sangat bisa dirasakan dalam keseharian tanpa perlu dikaitkan dengan sebuah pencapaian. Bahkan, dalam situasi hidup yang sedang tidak berpihak kepada kita, ikigai dapat membantu kita untuk tetap menjalani hidup dengan bermakna.  

findingBeli di Sini!

Finding Ikigai in My Journey adalah buku yang ditulis oleh Vita Wahid. Sejak SMA beliau memiliki ketertarikan pada Jepang melalui dorama Jepang yang saat itu sedang hits ditayangkan di televisi, kemudian memilih jurusan sastra Jepang saat kuliah. Pengalaman tinggal di Jepang selama beberapa tahun untuk meperdalam Bahasa Jepang membawanya belajar tentang filosofi dan konsep hidup Jepang.

Di sela-sela profesi yang digeluti sebagai penerjemah simultan bahasa Jepang-Indonesia selama lebih dari 15 tahun, ia juga menjadi penggiat sosial di panti asuhan dan rumah tahanan. Tahun 2020, ia mengambil sertifikasi coaching yang kemudian dijalaninya secara profesional. Tahun 2021 menggabungkan kecintaanya pada Jepang dan minatnya untuk lebih memberdayakan dan mengembangkan potensi orang lain ia mengambil sertifikat Ikigai Coach.

Vita Wahid (sumber gambar: ikigaitribe.com)

Nah, buku Finding Ikigai in My Journey, secara spesifik mengajak kita untuk mengenal konsep ikigai melalui teori dari 7 kebutuhan psikologis ikigai yang digagas oleh Mieko Kamiya, seorang psikiatris Jepang, yang juga disebut sebagai ‘ibu ikigai’. Tidak hanya berisi teori belaka, tetapi pemahaman tentang teori ikigai ini dituangkan dalam sebuah perjalanan yang akan membawa kita mengunjungi beberapa kota di Jepang. Buku ini juga dilengkapi dengan ruang bagi para pembaca untuk bisa merefleksikan diri dan beberapa contoh pengaplikasian nyata ikigai dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Buku ini bisa menjadi bacaan ringan yang membantu kamu mengenal ikigai. Di dalamnya terdapat cerita perjalanan yang dialami langsung oleh Vita Wahid ketika ia berada di Jepang juga, loh! Pokoknya, kamu yang baru belajar ikigai, wajib banget beli buku yang satu ini!

Nah, untuk kamu yang mau beli bukunya, pas banget! Ada penawaran spesial yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Lagi ada diskon 20% untuk kamu yang beli buku Finding Ikigai in My Journey mulai dari tanggal 16-25 Mei! Info selengkapnya klik gambar di bawah, ya!

findingCek di Sini!


Tunggu apa lagi? Ada bonus stiker eksklusif yang gemes-gemes juga, loh! Yuk, temukan ikigai hidup kamu sekarang juga!


Sumber header: StudyBreaks

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter