Hilangkan Jamur pada Buku Kesayanganmu!

Hilangkan Jamur pada Buku Kesayanganmu!

. 3 min read

Bagi pecinta buku dan mengoleksinya di rumah, buku sudah menjadi aset pribadi yang tak ternilai harganya. Orang-orang akan menaruhnya dengan rapih pada rak-rak khusus, bahkan bisa menjadi dekorasi sendiri dalam sebuah ruangan.

Tapi, pernahkah kalian mendapatkan sampul buku dengan bercak putih atau lembar halamannya yang menjadi kekuningan hingga kecoklatan? Hal ini disebabkan oleh jamur. Kondisi gelap dan lembab pada ruangan menimbulkan jamur tumbuh lalu merusak buku. Tak hanya itu, jika kita membuka buku yang berjamur, partikel-partikel jamur bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan pada kesehatan. Ngeri banget kan?

Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya jamur.

1. Simpan di Tempat Terbuka dan Posisikan Buku Berdiri

hilangkan
Sumber foto: bramblefurniture.com

Coba letakan buku-bukumu di tempat yang hangat dan sirkulasi udaranya baik, sehingga udara dapat melewatinya. Buku yang diposisikan berdiri, agar udara masuk ke sela-sela lembar halamannya, sehingga menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan kertas kekuningan. Buku yang disusun bertumpuk akan berisiko lembarannya menempel atau tinta huruf menjadi cepat pudar.

2. Gunakan Silica Gel dan Baking Soda

hilangkan
Sumber foto: onegoodthingbyjillee.com

Kedua benda ini bisa mencegah pertumbuhan jamur loh. Kalau kamu simpan buku-buku kesayangan di rak atau lemari yang tertutup, taruh silica gel untuk menyerap kelebihan udara di tempat tertutup dan memastikan buku agar tetap kering.

Kamu juga bisa taruh buku-bukumu ke kotak besar dengan keadaan terbuka. Lalu, taburkan baking soda dan diamkan selama 3 hari di tempat lapang dan berangin. Setelah itu, bersihkan kembali buku dari sisa-sisa baking soda. Hal ini bisa membunuh jamur pada buku dan yang akan tumbuh. Jadi, bau apek pun hilang!

3. Gunakan Rak dan Pembungkus Plastik

hilangkan
Sumber foto: gresswell.ie

Apakah lemari tempat menyimpan aset berharga bukumu di lemari kayu? Jika ya, sebaiknya lapisi permukaan dengan plastik agar tidak bersentuhan dengan buku langsung. Lemari bahan kayu sangat rawan lembab dan jamur atau rayap mudah tumbuh. Hindari juga menaruh buku pada kardus. Jika tidak ada tempat lain, kamu bisa lapisi dulu dengan plastik atau bubble wrap agar terhindar dari kontaminasi asam kardus, yang bisa membuat lembar buku menjadi kuning.

4. Bersihkan dengan Sikat Lembut

hilangkan
Sumber foto: nedcc.org

Jamur yang sudah tumbuh pada bukumu bisa dihilangkan dengan sikat lembut berbulu halus, untuk menghilangkan serbuk putih yang timbul pada lembar atau sampul buku.

5. Simpan Cabai Merah Kering di Sela Lembaran Buku

hilangkan
Sumber foto: IndiaMart

Bukan hanya untuk memasak, tapi berguna juga untuk buku kesayanganmu agar tidak terkena jamur. Simpan cabai atau paprika kering di sela halaman buku agar jamur tidak menyerang dan menghilangkan bau.

Well, kondisi lembab ini memang tidak bisa dihindari. Maka dari itu, sering-sering rawat bukumu agar tak lekang dimakan oleh jamur ya.

Mau tambah koleksi bukumu? Kamu bisa pilih dari kategori Rekomendasi dari Gramedia dan Buku-Buku Terpopuler, di Gramedia.com. Lalu ada tambahan diskon hingga 25% untuk transaksi memakai debit BCA dan cashback 50% hingga Rp10.000 dengan OVO. Info lebih lengkap mengenai promo ini, bisa langsung klik di sini. 😉


Sumber foto header: productnation.co