Manusia Hidup Berdampingan dengan Wabah dan Pandemi

Manusia Hidup Berdampingan dengan Wabah dan Pandemi

. 2 min read

Wabah dan Pandemi membuat manusia resah. Siap atau tidak, kita harus bisa hidup berdampingan dengan wabah dan pandemi.

Begitu pun dalam buku Wabah dan Pandemi yang ditulis oleh Meera Senthilingam yang berisi 134 halaman, akan membawamu ke Abad 21, di mana adanya infeksi, penyakit dan politik, dominasi nyamuk, hingga akhirnya mereka semua diberantas.

Awal era baru di abad ke-21, virus baru menginfeksi ribuan orang dalam satu hari. Seperti campak menyebabkan darurat nasional, banyaknya kasus Ebola dilaporkan di Republik Demokratik Kongo, dan flu musiman diperkirakan menyebabkan ribuan kematian pada musim dingin saat itu.

bukuBeli Bukunya disini!

Dalam buku ini Meera menjelaskan bagaimana selama berabad-abad manusia telah menghadapi berbagai penyakit menular, yang menyebabkan banyak korban jiwa. Bahkan memusnahkan sejumlah masyarakat, seperti cacar, campak, kusta, malaria, polio, HIV, sampai COVID-19.

Sementara, pertarungan manusia dengan virus corona dalam pandemi ini jelas bukan kali pertama sepanjang sejarah. Beberapa tahun sebelum kemunculan COVID-19, pada 2003, seluruh dunia juga berurusan dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), dan berakhir 5 tahun kemudian. Namun 16 tahun kemudian, dunia kembali dikejutkan oleh virus Corona baru, yang justru membawa malapetaka lebih besar bagi dunia, yaitu COVID-19.

Sejarah juga memperlihatkan jika penyakit menular tidak mudah dihadapi, dan muncul rasa panik dalam diri setiap orang, agar bisa menghadapi penyakit menular dan mematikan ini.

"Bagi yang panik atau bingung karena pandemi sekarang, buku ini menunjukkan dengan jelas riwayat perkembangan penyakit menular dan cara mengatasinya." - Kirkus

Menariknya, buku ini menyajikan tinjauan atas perjuangan manusia melawan penyakit menular hingga saat ini, berikut penjelasan berbagai istilah, seperti wabah, epidemi, pandemi, isolasi, kekebalan kelompok, dan lain-lain. Ditunjukkan juga bahwa penanganan penyakit menular bukan hanya soal medis, melainkan ada aspek sejarah, politik, hingga sosial.

Buku ini menjadi pegangan jernih yang memberi wawasan dan harapan, membantu kita mengerti apa yang kita hadapi, dan bagaimana kita menghadapinya selama ini.

Nah, admin juga mau ngasih kamu kabar gembira, kalau diskon hingga 40% masih berlangsung untukmu #SahabatKreasi. Nikmati diskonnya dan checkout sekarang bukunya yuk!

PromoKlik untuk Info Promo

Sudah tau belum, kalau Gramedia.com punya layanan terbaru, "Pesan Antar". Mau pesan apapun bisa langsung chat di WhatsApp, dan pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Paketmu tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: penerbitkpg/instagram.com