Hari Pekerja Nasional, Ini Buku Rekomendasi untuk Para Karyawan

Hari Pekerja Nasional, Ini Buku Rekomendasi untuk Para Karyawan

. 3 min read

Apakah kamu tahu bahwa ada Hari Pekerja Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Februari? Mungkin kamu akan lebih tau dengan Hari Buruh atau May Day yang memang dirayakan secara internasional. Tapi sesungguhnya, Hari Pekerja Nasional ini lah yang menjadi tonggak sejarah bersatunya para pekerja Indonesia sejak dahulu kala, dalam menyatukan semangat pekerja bersama pemerintah.

Dikutip dari IDNTimes (20/02/19), Hari Pekerja Nasional ini sesuai dengan hari terbentuknya FBSI pada tahun 1973. FBSI adalah Federasi Buruh Seluruh Indonesia yang berasal dari gabungan 21 serikat buruh. Pembentukan federasi ini sesuai keinginan Serikat Pekerja. Para pimpinan dari tiap serikat mempunyai niat dan semangat yang sama untuk menyederhanakan dan menyatukan semangat, serta visi dalam mewujudkan aspirasi para pekerja. Dan Agus Sudono yang dikenal sebagai tokoh koperasi Indonesia, terpilih menjadi Ketua Umum pertama FBSI.

agus
Sumber foto: Liputan6.com

Sebenarnya, gerakan serikat pekerja ini sudah muncul sejak tahun 1905. Ada serikat buruh di Jawa yang dibentuk dalam perusahaan kereta api dan berperan penting pada perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hal tersebut menjadi dasar peraturan perlindungan buruh pada UU No. 12 tahun 1948 tentang kerja dan UU No. 33 tahun 1947 mengenai Kecelakaan Kerja.

Banyak agenda yang dilakukan pada FBSI. Hingga pada kongres tanggal 23-30 November 1985, FBSI resmi berubah nama menjadi SPSI atau Serikat Pekerja Seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kebanggaan para pekerja Indonesia pada kultur bangsa, menumbuhkan jati diri di kalangan pekerja, serta meningkatkan kebanggaan pekerja Indonesia dalam mengabdi pada pembangunan nasional berlandaskan system Hubungan Industrial Pancasila (Nusantara TV, 19/02/21).

Setelah 6 tahun berlalu, baru lah Keputusan Presiden keluar dan meresmikan bahwa 20 Februari adalah Hari Pekerja Nasional (Harpekindo). Peresmian ini dilakukan oleh Presiden Soeharto lewat Keputusan Presiden No. 9 tahun 1991.

Untuk kalian para pekerja keras, Admin akan kasih beberapa rekomendasi buku untuk bisa meningkatkan produktifitas, meningkatkan kemampuan diri dalam pekerjaan, hingga menghapus gundah gulana dalam bekerja. Yuk, disimak!

Bahagia & Betah Di Tempat Kerja

bahagiaBeli Sekarang Agar Betah di Tempat Kerja

Merasa bosan, lelah, bahkan tidak bahagia pada pekerjaan kamu? Jangan terjebak dan memaksakan diri! Kamu perlu mengetahui dan memahami berbagai cara tepat agar betah di pekerjaan kamu sekarang. Buku ini akan memberikan panduannya!

Deep Work: Cara Berhasil Fokus di Dunia yang Ramai dan Penuh Gangguan

bahagiaSaatnya Lebih Fokus Bekerja!

Di dunia yang semakin maju, tentunya kita harus bisa terus mengikuti perkembangan zaman dan meningkatkan kemampuan kerja kita agar tak tertinggal. Bersungguh-sungguh dalam bekerja, dapat meningkatkan kemampuan kamu, loh. Yuk, saatnya lebih fokus bekerja!

Kerja Produktif, Pikiran Aktif: Karena Asal Sibuk Saja Tidak Cukup

kerjaBeli untuk Jadi Lebih Produktif!

Jangan sampai kamu sibuk tapi sia-sia, dan sibuk tapi tidak ada hasilnya. Nah, buku ini akan memberitahu kamu agar tidak bekerja hanya sekadar rutinitas tanpa makna. Tapi kembali menemukan visi hidup dan bisa mengatur waktu harian, serta diri sendiri!

You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness

youBeli untuk Lebih Mengenal Diri

Jika kamu merasa pekerjaanmu tidak sesuai dengan apa yang kamu suka, passion yang ternyata tidak menghasilkan pundi-pundi, atau galau akan karir dan masa depan sendiri, buku ini akan memberikan berbagai tips untuk bisa mengenal diri sendiri lebih dalam. Dengan mengenal diri sendiri, maka kamu akan bisa menemukan jawaban bahwa hidup kamu, karir, bisnis, hubungan, dan keuangan, akan menjadi ekstensi dirimu sendiri. Saatnya menyelam pada dirimu sendiri.

Manajemen Leha-Leha

manajemenSaatnya Liburan Tanpa Memikirkan Pekerjaan

Sudah bekerja keras, saatnya liburan dong. Eh, tapi kok terbayang-bayang kerjaan terus ya? Nah, buku ini akan membantu kamu mempelajari teknik beristirahat, cuti, berlibur yang berkualitas, tanpa rasa bersalah, dan tanpa melupakan kewajiban sebagai pegawai. Buat kamu yang maunya libur terus juga bisa kok, biar waktu istirahatnya bagus, hihihi..

Selamat Hari Pekerja Nasional! Semoga seluruh pekerja di Indonesia semakin sejahtera dan selalu bahagia!


Sumber foto header: Unsplash