Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Hari Buku Anak Sedunia: Ide Agar Si Kecil Gemar Membaca

Hari Buku Anak Sedunia: Ide Agar Si Kecil Gemar Membaca

Grameds, apakah kalian tahu ada peringatan apa di hari ini? Yup, betul! Hari ini adalah Hari Buku Anak Sedunia ๐Ÿคฉ๐Ÿ“š

Hari Buku Anak Sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 2 April untuk merayakan keindahan membaca dan pentingnya sastra anak-anak. Dirayakan pertama kali pada tahun 1967 oleh International Board on Books for Young People (IBBY) Tujuan utamanya adalah untuk mendorong anak-anak agar lebih banyak membaca buku dan menikmati ceritanya. ๐ŸŒˆ

(Pssstt.. Fun fact, tanggal 2 April bertepatan juga dengan ulang tahun Hans Christian Andersen, lho, yakni si penulis dongeng terkemuka di dunia! ๐Ÿ˜)

Hari ini juga penting untuk menunjukkan kepada orang dewasa bahwa membaca itu menyenangkan dan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Biasanya, ada banyak kegiatan seru seperti baca buku bersama, perpustakaan keliling, dan pameran buku anak-anak. Di era serba digital sekarang, ada tantangan tersendiri untuk para orangtua untuk membuat anak-anak suka membaca, apalagi banyak anak yang lebih menyukai bermain games daripada membaca buku. ๐Ÿ˜ฅ

Nah untuk mengatasi keresahan para orang tua karena si kecil kurang suka membaca, Gramin sudah rangkum 5 cara jitu agar anak-anak jadi suka membaca! Simak sampai habis ya, Grameds ๐Ÿฅฐ

Ide Agar Si Kecil Gemar Membaca

sumber: pexels

Pilih Buku Sesuai Minat Mereka

Biarkan anak memilih buku berdasarkan minat dan ketertarikannya. Misal si kecil suka bermain bola, maka berikanlah buku tentang bola, atau misal mereka suka dengan binatang, maka berilah mereka buku tentang binatang. Buku tentang hal favorit bisa membuat mereka lebih antusias untuk membaca.

Libatkan si Kecil dalam Memilih Buku

Ajak anak untuk berpartisipasi dalam memilih buku yang ingin mereka baca. Ini akan memberi mereka rasa memiliki dan kontrol atas kegiatan membaca yang akan mereka lakukan.

Membaca Bersama

Baca buku bergantian dengan si kecil. Cara ini tidak hanya akan memperkuat ikatan emosional antar anak dan orangtua, tetapi juga memberikan contoh bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

sumber: pexels

Jadikan Membaca Ritual Sehari-hari

Jadwalkan waktu khusus setiap hari untuk membaca bersama anak, seperti sebelum tidur atau setelah makan malam. Kegiatan ini akan menjadi kebiasaan dan membantu membentuk pola membaca yang kreatif.

Beri Pujian dan Reward

Beri pujian dan penghargaan atau hadiah kepada anak setelah mereka menyelesaikan buku atau mencapai tujuan membaca tertentu. Ini akan memperkuat motivasi mereka untuk terus membaca.

sumber: pexels

Nah itu dia 5 ide agar si kecil gemar membaca, Grameds! Tentunya agar mereka jadi lebih menyukai membaca, Grameds juga butuh rekomendasi buku untuk dibaca si kecil dong? ๐Ÿ˜Ž Ini dia rekomendasi buku yang sudah Gramin rangkum agar si kecil makin gemar membaca. ๐Ÿค—

Rekomendasi Buku Anak untuk Rayakan Hari Anak Sedunia 2024

Dongeng Klasik Dunia

Mari kita bertualang ke negeri dongeng! Dalam buku ini, kamu akan menemukan berbagai dongeng klasik terkenal di dunia, mulai dari kisah Hansel dan Gretel, Gadis Bertudung Merah, hingga Itik Buruk Rupa, dan masih banyak lagi.

ideBeli Di Sini Sekarang!

Disertai dengan ilustrasi yang memukau, setiap kisah penuh keajaiban ini bisa menjadi pilihan terbaik sebagai dongeng pengantar tidur atau menjadi teman baca yang menyenangkan di waktu senggang. Ayo, buka buku ini dan biarkan dirimu terpesona oleh keindahan dan keajaiban dunia dongeng!

Ensiklopedia Atlas Dunia Junior

Ayo ajak si kecil mengenal serba-serbi dunia melalui Ensiklopedia Atlas Dunia Junior! Dalam buku ini, kamu akan menemukan tujuh peta besar yang memuat informasi lengkap tentang setiap benua, lengkap dengan fakta-fakta menakjubkan mengenai berbagai hewan, kota, monumen, dan kekayaan alamnya.

ideBeli Di Sini Sekarang!

Ditambah dengan ilustrasi yang detail dan penuh warna, buku ini tidak hanya menjadi teman belajar yang asyik, tetapi juga memperkaya pengetahuan kita tentang keberagaman dunia. Buku ini memaparkan berbagai aspek dunia, mulai dari bentang alam, bangunan terkenal, budaya, bahasa, populasi, hingga binatang dan tumbuhan khas, menjadikannya sebagai sumber informasi yang tak ternilai bagi para pembaca kecil yang ingin menjelajahi dunia.

Maukah Kamu Berteman Denganku

Dalam buku cerita Maukah Kamu Berteman Denganku, kita diundang untuk menjelajahi dunia di halaman rumah Kakek Sur dan Nenek Sri, di mana Bunga Matahari yang megah dan percaya diri bertemu dengan Dandelion yang kecil dan rapuh.

ideBeli Di Sini Sekarang!

Melalui petualangan mereka, si kecil akan belajar pentingnya menerima perbedaan, menyambut orang lain dengan tulus, dan bahwa kekuatan sejati terletak pada kemampuan kita untuk bersatu dalam kebaikan.

Luar Biasa! 300+ Keajaiban Tubuh Manusia

Tahukah kalian bahwa pembuluh darah kita, jika digabungkan, mampu mengelilingi Bumi sebanyak 2 kali? Atau bahwa air liur kita lebih kuat daripada morfin? Di dalam buku yang luar biasa ini, kalian akan menemukan banyak keajaiban tentang tubuh manusia, baik itu organ luar yang mudah dilihat maupun organ dalam yang sulit terlihat.

ideBeli Di Sini Sekarang!

Setiap anggota tubuh manusia memiliki fakta-fakta yang menakjubkan yang pasti akan membuat kalian terkesima. Semua fakta disajikan dalam bentuk infografis yang mudah dipahami, ditambah dengan ilustrasi kartun yang lucu, membuat pembaca betah untuk menjelajahi setiap informasi yang ada. Ayo, mari kita baca Luar Biasa! 300+ Keajaiban Tubuh Manusia bersama-sama!

Si Katak yang Tergesa-Gesa

Dalam buku cerita ini, kita bisa ajak si kecil untuk memahami pentingnya kesabaran dan penghormatan terhadap lingkungan melalui kisah yang penuh makna.

ideBeli Di Sini Sekarang!

Melalui buku ini, kita tidak hanya dibawa pada petualangan yang seru, tetapi juga dibimbing untuk memahami bahwa kesabaran dan penghormatan terhadap alam merupakan hal yang tak ternilai harganya. Ayo, mari kita temukan pelajaran berharga bersama Si Katak yang Tergesa-Gesa!

The Story Of Life : Cerita Kehidupan Evolusi yang Luar Biasa

Sains atau ilmu pengetahuan alam memang bisa menjadi tantangan bagi anak-anak, terutama karena kompleksitas kejadian alam yang luas di sekitar kita. Namun, kita tidak perlu khawatir, karena setiap anak memiliki potensi untuk menjadi cerdas dalam memahami bidang ini.

ideBeli Di Sini Sekarang!

Salah satu cara yang efektif adalah dengan memberikan buku yang menarik dan informatif, seperti buku The Story Of Life: Cerita Kehidupan Evolusi yang Luar Biasa. Dengan demikian, orang tua dapat membantu anak-anak lebih mudah dan menyenangkan dalam belajar sains.

Bagaimana, Grameds? Sudah menemukan buku yang pas untuk dibaca dengan si kecil? Selain membaca buku dongeng atau cerita, ada buku tentang ilmu pengetahuan yang seru untuk dibaca si kecil, lho!

Dapatkan buku-buku anak di atas hanya di Gramedia.com! Happy International Children's Book, Grameds! ๐Ÿค—๐Ÿ“š๐ŸŒˆ

Untuk buku fisik dan digital yang sedang promo, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com dan dapatkan koleksi buku terbaik dengan berbagai promo menarik! Jangan lupa juga untuk lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Cek promonya di bawah ini yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! โคต๏ธ

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Penulis: Adila Vernias

header: pexels


Enter your email below to join our newsletter