Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Green Flags pada Pasangan agar Kamu Terhindar dari Toxic Relationship!

Green Flags pada Pasangan agar Kamu Terhindar dari Toxic Relationship!

Sebuah penelitian di Indonesia mengatakan bahwa masyarakat kita masih perlu diberikan penyadaran untuk tindak permisif dalam menyikapi perilaku toxic people. Singkatnya, masih banyak orang yang membiarkan dirinya terbawa pengaruh orang-orang buruk yang mana membuat mereka berakhir sengsara. Padahal jika ini dibiarkan bisa berbahaya kepada kualitas hidup seseorang dalam jangka panjang, termasuk pada kehidupan asmaranya!

Toxic people dan toxic relationship sering kali menjerat beberapa orang karena ketidakmampuan mereka dalam membaca tanda-tanda kehadirannya. Mencegah bertemu dengan orang-orang beracun bisa dilakukan dengan cara mengenali red flags atau tanda-tanda buruknya, akan tetapi saat ini mungkin untuk fokus mengingat-ingat red flags akan terasa sangat berat karena dapat memicu trauma yang cukup besar bagi sebagian orang yang sudah terluka.

Nah, tentunya untuk mencegah bertemu dengan orang-orang tersebut kamu tidak harus mengidentifikasinya dengan hal-hal buruk, kamu juga bisa mengecek hal-hal baik yang ada pada dirinya. Sudah saatnya kini kita fokus mencari green flags pada pasangan serta turut memanifestasikannya agar bisa saling membangun hubungan yang sehat bersama. Berikut Admin rangkum beberapa tanda green flags yang bisa kamu lihat pada pasanganmu!

Green Flags yang Harus Kamu Cari pada Pasangan

1. Apresiasi

trauma
(Sumber Gambar: https://familiesforlife.com)

Salah satu tanda kamu berada di hubungan yang sehat adalah jika kamu dibersamai sosok pasangan yang suportif dalam mengapreasiasimu. Support bisa ditunjukkan dengan cara membuatmu merasa aman dan didengar sehingga kamu merasa selalu dihargai. Seseorang yang selalu mengabaikanmu tentu tidak mampu menghargai kehadiran dan usahamu juga.

2. Komitmen

Komitmen adalah satu hal utama dalam berelasi. Apabila komitmen ini tidak bisa dipegang oleh salah satu di antaranya, maka hubungan itu akan menjadi lebih rentan dan rapuh. Tanda kamu berada pada orang yang tepat adalah ketika pasanganmu mampu berkomitmen memegang janji yang sudah disepakati bersama.

3. Ekspektasi

Memiliki ekspektasi dalam hubungan adalah hal yang wajar. Akan tetapi sering kali ekspektasi yang tak wajar bisa menghancurkan hal-hal indah yang sudah dibangun dalam hubungan. Pasangan yang memiliki ekspektasi jelas dan realistis adalah salah satu pertanda bendera hijau dalam hubungan sebab hal ini membuktikan kedewasaan yang tidak semua orang miliki.

4. Toleransi

Toleransi menjadi salah satu solusi yang bisa diterapkan di saat ekspektasi pasangan masih melambung tinggi. Green flag yang harus kamu perhatikan pada pasangan adalah bagaimana pasanganmu mampu menghargai perbedaan pendapat dan menoleransi perbedaan tersebut. Lebih baik lagi apabila pasanganmu dapat menunjukkan aksi nyata untuk membuktikan toleransinya.

trauma
(Sumber Gambar: https://queerty.com)

5. Kompromi

Apabila pasanganmu mampu untuk melakukan toleransi terhadap perbedaan pandanganmu belum tentu mereka mau berkompromi dengan perjuangan yang harus dilakukan selanjutnya. Maka apabila kamu sudah mendapatkan toleransi darinya, kamu harus memastikan apakah dia juga mau berkompromi dengan solusinya. Salah satu tanda lain pasanganmu sosok yang baik adalah ketika pasangan memiliki keinginan untuk berkompromi dan terus berjuang.

6. Usaha

Sudah menjadi hal yang sepatutnya dipahami semua orang bahwa hubungan membutuhkan usaha untuk membangun dan mempertahankannya. Memulainya memang mudah tetapi menjaganya yang tidak mudah sehingga membutuhkan usaha yang lebih banyak. Apabila pasangan terus menunjukkan usaha untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik meski banyak rintangan yang kalian lalui, maka bisa dikatakan dia lulus cek green flags!

7. Batasan

Tentunya tiap orang mengalami perjalanan hidup yang berbeda-beda, wajar jika tiap kita memiliki solusi dan batasan yang berbeda dalam menangani berbagai masalah dalam hidup. Jika kamu menganggap pasangan adalah sosok yang penting untuk masa depanmu, maka kamu juga perlu mengecek bagaimana pasangan bisa menghargai batasanmu.

8. Konsistensi

trauma
(Sumber Gambar: https://patch.com)

Banyak orang bilang ingin pasangan yang setia, tapi di mana bisa menemukannya? Maka poin ini menjawab salah satu cara agar kamu bisa mendeteksi kehadirannya. Tentunya semua usaha yang dilakukan seseorang tidaklah penting jika tidak diterapkan dengan penuh konsistensi. Penting untuk kamu mengetahui apakah pasanganmu melakukan usaha yang konsisten sebab setiap ucapan, tindakan, dan perbuatan seseorang yang baik akan selalu bersinergi dan selaras.

Itu dia kedelapan bendera hijau yang bisa kamu cek pada pasanganmu atau bahkan seseorang terpenting dalam hidupmu seperti keluarga dan teman. Nah, untuk membantumu menemukan sosok dengan kriteria green flags terbaik, kamu bisa menambah wawasanmu terhadap hubungan melalui buku-buku di bawah ini!

Rekomendasi Buku Inspiratif untuk Menemukan Pasangan Green Flags

1. Love Talk 1.0

Setelah hampir satu tahun berteman, Tim & Chels memutuskan untuk mulai pacaran. Walaupun hubungan mereka terlihat selalu harmonis di sosial media, ternyata hubungan mereka nggak bebas dari konflik.

Mereka sama-sama berusaha untuk membangun hubungan yang sehat, tapi ternyata menjalaninya gak mudah, karena masa lalu, pola pikir yang berbeda, perbedaan pendapat, dan masalah-masalah lain yang muncul. Tetapi, karena mereka dikelilingi banyak orang yang lebih berpengalaman, yang selalu mendukung dan siap membantu mereka, setiap konflik yang mereka hadapi bisa dilewati dengan baik dan justru telah membuat hubungan mereka semakin kuat.

GreenBeli di Sini!

Dalam buku ini, Tim & Chels menceritakan pengalaman mereka dan pengalaman orang-orang terdekat mereka, yang telah mengajarkan mereka kunci-kunci penting dalam membangun hubungan yang sehat dan menyenangkan. Ingat, kita semua layak untuk memiliki hubungan yang sehat. Kita semua layak untuk memiliki seseorang yang bisa menghargai dan mengasihi kita.

2. The 5 Love Languages for Singles

Memahami love language orang lain adalah langkah penting yang bisa memandu kamu menemukan hubungan yang sehat dan berkualitas. Buat kamu yang masih melajang dan ingin mencari pasangan tepat, buku The 5 Love Languages yang satu ini akan cocok sekali kamu baca.

Menjadi lajang bukanlah perkara yang mudah. Sering kali, ada banyak perkara yang harus mereka hadapi. Tidak jarang, mereka kesulitan untuk mencari jalan keluarnya, apalagi bila hal itu berkaitan dengan hubungan dengan orang lain. Bagaimanapun, rata-rata perkara yang dihadapi oleh para lajang tidak terlepas dari kebutuhan mereka akan kasih.

GreenBeli di Sini!

Gary Chapman memahami kesulitan yang dialami oleh para lajang ini. Oleh karena itu, ia pun mengadaptasi The 5 Love Languages yang dapat diterapkan bagi para lajang. Dilengkapi dengan kisah pengalaman pergumulan para lajang yang sukses menerapkan lima bahasa kasih, buku ini bisa menghidupkan pengharapan akan kasih bagi para lajang yang sedang menghadapi pergumulan, khususnya yang berkaitan dengan hubungan.

Dengan memahami bahasa kasih dirinya sendiri maupun orang lain, hubungan yang terjalin antara anak dengan orang tua, kakak dengan adik, sahabat dengan sahabat, maupun kekasih dengan kekasih diharapkan akan terjalin dengan baik.

3. A Guide Book to Express Love Language

GreenBeli di Sini!

Agar kamu bisa memahami love language yang tepat untuk pasangan dan orang terdekat dengan lebih baik lagi, buku ini bisa kamu jadikan petunjuk lain. Di dalamnya akan menerangkan secara spesifik tentang macam-macam love language, hal hal yang perlu dilakukan, dan sebaiknya tidak dilakukan, juga akan membahas tentang cara membangun pemahaman terhadap diri sendiri, pasangan, dan orang terdekat.

4. The New Rules For Love, Sex & Dating

Lajang? Sedang mencari pasangan atau orang yang tepat? Berpikir bahwa jika kamu bertemu dengan orang yang tepat segalanya akan baik-baik saja? Buku ini akan membantu kamu menemukan jawabannya, termasuk jawaban akan semua tanyamu mengenai red flag dan green flag pada seorang partner!

GreenBeli di Sini!

Dalam buku ini, Andy Stanley menggali tantangan, anggapan, dan pandangan umum terkait dengan berpacaran pada abad ke-21. Selain itu, ia menawarkan nasihat praktis dan gambling untuk kamu mengenai topik ini. Buku ini bukan untuk mereka yang berkecil hati.

Buku ini menantang para lajang untuk melangkah dan menetapkan suatu standar baru untuk generasi ini. Jika kamu tidak menginginkan suatu pernikahan seperti pernikahan pada umumnya, hentikan kencan seperti cara kencan yang lama juga. Temukan partner dengan segudang green flag setelah membaca buku ini!

5. CeweQuat: A Relationship Guidance Before You Say I Do

Banyak perempuan terseok-seok di dalam hubungan yang tidak sehat, tetapi enggan beranjak karena beberapa alasan klise: sudah terlalu lama berpacaran, malas memulai dari nol lagi, sudah berumur, atau ada yang mau saja sudah syukur! Alih-alih memperbaiki dan meningkatkan standar, mereka justru memilih bertahan hanya karena sudah terlanjur.

GreenBeli di Sini!

Sebagai perempuan, pernahkah kamu merasakan hal-hal berikut ini juga, merasa kurang cantik, kurang sukses untuk bisa mendapatkan pasangan yang kamu suka, memberi terlalu banyak dengan harapan seseorang akan menyukaimu atau merasa panik ketika lelaki yang kamu suka nggak meneleponmu balik? Hentikan itu semua setelah membaca buku ini.

Bukan hanya berisi daftar green flag pada pasangan, kamu juga akan menemukan daftar red flag untuk pasangan dan dirimu sendiri yang tang tidak boleh ada pada hubungan. Buku ini akan membantumu melindungi karakter dan hati di sepanjang musim perkenalan, percintaan, dan patah hati.

6. Toxic Relationship Free

Mendapatkan pasangan dengan bendera hijau tentunya tidak serta-merta didapatkan dengan mudah, kamu juga harus mempelajari bendera merahnya. Mungkin kamu menyaksikan banyak hubungan beracun atau bahkan sedang berada di hubungan yang beracun dan ingin segera terlepas dari belenggunya, maka kamu bisa membaca buku yang satu ini. Selain membicarakan standar hubungan beracun, kamu juga akan menemukan kebalikannya, yakni standar hubungan yang baik untuk kesehatan mental dan fisikmu.

GreenBeli di Sini!

Selain itu, buku ini juga membahas 7 mindset salah yang dibawa masuk dalam hubungan, yang membuat risiko terjadinya toxic relationship lebih besar. Buku ini akan menjawab pertanyaan terbesar sepanjang penulisannya, yaitu: Apa penyebab seseorang jadi toxic dan bagaimana keluar dari situasi ini? Apakah putus adalah satu-satunya solusi terbaik untuk keluar dari toxic relationship?

Semua hal itu akan diulas tidak hanya dari perspektif penulis, tapi juga dari cerita nyata oleh lebih dari 30 toxic relationship survivors yang berpartisipasi dan mengirimkan cerita mereka. Untuk memudahkan, buku ini dilengkapi dengan lembar self-assessment, untuk membantumu menilai kondisi hubunganmu sendiri. Di bagian akhir, kamu akan diajak melihat bagaimana kembali fokus pada apa yang jadi tujuan hidupmu dan bagaimana membangun masa depan. Karena penulis percaya, cinta itu seharusnya mudah, sangat bisa dinikmati, menginspirasi, dan membangun masa depan.

7. Wotakoi: Love is Hard for Otaku

Menemukan figur pasangan dengan dengan hubungan yang sehat bisa kamu temukan lewat buku hiburan seperti halnya komik. Wotakoi: Love is Hard for Otaku menceritakan dua pasangan yang berada di dalam hubungan yang sehat.

GreenBeli di Sini!

Karakter utamanya adalah Narumi, seorang wanita pekerja kantoran yang menyembunyikan gaya hidup fujoshi-nya, yakni penggemar hubungan romansa antarlelaki yang biasa muncul di manga. Ia menyembunyikan hobi fujoshi-nya karena itu merupakan stereotype yang memalukan jika diketahui masyarakat umum. Di sisi lain, Hirotaka, pria perusahaan yang tampan dan cakap yang merupakan otaku freak yang hobi bermain game. Narumi dan Hirotaka tampak sempurna untuk satu sama lain hingga akhirnya mereka bersatu, tapi cinta memang tidak mudah untuk seorang otaku freak seperti mereka.

Melalui komik ini kamu akan menemukan figur pasangan sehat dengan berbagai green flags-nya seperti bagaimana mereka saling menghargai hobi masing-masing, menemukan jalan keluar dari masalah yang sulit, serta komitmen yang terus dijaga di tengah kesulitan stereotype yang ada.

Psst, komiknya sudah jalan sampai 9 volume, lho! Terbarunya sudah ada di Indonesia. Volume lengkapnya bisa kamu temukan di Gramedia.com atau klik di sini!

8. Love, Be Loved, Leave, Be Left

GreenBeli di Sini!

Dua pasangan dari komik Love, Be Loved, Leave, Be Left juga merupakan gambaran dari hubungan yang terbangun dan terjalin dengan sehat. Selain mendapatkan gambaran itu, kamu juga akan dihibur dengan perjalanan kisah cinta mereka yang dimulai dengan berbagai konflik pelik nan gemas yang asyik untuk diikuti.

Akari Yamamoto adalah seorang gadis realistis nan supel, bersahabat dengan seorang gadis pemalu bernama Yuna Ichibara. Yuna adalah gadis polos yang bermimpi jatuh cinta kepada seorang pangeran seperti yang biasa dia lihat di dongeng. Meski karakter keduanya bertolak belakang, mereka bersahabat dengan baik. Di balik sifatnya yang pemalu dan naif, Yuna rupanya juga bersahabat dekat dengan seorang laki-laki keren di kelas bernama Kazuomi Inui. Diam-diam Akari jatuh hati pada Kazuomi. Di sisi lain, Yuna pun selalu cemburu dengan Akari yang juga dekat dengan seorang laki-laki bernama Rio Yamamoto, pria yang selalu dia perhatikan dari jauh di sekolah.

Bagaimanakah kisah mereka akan berakhir baik? Baca selengkapnya hanya di Gramedia.com! Volume lengkap yang tersedia di Gramedia.com juga bisa kamu lihat di sini!

9. My Love Story!!

GreenBeli di Sini!

Komik romantis lain yang bisa kamu baca untuk menemukan gambaran hubungan ideal bisa kamu temukan di komik yang satu ini, My Love Story!!

Takeo Gouda, seorang siswa SMA yang tinggi dan berotot. Dia tidak memiliki banyak keberuntungan dengan wanita karena setiap wanita yang dia sukai selalu berakhir jatuh cinta pada sahabatnya yang tampan nan menawan, Makoto Sunakawa, berbanding terbalik dengan perawakannya yang besar dan menyeramkan. Akan tetapi, ini semua berubah ketika dia menyelamatkan Rinko Yamato, seorang gadis pemalu mungil yang tidak disangka-sangka jatuh cinta pada Takeo.

Dari sanalah kisah romansa hubungan paling sehat nan gemas bisa kamu lihat! Baca selengkapnya di Gramedia.com! Untuk menemukan volume lainnya, klik di sini, ya!

Nah, itu dia beberapa rekomendasi bacaan yang bisa kamu miliki selama masa-masa pencarian pasangan berbendera hijau ataupun jika kamu ingin terbebas dari pasangan berbendera merah. Tunggu apalagi? Kunjungi Gramedia.com sekarang dan jangan lupakan promo menarik yang tersedia!

Lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Cek promonya di bawah ini yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Penulis: Shaza Hanifah

Sumber header: buildyourmarriage.org


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus