Gramedia X Muklay, Kolaborasi Merchandise Streetwear Bertema Literasi

Gramedia X Muklay, Kolaborasi Merchandise Streetwear Bertema Literasi

. 2 min read

Muchlis Fahri atau dikenal Muklay kembali berkolaborasi untuk karya terbarunya. Kali ini, seniman visual yang memiliki karakter gambar comical art ini bekerja sama dengan Gramedia dalam rangka ulang tahun ke-50 Gramedia dengan tema #GramediaUntukIndonesia.

Gramedia mengadakan kolaborasi dengan seniman yang karyanya penuh warna serta makna ini sebagai bentuk kepedulian terhadap literasi khususnya minat baca dan mengapresiasi karya seni anak bangsa.

Melalui kolaborasi dengan Muklay, Gramedia juga berharap dapat menjadi pintu peluang untuk kolaborasi bersama karya seni anak bangsa lainnya terutama yang peduli terhadap literasi Indonesia.

Makna desain dari kolaborasi ini adalah meningkatkan minat baca generasi muda agar dapat menambah wawasan serta up-to-date. Merchandise streetwear terdiri dari hoodie, kaos, kemeja, dan tote bag yang akan dijual secara online dan offline.

Kamu bisa membeli merchandise streetwear ini secara online melalui lelang pada Instagram @gramediabooks mulai tanggal 26 hingga 30 Januari 2020. Lelang pertama telah diadakan pada hari Minggu kemarin dan ratusan orang telah berebut untuk mendapatkannya.

Cara untuk mengikuti lelang ini pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang tertera pada caption Instagram dan melakukan lelang pada kolom komentar.

Dalam kolaborasi ini, Gramedia juga mengajak berbagai penulis terkenal seperti Joko Pinurbo, Kang Maman, Handoko Hendryono, Faza Meonk, dan Valerie Patkar untuk turut serta ambil bagian.

Jika kamu ingin membeli secara offline, kamu bisa mendapatkannya pada 31 Januari 2020 di Gramedia Pondok Indah Mall.

Keuntungan mengikuti lelang selain mendapatkan paket eksklusif, kamu juga dapat menentukan ukuran yang diinginkan. Selain itu, hasil lelang juga akan seluruhnya didonasikan ke 50 sekolah di Indonesia.

Pada momen ulang tahun emas ini, Gramedia juga mengadakan donasi buku dengan memberikan 50.000 buku sebagai penunjang kebutuhan sekolah. Gerakan pengumpulan buku ini dilakukan oleh 120 Gramedia seluruh Indonesia yang dimulai dari bulan November 2019 hingga akhir Januari 2020.

Tak hanya itu, dalam bidang musik Gramedia berkolaborasi dengan musisi lokal Luqmanul Chakim untuk mengangkat lagu-lagu daerah di Indonesia.

Lagu-lagu daerah seperti Sinanggar Tulo, Jali-jali, Yamko Rambe Yamko, Bubuy Bulan, Lir-Ilir, Ampar-ampar Pisang, dan Rasa Sayange akan diaransemen ulang.

Lagu daerah yang sebelumnya dimainkan dengan alat musik lokal dari Wonosobo yaitu Bundengan akan diberi sentuhan musik Electronic Dance Music (EDM) yang diminati generasi muda saat ini.


Sumber foto header: Youtube Gramedia