Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Gak Takut Tua, Ini Rekomendasi Buku untuk Hadapi Pensiun yang Sejahtera

Gak Takut Tua, Ini Rekomendasi Buku untuk Hadapi Pensiun yang Sejahtera

Pensiun dengan sejahtera pasti menjadi mimpi yang diidamkan semua orang, baik secara jiwa maupun raga. Bahkan banyak dari kaum milenial yang mengaku ingin pensiun dini dan berlomba-lomba menabung banyak dari sekarang, agar bisa merasakan hari tua yang nyaman.

Tentu pensiun dini menjadi salah satu jalan keluar para pekerja yang banyak ditempa stres kerja, hanya saja hal itu membuat persiapan masa pensiun yang sejahtera menjadi tidak sederhana dan memerlukan banyak strategi, seperti menabung, menghadapi stres kerja, menjaga kesehatan, dan masih banyak lagi.

Hal ini bukan menjadi pelajaran baru bagi mereka kaum muda yang ingin mempersiapkan masa tua saja, tetapi juga untuk mereka yang sudah memasuki masa tua itu, karena tidak semua orang saat ini sudah berada di masa pensiun yang sejahtera. Namun, tidak ada kata terlambat untuk belajar dan terus mencoba menata hidup!

Nah, Admin punya beberapa buku rekomendasi untuk kamu yang ingin mempersiapkan masa pensiun, termasuk untuk kamu yang ingin menambah kualitas kesejateraan hidupmu di masa pensiun, baik persiapan secara finansial, kesehatan, dan pengembangan diri. Simak terus selengkapnya di bawah, ya!

Rekomendasi Buku untuk Hadapi Pensiun

1. Pintar Merencanakan Pensiun

PensiunBeli di Sini!

Buku yang satu ini akan mengajak kamu untuk merenung apakah hasil dari karier kamu sekarang sudah benar-benar cukup untuk menopang kehidupan masa pensiun nanti. Pengantar renungan itu akan dilanjutkan dengan sugesti untuk meyakinkan dirimu , bahwa masa pensiun tidak perlu direncanakan dengan sulit.

Kamu bisa memulai merencanakan dari sekarang agar matang. Di buku ini, kamu akan menemukan strategi pintar untuk mengelola kehidupan masa tua yang bahagia, mapan, dan penuh rasa syukur.

2. Bahagia di Usia Pensiun

PensiunBeli di Sini!

Setelah berpuluh tahun bekerja, tiba saatnya kita harus meninggalkan rutinitas tersebut. Ada yang semringah, ada pula yang resah menyambut kedatangannya. Banyak alasan di baliknya. Semringah dan bahagia karena akhirnya bisa rehat dari rutinitas sehingga ada waktu berkumpul dengan keluarga, di sisi lain ada yang resah karena belum memiliki persiapan apa pun. Wajar, pensiun adalah fase yang belum pernah dialami oleh para pegawai. Pensiun adalah hal yang sama sekali baru. Banyak persiapan yang harus dilakukan. Akan ada banyak hal yang belum pernah dialami.

Tenang, pensiun tidak semisterius itu. Memang benar akan ada banyak hal baru yang terjadi, tetapi bukan berarti tidak bisa diprediksi dan tidak bisa dipersiapkan. Pensiun itu pasti, artinya bisa dipersiapkan. Melalui buku ini, kita akan diajak mempersiapkan masa pensiun, mulai persiapan mental, kesehatan, dan terutama persiapan finansial.

3. Merancang Pensiun Bahagia

Suatu hari nanti akan tiba saatnya kamu akan pensiun dari rutinitas mencari nafkah atau menyudahi masa produktif. Pensiun tidak saja berlaku bagi pegawai negeri sipil atau karyawan perusahaan swasta, tetapi juga pekerja informal, termasuk atlet profesional. Semuanya tetap memerlukan strategi.

PensiunBeli di Sini!

Menurut hasil statistik dari sejumlah penelitian, sebagian besar orang yang sudah pensiun menjalani hidup dengan susah payah untuk memenuhi kebutuhan finansial, menjaga kesehatan, mempertahankan kehidupan sosial, dan lain-lain. Beberapa di antara mereka mencoba berwirausaha, seperti membuat usaha rumahan, beternak, berkebun, dan lain-lain. Tetapi bagi mereka yang sebelumnya adalah karyawan biasa tanpa pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman berwirausaha, kemungkinan besar akan gagal ketika mereka harus mencari nafkah dengan berwirausaha setelah pensiun.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama masa pensiun kelak, kamu harus betul-betul menyadari perlunya merancang masa pensiun dari sekarang. Buku ini menawarkan sudut pandang yang berbeda dalam merancang masa pensiun bahagia dengan cara kamu sendiri, bila perlu tanpa harus bekerja lagi, lho!

4. Hidup Sukses Mulia

“Bukan Pensiunan Biasa.”

Begitu yang diterangkan dalam buku ini. Buku yang hadir sebagai panduan untuk mempersiapkan masa pensiun agar kita tetap bisa menjalani kehidupan yang bahagia, sejahtera, dan tentunya juga sukses mulia.

PensiunBeli di Sini!

Menjadi pensiunan bukan cuma sekadar menikmati masa tua. Melalui buku ini, kamu akan mempersiapkan diri menjadi pensiunan luar biasa yang juga bisa bermanfaat bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Mempersiapkan pensiun dengan paripurna, tingkat kesadaran tinggi, dan kedisiplinan untuk melaksanakan persiapan sesuai rencana.

Hal ini adalah ikhtiar tertinggi untuk memperkecil kekecewaan sewaktu pensiun tiba. Untuk yang sudah berada di masa pensiun, ini adalah cara untuk menyesuaikan langkah dan tindakan kita dengan benar, sehingga membuat hari-hari kita yang tersisa akan jauh lebih bahagia dan berarti. Jadilah pensiunan luar biasa yang hidup tidak hanya sukses tetapi juga mulia di masa tua! Dapatkan bukunya di Gramedia.com! 😊

5. Pension Ready, Pension Happy

PensiunBeli di Sini!

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada tahun 2015, menyatakan pensiun adalah sebuah transisi dalam tahapan kehidupan yang akan membentuk gaya hidup, kesehatan, interaksi sosial, dan stres psikososial, yang berpengaruh terhadap identitas dan prefensi seseorang. Adanya perubahan ini menjadikan masa pensiun sebagai situasi ke-10 dalam 43 situasi paling stres dalam kehidupan manusia.

Perencanaan keuangan untuk masa pensiun memiliki sedikit perbedaan dengan tujuan keuangan lainnya. Maka dari itu, persiapan menuju pensiun yang bahagia harus dilakukan terus-menerus hingga benar-benar memasuki masa pensiun. Buku ini cocok banget buat kamu kaum muda yang ingin bersiap menjaga stres di masa tua. Buku ini akan membantu kamu mempersiapkan diri agar dapat memiliki masa pensiun yang bahagia, sejahtera, dan tetap kaya.

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

6. Resep Menjalani Masa Tua yang Sehat, Kuat, dan Bahagia

PensiunBeli di Sini!

Setiap orang menjadi tua secara fisik dan usia itu sudah pasti, tapi untuk merasa tua itu adalah pilihan. Kalimat bijak ini perlu dicermati, sebab bahaya juga jika ada orang di usia lanjut yang kerap menyangkal diri dan masih mempunyai gaya hidup dan aktivitas yang tidak sesuai dengan kondisinya. Belum lagi asupan pangannya. Bagi orang yang tidak menempatkan dirinya pada kesadaran penuh, masa tuanya akan sering diwarnai berbagai "kejutan yang tak diinginkan" alias penderitaan.

Buku ini tidak hanya membahas soal perubahan fisik dan cara mempersiapkan diri menghadapi "tubuh yang tidak asik lagi'', tapi juga soal pergeseran hidup yang berupa perpisahan yang tak terelakkan, termasuk keharusan membiasakan diri dengan hal yang tidak biasa. Perencanaan masa depan menjadi penting untuk mulai dipikirkan sejak sekarang. Dengan demikian, kebahagiaan dan kesuksesan sebagai tujuan hidup dan hak siapa saja di hari tuanya dapat sungguh terwujud.

7. Damai, Puas dan Bahagia Menjalani Masa Tua

PensiunBeli di Sini!

Melalui buku ini kamu akan mendapatkan refleksi dan tips menghadapi pensiun lewat cara menjaga dan menikmati hubungan dalam keluarga, kebijaksanaan dalam mengelola harta, kemampuan untuk bergembira di masa tua, pengelolaan kesehatan yang baik serta pengembangan keutamaan dan pandangan hidup.

Buku ini bukan hanya memberi tuntunan praktis menghadapi pensiun, tetapi juga membantu mempersiapkan diri untuk kamu yang mengkhawatirkan masa tua.

8. Bila Masa Tua Tiba

Jika kamu ingin merenungi masa tua dalam pelukan reliji agama Islam, maka buku ini akan jadi teman yang cocok untuk menambah wawasanmu. Melalui buku ini, kamu akan memahami lebih dalam mengenai masa tua dalam pandangan Islam. Masa tua bagi seorang muslim adalah kesempatan terakhir yang sangat menentukan nasib di akhirat.

PensiunBeli di Sini!

Buku ini adalah renungan, pencerahan serta berita gembira kepada setiap yang berusia tua bahwa mereka manusia termulia dan dimuliakan, disayangi penduduk langit dan bumi, Allah menyiapkan banyak rukhsah, hak-hak istimewa, kebaikan dan berkah yang tidak diberi kepada selainnya.

Di dalamnya kamu juga akan menemukan kisah inspiratif akan bagaimana tokoh-tokoh penting mengisi masa tuanya sebelum meninggal. Tokoh penting ini adalah para Nabi dan sahabat, tabi’in, ulama dan orang sholeh-sholehah pada zaman dahulu kala. Jadikan masa pensiunmu penuh berkah dan renungan untuk menjadi sholeh, arif, dan takut kepada Allah, dapatkan buku ini di Gramedia.com! 😊

9. Sehat Sampai Tua: Tetap Sehat dan Bugar di Usia 40 Tahun

PensiunBeli di Sini!

Jika biasanya kita fokus mempersiapkan pensiun melalui kesejahteraan finansial, maka yang tidak kalah penting adalah persiapan kebugaran tubuh. Melalui kebugaran tubuh akan datang banyak kebahagiaan, seperti terhindar dari sakit dan bisa memanfaatkan banyak waktu dengan maksimal.

Melalui buku ini, kamu akan mengupas berbagai hal yang perlu dilakukan untuk memiliki tubuh sehat meski di usia 40-an mulai dari pola makan, pola istirahat, pola olahraga, hingga tips mengikuti asuransi kesehatan.

10. Resep Panjang Umur Sehat & Sembuh

Isi Piringku adalah panduan porsi gizi seimbang yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Lima puluh persen porsi piring diisi sayur segar dan buah. Lalu, bagaimana memadukan racikan sayur segar yang bukan “salad” bersama lauk yang sehat? Bagaimana juga dengan keterampilan memilih, meracik dan mengolah makanan yang bagi generasi masa kini terasa membebani?

PensiunBeli di Sini!

Buku inilah jawabannya. Uraian edukasinya ringkas, ringan, dengan referensi yang dapat dipercaya sehingga memberi bobot tentang mengapa bahan makanan tertentu dipilih, bagaimana meracik yang benar, dan cara olah seperti apa yang tetap mempertahankan kualitas gizi makanan.

Sederhana namun bukan miskin rasa, mudah tapi tidak hanyut dalam kepraktisan, buku ini hadir dengan 32 resep racikan sayur segar dan 40 resep lauk berbumbu asli tanpa harus diberi gula dan minyak goreng apalagi produk rafinasi. Jadikan hidup sehat lebih mudah dan nyaman lewat buku resep ini! 😊

11. Sehat dan Bugar di Usia Emas, Ragam Olahraga di Usia 50-an

Fitness di usia 50-an? Emang bisa? Rupanya bisa, lho! Bukan untuk melawan kodrat, namun justru untuk memperbaiki kodrat. Buku ini membahas tentang latihan fisik yang ringan dan mudah dilakukan, yang berfungsi untuk memperbaiki peredaran darah, pernapasan, jantung, penyebaran nutrisi, dan fungsi organ lain. Latihan-latihan ini akan membuat gejala tubuh terasa sehat dan bugar, otot kencang dan kekar, serta memudarnya kerutan-kerutan pada kulit.

PensiunBeli di Sini!

Gejala susulan yang akan muncul adalah perbaikan fungsi otak yang merangsang meningkatnya kebutuhan berpikir dan membaca. Selanjutnya dibahas tentang fitness otak serta artikel-artikel pengetahuan realistis untuk memilah dan memilih cara berpikir dan bertindak yang tepat dan unggul.

Pembahasan fitness secara menyeluruh membuat buku ini menjadi pedoman latihan gerak dan berpikir yang tepat guna mencapai kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik jasmani maupun rohani ataupun jiwa. Buku ini tidak hanya untuk dibaca mereka yang berusia 50-an, namun penting bagi pembaca berusia muda yang ingin melakukan persiapan masa tua.

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

Nah, itu dia seluruh buku rekomendasi yang bisa kamu miliki untuk menghadapi masa pensiun. Mulai dari buku finansial, buku pengembangan diri, buku olahraga, bahkan buku renungan reliji juga ada. Tunggu apa lagi? Cek seluruh bukunya di Gramedia.com! 🤩

Jangan lupa juga untuk lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Cek promonya di bawah ini yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: merdeka.com

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus