Film yang Sering Diputar Saat Liburan

Film yang Sering Diputar Saat Liburan

. 5 min read

Liburan sekolah adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh semua anak-anak sekolah. Apalagi libur yang cukup panjang seperti libur lebaran atau kenaikan kelas. Waktu liburan panjang tersebut, biasa kita gunakan untuk mudik ataupun pergi bertamasya dengan keluarga. Baik itu ke luar kota maupun keluar negeri. Namun, ada juga yang hanya menghabiskan waktu di rumah untuk beristirahat.

Bagi yang hanya menghabisakan liburan di rumah, biasanya mereka akan menghabiskan waktunya dengan menonton televisi. Jika ditelaah, dari sebelum teknologi belum secanggih sekarang hingga detik ini yang semuanya serba digital, film-film ini masih selalu hadir di televisi pada masa liburan.

1. Petualangan Sherina

film-liburan---petualangan-sherina

Film ini pasti sudah tidak asing lagi bagi teman-teman angkatan 90’an. Ternyata film musikal semua umur asli Indonesia ini sebelumnya berjudul Petualangan Vera dan Elmo. Namun karena pada saat itu popularitas artis cilik Sherina Munaf sedang naik daun dan ia juga merupakan pemeran utamanya, maka judulnya pun berubah menjadi Petualangan Sherina.

Film ini bercerita tentang petualangan Sherina, seorang gadis cilik yang pemberani, tangguh, dan pintar. Di dalam cerita, Sherina harus pindah sekolah dari Jakarta ke Bandung Utara mengikuti ayahnya. Di sekolah yang baru, ia bertemu dengan Sadam yang dibintangi Derby Romero. Sadam terkenal sebagai anak yang nakal. Sadam selalu mengganggu teman-temannya termasuk Sherina. Karena itu mereka saling bermusuhan.

Suatu hari Sherina sekeluarga pergi berkunjung ke rumah teman sekaligus pemilik perkebunan tempat ayah Sherina bekerja, ternyata Sadam adalah anak dari teman ayahnya tersebut. Mereka pun terpaksa bermain bersama di daerah perkebunan. Siapa sangka saat bermain mereka malah diculik saat sedang bermain, sehingga mereka harus berusaha melarikan diri.

Kisah petualangan Sherina dan Sadam yang seru ini sangat pas untuk menemani liburan. Selain seru dan menegangkan film ini juga memiliki pesan moral agar tetap berani dan tangguh dalam situasi sesulit apa pun, karena pasti selalu ada jalan keluar jika mau berusaha.

2. Joshua oh Joshua

film-liburan---joshua-oh-joshua

Cerita Joshua oh Joshua ini bercerita tentang seorang anak jalanan yaitu, Jojo. Orangtua kandung Jojo adalah orang kaya yang baik hati. Namun, Suatu hari, saat ingin pergi berlibur Jojo yang saat itu masih bayi diculik oleh wanita tidak waras di bandara. Setelah diculik, Jojo ditinggal di suatu pos satpam pinggir kota dan di tolong oleh sepasang suami istri yang bekerja sebagai pemulung.

Jojo tumbuh besar menjadi seorang anak yang pintar, ia selalu ranking satu di sekolahnya. Walaupun begitu Ibu Angkat yang membesarkannya tetap kejam dan sering menyiksa Jojo.

Jojo memiliki sahabat bernama Jejen yang juga seorang anak jalanan. Mereka memiliki rutinitas mencari uang setelah sepulang sekolah, dengan cara mengamen. Walaupun hidup mereka sulit, tetapi mereka tetap riang dan suka bernyanyi sambil berlari-lari.

Film Joshua oh Joshua merupakan film drama musikal Indonesia yang dibintangi oleh artis cilik yang tak kalah populer dari Sherina Munaf yaitu, Joshua Suherman. Film ini diproduksi oleh Rapi Films, disutradarai oleh Edward Sirait dan dirilis pada tahun 2001. Pemeran utama di film ini ialah Joshua Suherman sebagai Jojo, Anjasmara sebagai ayah kandung Joshua dan Desi Ratnasari sebagai Ibu kandung Joshua.

Film ini memang cocok untuk menemani liburan anak, karena selain seru film ini juga memiliki pembelajaran bagi anak-anak untuk terus bersyukur dan berusaha dalam situasi seburuk apa pun.

3. Home Alone

film-liburan---Home-Alone

Siapa yang tidak pernah menonton Home Alone? Film wajib yang selalu diputar saat liburan ini memang tidak pernah bosan untuk ditonton.

Film ini adalah sebuah film komedi yang dirilis pada tahun 1990. Film ini dibintangi oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin McCallister, seorang anak dari keluarga yang kaya. Kevin secara tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya yang akan berlibur ke kota Paris, Prancis, dalam rangka liburan Natal. Ketika ia menghabiskan waktunya di rumah sendirian, ia tidak sengaja bertemu dengan dua orang pencuri bodoh yang ingin merampok rumahnya. Maka, untuk menghentikan para pencuri itu, Kevin yang cerdik menyiapkan jebakan-jebakan untuk mereka.

Film Home Alone Home Alone disutradarai oleh Chris Columbus, dan naskahnya ditulis oleh John Hughes. Home Alone sudah memiliki 4 sekuel, yaitu Home Alone 2, Home Alone 3, Home Alone 4, dan Home Alone 5. Home Alone mengingatkan para anak-anak yang menontonnya agar patuh kepada perkataan orang tua dan dapat berpikir kreatif dalam segala hal.

4. Charlie and the chocolate factory

film-liburan---Charlie-and-the-Chocolate-Factory-Chocolate-Room-Lolli-Plant-and-Tree-Lollipop-4

Film ini dirilis pada tahun 2005, dan merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel terkenal Charlie and the Chocolate Factory karya Roald Dahl.

Film ini bercerita tentang seorang anak laki-laki sederhana bernama Charlie yang memenangkan tiket tur ke dalam sebuah pabrik coklat terbesar di dunia, milik seorang pria bernama Willy Wonka yang diperankan oleh Johny Deep. Charlie bersama keempat anak beruntung lainnya, mendapatkan kesempatan memasuki pabrik coklat tersebut dan menemukan kejadian-kejadian unik di dalamnya. Siapa yang menyangka ternyata sang pemilik pabrik coklat Willy Wonka diam-diam sedang mencari anak yang cocok untuk menjadi pewaris pabrik coklatnya.

Film ini sangat mengasah imajinasi anak-anak dan memiliki pesan moral bahwa janganlah menjadi orang yang kaya hartanya tapi miskin hatinya dan kita tidak boleh memandang rendah dan menilai seseorang dari penampilan luarnya saja.

5. CJ7

film-liburan---CJ7

CJ7 merupakan sebuah film dari dari Hongkong yang dirilis pada tahun 2008. Film ini disutradarai dan diperankan oleh Stephen Chow.

Film ini mengisahkan seorang pekerja konstruksi bangunan bernama Chow Ti. Dia dan anak laki-lakinya, Dicky yang baru berumur 9 tahun, tinggal di rumah yang hampir hancur. Chow Ti berhasil mengirim anaknya ke sekolah swasta. Namun, Dicky sering diintimidasi oleh anak-anak lain dan dicaci oleh gurunya di sekolah karena miskin.

Suatu hari saat Chow Ti menenmukan dan membawa pulang bola hijau aneh untuk anaknya yang ternyata adalah alien. Alien tersebut diberi nama oleh Dicky sebagai "CJ7". Alien CJ7 menjadi teman bermain yang selalu menemani Dicky dimanapun ia berada. Hingga suatu hari Chow Ti meninggal karena kecelakaan, Dicky sangat sedih karena kepergian ayahnya. Melihat Dicky yang sangat sedih, CJ7 mengerahkan seluruh kekuatannya dan mengorbankan dirinya agar ayah Dicky bisa tetap hidup.

Film CJ7 ini sangat memainkan emosi penontonnya, dan mengajarkan banyak hal bagi anak-anak maupun orang tua, agar orang tua harus mengerti anak-anaknya dan begitupula anak-anak juga harus sadar kalau orang tua akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, maka dari itu sebagai anak sudah seharusnya kita mematuhi petuah dari orang tua, rajin belajar dan juga rajin kesekolah.


Hayo, film apa saja yang sudah kamu tonton? Happy holiday dan happy watching ya!