Film Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings Cari Dua Pendamping Zara JKT48

Film Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings Cari Dua Pendamping Zara JKT48

. 4 min read

Saat tiba giliran Adhisty Zara alias Zara JKT48 disebut Joko Anwar (sutradara dan penulis film Gundala) sebagai pemeran Virgo, ratusan orang di Atrium Plaza Senayan, Jakarta pada Sabtu (18/08/2019) pun langsung riuh bersorak. Zara memang punya banyak fans, terutama karena ia merupakan salah satu anggota idol group JKT48.

Keterlibatannya sebagai salah satu karakter jagoan Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1 ini tak disangka-sangka. Apalagi, beberapa hari sebelum pengumuman tersebut, Zara juga mengatakan lewat Instagram-nya akan mengundurkan dari grup JKT48 yang sudah bertahun-tahun membesarkan namanya.

Untuk mendalami peran sebagai Virgo, Zara sedang melakukan persiapan yang matang, seperti riset tentang karakter Virgo. "Dibantu terus sama Pak Koko (Bismarka Kurniawan, CEO Bumilangit) sama Om Joko (Joko Anwar). Mereka semua bantu untuk aku enggak bingung sendiri juga. Aku juga lagi senang baca versi webtoon-nya," ucap Zara dalam acara peluncuran film Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings di fX Sudirman pada Sabtu (7/09/2019), seperti dikutip Hai.

Zara
Zara memerankan Riani alias Virgo, jagoan perempuan dari Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1. (Foto: Screenplay Bumilangit)

Selain itu, perempuan berusia 16 tahun ini juga harus latihan main gitar dan olah vokal. "Main gitar aku belum pernah sama sekali. Jadi ini tantangan buat aku. Mungkin di sini juga akan lebih ekstra lagi, latihan fisik juga ada sejak jadi member JKT48. Jadi, juga harus kuat," ujar Zara.

Terpilihnya Zara sebagai Virgo merupakan hasil pertimbangan matang dari tim Jagat Sinema Bumilangit di Screenplay Bumilangit Produksi (perusahaan yang sudah melahirkan film Gundala dan akan membuat film Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings). Menurut Joko, Zara bagaikan terlahir untuk memerankan Virgo. Baginya, Zara juga memiliki kemampuan akting yang mumpuni.

Pada tahun ini, Zara berakting sebagai Euis dalam film Keluarga Cemara dan Dara di Dua Garis Biru. Kedua film tersebut duduk di dalam posisi lima besar film Indonesia terlaris 2019.

"Aku setiap nonton filmnya Zara tercengang. Ini orang dari mana belajarnya. Karena luar biasa skill dan talent-nya. Dari setiap Zara main film itu luar biasa," ucap Joko, yang juga menjabat sebagai produser kreatif Jagat Sinema Bumilangit.

Zara
Zara JKT48 bersama Joko Anwar, Bismarka Kurniawan, dan Erick Thohir dalam peluncuran ajang Virgo Talent Search. (Foto: Screenplay Bumilangit)

Karakter Virgo yang akan diperankan Zara sendiri memiliki nama asli Rini. Karakter jagoan ciptaan Jan Mintaraga ini muncul dalam komik pertama kali pada 1973. Ia memiliki kekuatan super berupa bara api yang bisa keluar dari tangannya.

Kekuatan tersebut baru disadari Rini ketika ia tengah diam-diam mempelajari berbagai eksperimen ilmiah ayahnya. Ia lalu nekat memakai tubuhnya sendiri sebagai uji coba eksperimen itu. Begitu sadar telah memiliki kekuatan super, Rini kemudian jadi pembela kebenaran: Virgo.

Sejak komiknya terbit pada 1973, Virgo pun menjadi salah satu karakter jagoan paling dikenal di Jagat Bumilangit. Ia berulang kali muncul di berbagai komik lainnya dan juga memegang peran dalam komik Patriot: Prahara, yang mempertemukan 30 jagoan Jagat Bumilangit.

Pada 2017, Annisa Nisfihani dan Ellie Goh mengadaptasi karakter Virgo ke komik versi modern, Virgo and The Sparklings, yang tayang di Line Webtoon. Pada versi ini, Virgo bernama asli Riani. Ia merupakan mahasiswi semester satu dan bermain musik dalam bandnya.

Komik
Dalam kisah versi modern di komik ini, Virgo adalah Riani. Dia adalah mahasiswi dan pemain band.

Di versi webtoon ini, Riani mampu mendengar dan melihat warna suara, selain juga memancarkan listrik maupun api. Komik Virgo and The Sparklings sendiri sekarang sudah dialihbahasakan ke 15 bahasa oleh fans.

Adapun film Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings akan melakukan syuting pada 2020 dengan diproduseri oleh Joko Anwar, Bismarka Kurniawan, dan Wicky V. Olindo. Untuk mencari para pemeran dua karakter pendamping Virgo, yakni Ussy (pemain keyboard) dan Monica (drummer), Screenplay Bumilangit mengadakan Virgo Talent Search.

Ajang pencarian ini bisa diikuti para perempuan berusia 14-19 tahun ataupun yang dapat memerankan sosok berusia 14-19 tahun. Kemampuan bermain musik dan bernyanyi menjadi poin plus. Para peserta dapat mengunggah rekaman video akting dan menyanyi atau bermain musik dengan durasi 1 menit dan memasang hashtag #virgotalentsearch.

Zara
Zara JKT48 bersama para pemeran jagoan lain (Dian Sastrowardoyo, Chelsea Islan, Vanesha Prescilla, Pevita Pearce, Joe Taslim) dari Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1. (Foto: Screenplay Bumilangit)

Film Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings merupakan bagian dari Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1, yang sudah dibuka dengan film Gundala dengan Abimana Aryasatya sebagai pemeran utama. Selain dua film tersebut, rencananya hingga 2025, Screenplay Bumilangit akan memproduksi enam film lagi, yakni Sri Asih, Godam dan Tira, Si Buta dari Gua Hantu, Mandala, Gundala Putra Petir, dan Patriot.

"Di film-film ini akan muncul karakter-karakter lain juga. Kami sudah membuat benang merah cerita dan perkembangan tiap karakter dengan rapi dari film pertama sampai akhir. Nantinya akan dikembangkan lagi oleh tiap sutradara dan penulis untuk tiap filmnya,” ujar Joko, dalam keterangan persnya. “Jadinya karakter dan cerita akan sangat terjaga."


Sumber foto header: Bumilangit