Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Daftar Film Indonesia Adaptasi dari Novel Best Seller

Daftar Film Indonesia Adaptasi dari Novel Best Seller

Daftar Film Indonesia Adaptasi dari Novel Best Seller - Hari Film Nasional diperingati tiap tanggal 30 Maret. Tanggal ini sesuai dengan tanggal pengambilan gambar pertama untuk film Darah dan Doa (1950), yang merupakan film pertama yang diproduksi Indonesia. Film yang disutradarai oleh Usmar Ismail ini menjadi tonggak sejarah perfilman Indonesia.

Usmar Ismail pun dinobatkan sebagai Bapak Perfilman Nasional dan menjadi sosok penting dalam pelopor perfilman Indonesia. Peringatan HFN ini menjadi cara untuk mendorong lahirnya film-film nasional dengan nilai pendidikan dan budaya yang beragam.

Pada tahun ini, organisasi perfilman pada Gedung PPHUI (Pusat Perfilman Usmar Ismail) mengambil tema ‘Melalui Peringatan Hari Film Nasional Kita Ingin Menjadikan Film Indonesia Sebagai Pagar Budaya Bangsa’. Selain itu, Festival Film Indonesia (FFI) juga resmi diluncurkan pada Hari Film Nasional kemarin, sambil mengumumkan tema yang diusung dan Duta FFI di tahun 2022 ini.

Pada FFI 2022, tema yang diusung adalah ‘Perempuan: Citra Karya & Karsa’. Ketua Komite FFI, Reza Rahadian, mengatakan bahwa tema ini sebagai apresiasi atas peran penting perempuan dalam dunia perfilman Indonesia, yang bukan sekadar pemanis, tapi memiliki andil yang besar.

Pembuatan film sendiri dilatarbelakangi dari berbagai hal, baik dari kisah nyata, ide dari rumah produksi, hingga cerita dari sebuah buku. Sampai saat ini sudah ada banyak film adaptasi dari karya-karya novel best-seller yang ditonton jutaan orang. Bahkan, tahun 2021 lalu perfilman Indonesia dianugerahi berbagai penghargaan besar internasional, yang salah satu filmnya berawal dari novel terkenal.

Bagi pecinta buku, pasti sering membangun theatre of mind dalam pikiran. Nah, film adaptasi ini juga bagaikan audiovisual dari kata demi kata yang kita baca. Berikut Admin rangkum daftar film Indonesia yang berhasil diadaptasi dari novel best seller.

Daftar Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel Best Seller

1. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

Pertama kali rilis di tahun 2014, novel karya Eka Kurniawan ini berhasil menyabet berbagai penghargaan internasional pada tahun 2021 lalu. Sudah tayang di berbagai festival film dunia, film ini kini sudah bisa kamu nikmati melalui Netflix.

Kisah ini tentang Ajo Kawir yang memiliki masalah impoten pada dirinya. Apa yang dialami Ajo ini, dikarenakan kejadian mengejutkan yang harus ia dapati ketika masih remaja. Ajo sudah dikenal bermasalah sejak belia, bersama sahabat baiknya dari bangku SD, Si Tokek, mereka telah mengalami berbagai masalah di kampung, dari berkelahi, senang cari gara-gara, hingga terlibat berbagai kasus.

Sebagai sahabat yang pertama kali mengetahui masalah Ajo, bertahun-tahun pula Si Tokek setia menemani Ajo dan berusaha membantunya menemukan jawaban atas masalah yang dialami. Hingga suatu ketika, Ajo jatuh cinta dengan Iteung, perempuan yang menerima dia apa adanya, tak peduli masalah, aib, atau candaan yang terlontar dari orang-orang kepada Ajo.

Layaknya sepasang kekasih yang sedang jatuh cinta, mereka pun memutuskan menikah, dan mereka hidup saling mencinta. Namun, kesabaran Iteung atas masalah kejantanan yang dimiliki Ajo menemui pangkalnya. Ajo yang malang harus menghadapi cobaan, karena tak tahu siapa ayah dari anak yang dikandung Iteung.

FilmBaca Bukunya Sekarang!

Kamu juga bisa baca versi e-book di sini >>> Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas


Baca juga: Novel Populer Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Kini Diangkat Menjadi Film


2. Yuni

Memang bukan hasil adaptasi dari novel, namun film ini juga telah melahirkan versi novelnya yang ditulis oleh Ade Ubaidil. Tentunya, kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dalam mengikuti ceritanya, dan segala hal dalam filmnya bisa kamu rasakan lebih detil, padat, dan lengkap. Film Yuni juga telah berhasil menyabet penghargaan internasional, lho!

Yuni menyorot pada stigma sosial, ketidaksetaraan gender karena budaya patriarki, hingga pernikahan dini.  Yuni adalah anak SMA yang ingin melanjutkan kuliah demi menggapai cita-cita, namun stigma sosial bahwa perempuan tidaklah perlu sekolah tinggi-tinggi karena ujungnya hanya akan mengurus rumah tangga, membentur kehidupan remajanya.

Ditambah lagi cibiran dari orang-orang sekitar, karena Yuni telah menolak dua kali lamaran yang datang padanya. Gejolak mental Yuni yang masih belia dan ingin melanjutkan cita-cita, kembali digempur dengan kepercayaan masyarakat yang mengatakan bahwa perempuan tidak akan menikah selamanya jika menolak lamaran. Di sini kamu akan melihat bagaimana mental dan batin Yuni begitu terkukung, namun kamu juga akan menemui keseruan persahabatan Yuni bersama teman-temannya yang saling mendukung.

FilmBaca Bukunya Sekarang!


Baca juga: Film Yuni yang Wakilkan Suara Perempuan Kini Diadaptasi Ke Bentuk Novel


3. Merindu Cahaya de Amstel

Film religi ini telah tayang di bioskop pada awal tahun 2022 lalu. Berasal dari kisah nyata, tokoh-tokoh yang masuk dalam cerita Arumi Ekowati ini berdasarkan pengalamannya bertemu wanita mualaf asal Belanda di suatu acara peluncuran buku, dan terinspirasi dari fotografer Eropa yang memotret wajah orang berhijab.

Novel ini memperlihatkan perjalanan mualaf seorang wanita bernama Khadija Veenhoven. Lalu, Nicholaas van Dijk, fotografer yang memotret Khadija, merasa foto tersebut menghasilkan sesuatu yang “aneh” bagi dirinya, karena terdapat pancaran cahaya yang mewarnai wanita berhijab itu. Nicho yang menganut agnostik, penasaran dengan Khadija, dan hal tersebut mengusik kenangannya bersama ibunda yang telah meninggalkannya saat kecil.

Pertemanan mereka juga dihadiri oleh Mala, penari asal Yogya yang mendapat beasiswa di salah satu kampus seni di Amsterdam. Berbagai drama mewarnai cerita ini, mulai dari kisah romansa beda iman dari Khadija dan Nicho, cinta segita di antara mereka dengan Mala, hingga pencarian jawaban atas kekecewaan Nicho di masa lalu.

FilmBaca Bukunya Sekarang!

Sebetulnya, terdapat berbagai perbedaan antara novel dan filmnya. Di dalam novelnya, kamu akan menemukan cerita yang lebih lengkap dan padat dari setiap masing-masing karakter. Kamu juga bisa membaca novel ini dalam versi e-book di sini >>> Merindu Cahaya de Amstel


Baca juga: Novel Terlaris Merindu Cahaya de Amstel Kini Diadaptasi ke Layar Lebar


4. Garis Waktu

Garis Waktu adalah buku kedua dari Fiersa Besari yang berisi kumpulan suratnya yang tertulis sejak tahun 2012-2016. Tiap babnya berisi kata-kata yang puitis, apik, dan mampu menyentuh hati pembaca. Di bulan Februari 2022 lalu, buku ini diadaptasi menjadi film dan telah tayang di bioskop.

Pada filmnya, menceritakan tentang pasangan kekasih bernama Sena dan April yang hubungannya tak kunjung mendapat restu. Sena dianggap tidak memiliki masa depan yang jelas, karena pekerjaannya yang hanya seorang penyanyi kecil. Hingga suatu ketika, Sena bertemu dengan produser musik besar bernama Sanya. Tak disangka, Sanya mampu membuat karir Sena melonjak, namun juga jadi ancaman atas hubungan yang telah lama dijalani oleh Sena dan April.

Untuk di bukunya sendiri, berisi tulisan-tulisan tentang luka, rasa kehilangan, dan kenangan masa lalu. Buku ini memberikan banyak pesan motivasi serta makna lainnya, tentang arti perjalanan hidup, cara menikmati hidup, dan tak larut dalam kebencian serta selalu menghargai tiap bagian dari perjalanan hidup.

FilmBaca Bukunya Sekarang!


Baca juga: Novel Legendaris Garis Waktu Kini Diadaptasi ke Layar Lebar


5. Thank You Salma

Film trilogi Dear Nathan kini sudah berhasil tayang kembali. Menjadi penutup dari kisah cinta Nathan dan Salma, di sini kamu akan melihat bagaimana hubungan mereka yang kian merenggang. Selain romantisme dua sejoli, film ini juga membawa isu pelecehan seksual.

Masa perkuliahan dan kesibukan Nathan dalam dunia aktivis, membuat prinsipnya bersama Salma jadi berbeda. Suatu ketika, teman satu angkatan Nathan mengalami pelecehan seksual, dan sebagai aktivis yang kritis, Nathan berusaha membuat aksi, melindungi privasi temannya, namun ia menutupi hal ini pada Salma.

Aksi diam Nathan membuat Salma curiga. Ditambah lagi masalah kehadiran musisi sekaligus kaka tingkat yang dikagumi Salma bernama Afkar, membuat Nathan semakin bingung, haruskan memperjuangkan cinta atau tidak.

FilmBaca Bukunya Sekarang!

Ketinggalan ceritanya? Kamu bisa baca bukunya dari awal, pertama di buku Dear Nathan, lalu baca buku keduanya di Hello Salma ya!

6. Yowis Ben: Lika-Liku Anak Band

Film Yowis Ben Finale telah meramaikan kembali perfilman Indonesia di akhir tahun 2021 lalu. Film ini menjadi film terakhir dari tetralogi Yowis Ben, yang menceritakan titik akhir konflik dari para anggota band.

Tapi, film ini bukan berasal dari buku ya, hehehe. Namun, film ini juga sudah bisa kamu nikmati dalam buku ilustrasi yang nggak kalah kocak dan menghibur. Ceritanya masih sama, tentang bagaimana Bayu yang berusaha jadi populer dan bisa PDKT dengan gebetannya. Cara jadi populer yang ia usung adalah membuat band dan ia pun mengajak sahabatnya, yaitu Doni, Yayan, dan Nando.

Ternyata, punya band tak serta merta membuat mereka jadi keren dan populer. Ada banyak rintangan dan lika-liku yang harus dihadapi Bayu bersama sahabatnya untuk mempertahankan band mereka.

FilmBaca Bukunya Sekarang!

7. KKN di Desa Penari

Cerita horor yang sempat viral di Twitter beberapa tahun lalu, berhasil ditulis dalam bentuk novel dengan jalinan cerita yang lebih lengkap, ditambah dengan bagian-bagian yang belum pernah dibagikan sebelumnya. Cerita ini juga sudah berhasil diangkat menjadi film, namun selalu tertunda. Akhirnya, pada akhir April 2022, sudah dipastikan bahwa film ini akan tayang di bioskop.

Diambil dari kisah nyata para mahasiswa yang tengah melakukan KKN atau Kuliah Kerja Nyata di sebuah desa, ternyata lokasi tersebut bukanlah tempat yang biasa. Enam mahasiswa pergi ke daerah terpencil di Jawa Timur untuk melakukan tugas mereka. Namun, tinggal di sana benar-benar terasa janggal dan banyak hal mistis yang mereka rasakan.

Dilarang melewati hutan, mendengar suara gamelan yang misterius, tidak boleh melewati batas gapura, hingga gangguan dari penari cantik gaib yang mulai mengganggu beberapa mahasiswa. Terlalu banyak hal mistis yang menghampiri mereka, hingga berujung pada tragedi kelam.

FilmBaca Bukunya Sekarang!


Baca juga: Rekomendasi Buku Horor Terbaru di Tahun 2021


8. Geez & Ann

Film ini berdasarkan dari novel best-seller karya Rintik Sendu atau Nadhifa Allya Tsana yang terbit dalam tiga edisi. Berkisah tentang anak remaja yang jatuh cinta dan menemukan arti sebuah komitmen.

Ann, gadis cantik yang pintar dan mandiri akhirnya jatuh cinta dengan Geez, seniornya yang jago musik dan selalu memberikan kejutan manis tak terduga. Sayangnya, banyak sekali rintangan yang harus mereka hadapi demi memperjuangkan cinta.

Dari hubungan jarak jauh, maupun restu orang tua. Apakah cinta mereka bertahan? Coba beli dan baca bukunya dengan klik gambar-gambar di bawah ini.

Geez and Ann #1

GeezBeli dan Koleksi Sekarang!

Geez & Ann #2

GeezBeli dan Koleksi Sekarang!

Geez & Ann #3

GeezBeli dan Koleksi Sekarang!

9. Layla Majnun

Berdasarkan kisah cinta legendaris dari negara timur tengah. Layla seorang wanita religius, cerdas, dan selalu berjuang untuk menggapai impiannya, yaitu bekerja di luar negeri.

Akhirnya, ia mendapatkan kesempatan menjadi dosen tamu di Azerbaijan, tapi tak lama dari kabar itu, ia dijodohkan dengan teman kecilnya yang juga sering membantu keluarganya secara finansial.

Kala Layla mengajar di Azerbaijan, ia bertemu dengan Samir, muridnya yang sekaligus menjadi tour-guide, dan penggemar novel Layla. Mereka terlibat perasaan cinta, dan Layla gamang harus memilih cinta atau tidak mengecewakan keluarganya.

Film ini merupakan ‘adaptasi bebas’ dan tafsiran dari kisah cinta Layla dan Qays dalam karya Layla Majnun dari Nizami Ganjavi. Film ini dibuat lebih terasa lokal agar mudah dimengerti banyak orang.

Penasaran dengan karya sastra legendaris ini? Semua kata-kata cinta puitis akan lebih banyak kamu temui dengan baca bukunya langsung.

LaylaBeli dan Koleksi Sekarang!


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


10. Mariposa

Gimana ya kalau dua anak pintar dan berprestasi akhirnya bisa jadian? Ngomonginnya pelajaran doang kali ya? Hahaha.. ini dia cerita perjuangan Aca yang ambisius dan penasaran dengan sifat Iqbal yang dingin dan cuek!

Aca rela melakukan apa saja demi mendapatkan perhatian dan mengambil hati Iqbal, walaupun berkali-kali ditolak. Sampai pada suatu hari mereka ditunjuk untuk ikut perlombaan, membuat mereka sadar apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Mariposa berawal dari cerita Wattpad karya Luluk HF yang sampai saat ini ceritanya sudah dibaca hingga lebih dari 100 juta kali, dan bukunya pun ikut menjadi best-seller! Iqbal luluh nggak ya hatinya? Cari jawabannya di buku ini ya.

MariposaBeli dan Koleksi Sekarang!


Baca juga: Deretan Novel Wattpad yang Jadi Film dan Series Terbaru


11. Milea: Suara dari Dilan

Pasti semua tahu dengan kisah perjalanan cinta Milea dan Dilan. Bandung menjadi latar romantis mereka berdua yang buat kita ikut baper. Kali ini cerita dari sisi Dilan kala menemukan Milea, sampai akhir kisah cinta mereka berdua. Mereka berpisah hingga dewasa, dan reuni mempertemukan mereka kembali. Pacar baru Dilan pun muncul di sini.

Milea dan Dilan adalah karya sastra populer, novel dari Pidi Baiq. Seri novel best-seller menceritakan tentang gadis yang baru pindah ke Bandung, dan ditaksir salah satu anak geng motor yang gaya romantisnya bikin meleleh. Perjalanan kisah cinta mereka sangat menarik, hingga penyerangan geng motor menjadi akhir cinta mereka. Baca lagi yuk kisah cintanya dari pertama.

Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

dilanBeli dan Koleksi Sekarang!

Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991

dilanBeli dan Koleksi Sekarang!

Milea: Suara dari Dilan

mileaBeli dan Koleksi Sekarang!


Baca juga: Ancika, Sosok Tambatan Hati Dilan Setelah Milea


12. #TemanTapiMenikah2

Ayu dan Ditto akhirnya menikah! Siapa sangka ternyata sahabat baik dari SMP bisa berlabuh bersama membangun rumah tangga. Pada film kedua ini, diceritakan kisah pernikahan Ayu dan Ditto setelah menikah, dan kala Ayu hamil.

Konflik datang dari mereka yang kaget dikaruniai anak dengan cepat, padahal mereka mempunyai mimpi untuk bisa keliling dunia dahulu. Nah, film ini adalah adaptasi seri buku #TemanTapiMenikah dari kisah nyata Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion. Nggak kalah seru dari filmnya yang mendapat banyak animo, bukunya juga menjadi best-seller dan menjadi panutan banyak orang, dimana jodoh ternyata bisa datang dari orang terdekat. Baca kisah cinta mereka berdua lagi yuk!

#TemanTapiMenikah

temantapimenikahBeli dan Koleksi Sekarang!

#TemanTapiMenikah 2

temantapimenikahBeli dan Koleksi Sekarang!

13. Imperfect

Bertemakan body shaming dan segala kesulitan yang dihadapi Rara. Di keluarganya, ia mempunyai adik yang badannya langsing, teman-teman ibunya selalu membandingkan mereka.

Di tempat kerja, penampilannya bahkan jadi pertimbangan kala ia ingin dipromosikan. Beruntung ia punya kekasih dan sahabat yang menerima apa adanya. Namun tekad Rara tetap kuat untuk bisa berubah!

Kisah ini berdasarkan dari novel Imperfect: A Journey to Self-Acceptance karya istri Ernest Prakasa, Meira Anastasia. Berawal dari komentar buruk netizen pada penampilan dirinya yang membuat ia down, Meira menulis buku ini agar bisa menerima luka dan belajar mengatasinya.

Nah, buku ini berisi kumpulan cerita dari perempuan, istri, maupun ibu yang berjuang bahwa tidak mengapa bila tak sempurna, yang terpenting tetap bahagia. Baca yuk biar nggak insecure lagi!

imperfectBeli dan Koleksi Sekarang!

14. Dignitate

Alfi adalah cowo ganteng tapi dingin, galak, dan seram. Walaupun begitu ketampanannya selalu dipuja cewek-cewek di sekolah. Lalu datang anak baru yang ceria dan sangat bertolak belakang dengan Alfi, yaitu Alana, dan mereka selalu bertengkar. Keceriaan Alana seketika hilang karena mantannya dan kisah mereka yang kelam. Alfi pun berusaha melindungi Alana hingga menaruh hati padanya.

Film ini berawal pada kepopulerannya di Wattpad dan menjadi novel karya dari Hana Margaretha. Dibaca lebih dari 9 juta orang, bukunya pun ikut menjadi best-seller. Apakah Alfi berhasil melindungi Alana dan mendapatkan hatinya? Kita cari jawabannya di buku ini yuk!

bukuBeli dan Koleksi Sekarang!

15. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Katanya sih nggak mungkin kalau ada cewek dan cowok yang bisa bersahabat tanpa ada rasa diantara mereka. Yap, Kevin dan Nara yang bersahabat sejak kecil, membuat Kevin diam-diam menyimpan rasa. Sayangnya Kevin takut menyampaikan perasaan tersebut, karena tidak mau merusak persahabatan mereka.

Kevin hanya bisa jadi teman yang menemani Nara kala cintanya selalu gagal. Sampai pada waktu yang tepat untuk Kevin menyatakan cinta, Nara malah jatuh cinta pada orang lain kembali.

Kisah Kevin dan Nara ini berdasarkan novel best-seller karya Boy Candra dengan judul yang sama. Adegan romantis di film banyak yang berdasarkan kutipan dari bukunya, lho. Mari baca bukunya untuk meresapi quotes romantis lainnya!

sepertiBeli dan Koleksi Sekarang!

Itu dia beberapa film Indonesia yang diangkat dari buku novel. Jadi, baca dulu, baru nonton kemudian yaa, hehe.. Langsung checkout sekarang bukunya di Gramedia.com.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: palari films

Penulis: Almira Rahma Natasya & Nur Qomariyah


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus