5 Film Adaptasi Buku yang Masuk Nominasi Golden Globes 2019

5 Film Adaptasi Buku yang Masuk Nominasi Golden Globes 2019

. 2 min read

Golden Globes Awards merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan untuk film dan program TV di Amerika Serikat. Penghargaan Golden Globes Awards ini sendiri dihelat oleh para anggota Hollywood Foreign Press Association (HFPA).

Pada tahun 2019, tentunya Golden Globes diadakan kembali untuk ke-76 kalinya. Dilansir dari CNN Indonesia, Golden Globes kali ini akan diselenggarakan pada 6 Januari 2019 waktu Amerika Serikat.

Judul film, program TV, para aktor dan aktris, sampai soundtrack film yang masuk nominasi pun sudah diumumkan oleh HFPA dalam situs resmi Golden Globes. Di antara film-film yang masuk nominasi tersebut, ada beberapa film yang diadaptasi dari buku. Dan lima di antaranya menerima nominasi kategori Best Motion Picture untuk genre film yang berbeda-beda. Kira-kira apa saja ya?

Berikut adalah lima film adaptasi buku yang berhasil masuk nominasi kategori Best Motion Picture dalam Golden Globes 2019.

1. Black Panther

Black Panther adalah salah satu film superhero Marvel yang masuk nominasi Golden Globes tahun ini. Melansir CNN Indonesia, Black Panther menjadi film superhero pertama yang bersanding dalam nominasi kategori Best Motion Picture - Drama.

Dalam kategori tersebut, film yang diadaptasi dari Marvel Comic ini akan bersaing dengan Bohemian Rhapsody, A Star is Born, dan dua film lainnya untuk nominasi kategori Best Motion Picture - Drama.

Black Panther sendiri dikenal juga dengan nama T’Challa dan merupakan salah satu karakter superhero andalan dari Marvel Comic.

2. Blackkklansman

Mungkin banyak yang masih asing dengan film ini, pasalnya filmnya sendiri memang tidak dirilis di Indonesia. Cerita Blackkklansman berasal dari memoar Ron Stallworth berjudul Black Klansman.

Singkat cerita, Blackkklansman mengisahkan detektif keturunan Afrika-Amerika pertama di kepolisian kota Colorado, yang berusaha mengungkap kasus dari Ku Klux Klan, sebuah kelompok rasis radikal di Amerika.

Film biografi yang dikemas dalam drama komedi ini pun berhasil menjadi salah satu dari 10 besar film terbaik di tahun 2018 menurut American Film Institute. Blackkklansman juga masuk nominasi Best Motion Picture - Drama dalam Golden Globes ke-76 tahun ini.

3. Crazy Rich Asians

Saat rilis, film Crazy Rich Asians yang diadaptasi dari novel karya Kevin Kwan berjudul sama ini langsung naik daun dan menyita banyak perhatian.

Bagaimana tidak? Dilansir dari Kompas.com, Crazy Rich Asians disebut-sebut sebagai film Hollywood pertama yang seluruh pemainnya memiliki darah Asia dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

Film Crazy Rich Asians pun berhasil mendapatkan kesempatan masuk nominasi Golden Globes 2019 untuk kategori Best Motion Picture - Musical or Comedy.

4. Spider-Man: Into the Spider-Verse

Satu lagi adaptasi Marvel Comic yang mendapatkan nominasi di Golden Globes Awards ke-76 yaitu Spider-Man: Into the Spider-Verse. Film animasi ini berhasil masuk nominasi untuk kategori Best Motion Picture - Animation.

Dalam nominasi untuk kategori tersebut, Spider-Man: Into the Spider-Verse akan bersaing dengan empat film animasi lain. Salah duanya adalah Incredibles 2 dan Ralph Breaks the Internet.

Plot cerita dalam film Spider-Man: Into the Spider-Verse ini pun diangkat dari komik Marvel seri Spider-Verse di mana muncul banyak karakter baru lain. Mulai dari Morlun, Spider-Ham, sampai Spider-Gwen.

5. Mary Poppins Returns

Cerita tentang Mary Poppins sebenarnya sudah lama dikenal. Entah itu dari bukunya langsung yang dikarang oleh P.L. Travers ataupun filmnya yang rilis tahun 1964.

Baru pada tahun 2018 lalu, sekuel dari kisah Marry Poppins yang berjudul Mary Poppins Returns diadaptasi lagi ke film layar lebar. Filmnya sendiri masih tetap digarap dengan unsur fantasi dan musikal seperti dulu.

Plot yang merupakan lanjutan dari film klasiknya ini pun banyak menarik perhatian. Mary Poppins Returns berhasil masuk nominasi dalam Golden Globes 2019 untuk kategori Best Motion Picture - Musical or Comedy.


Itulah lima film adaptasi buku yang berhasil masuk nominasi Golden Globes 2019. Mana saja yang sudah kamu tonton atau mungkin bahkan sudah membaca bukunya?

Jika ingin melihat versi bukunya kamu bisa mencarinya di Gramedia.com.


Sumber header foto: IMDB