Kaleidoskop Gramedia.com: 10 Karya Fiksi Terlaris 2019

Kaleidoskop Gramedia.com: 10 Karya Fiksi Terlaris 2019

. 4 min read

Menjelang berakhirnya tahun 2019, kami mengumpulkan judul buku-buku yang paling banyak dibeli selama tahun ini. Ada tiga kategori yang kami buat: nonfiksi, fiksi, dan buku anak.

Kali ini, kami mendaftar 10 karya fiksi terlaris selama 2019 versi Gramedia.com. Dari novel yang difilmkan, novel yang diadaptasi dari film, karya fiksi klasik Indonesia, sampai novel terjemahan, inilah daftar buku-bukunya.

10. Divortiare (Sampul Baru 2018)

Divortiare
Divortiare karya Ika Natassa

Di urutan ke sepuluh, ada buku karya Ika Natassa berjudul Divortiare. Novel yang merupakan karya Ika setelah A Very Yuppy Wedding ini dicetak ulang dengan sampul baru pada 2018. Novel berlabel Metropop ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Alexandra yang mestinya punya kehidupan cemerlang sampai suatu ketika ia bercerai. Divortiare punya sekuel berjudul Twivortiare yang konon bakal diangkat ke layar lebar.

9. Dua Garis Biru

Dua
Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini

Film Dua Garis Biru menjadi film fenomenal tahun 2019. Berkisah tentang sepasang remaja yang hamil di luar nikah, film ini terasa begitu nyata dan dekat. Dua Garis Biru bahkan menjadi film terbaik Piala Citra tahun 2019. Oleh Lucia Priandarini, film ini dialihwahanakan menjadi novel dengan judul yang sama. Disarikan dari naskah yang ditulis oleh Gina S. Noer, novel Dua Garis Biru menjadi opsi medium untuk menikmati kisah Dara dan Bima.

8. Bad Boy

Bad
Bad Boy karya AliaZalea

Menjadi novel Metropop kedua dalam jajaran best seller 2019, Bad Boy karya AliaZalea memang sudah ditunggu-tunggu penggemarnya. Buku ini adalah buku ketiga dari serial Pentagon yang berkisah tentang romansa lima personel boy band. Buku keempat dari serial Pentagon ini disinyalir akan terbit tahun depan. AliaZalea juga menjadi Author of the Month bulan September 2019 versi Gramedia.com.

7. The Lethal White

The
The Lethal White karya Robert Galbraith

Aksi Cormoran Strike berlanjut. Kali ini dalam buku keempatnya yang berjudul The Lethal White karya Robert Galbraith—yang merupakan pseudonim dari J.K. Rowling. Bersama asistennya Robin Ellacott, Strike coba mengungkap kasus pembunuhan seorang anak yang mati dicekik. Kabar itu diterima Strike dari seorang pemuda yang punya gangguan jiwa bernama Billy. Namun, Billy malah kabur dengan penuh kepanikan. Apa yang sebenarnya terjadi? Siapakah pembunuh si bocah malang itu?

6. Orang-orang Biasa

Orang-orang
Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata

Andrea Hirata memang produktif. Ia setidaknya menerbitkan satu buku pertahun—termasuk pada tahun 2019 ini. Ia menerbitkan novel berjudul Orang-orang Biasa yang merupakan kisah tentang orang-orang biasa yang ingin membantu salah seorang anak perempuan untuk masuk ke sekolah kedokteran. Andrea Hirata terkenal dengan kisah-kisah menggugah hatinya. Dan Orang-orang Biasa adalah salah satunya.

5. 11:11

11:11
11:11 karya Fiersa Besari

Apa yang kamu ketahui tentang seorang Fiersa Besari? Pemain musik atau penulis buku? Bisa dibilang keduanya. FIersa bahkan membuat cerita yang dibukukan lalu berhubungan dengan album berisi lagu-lagunya. Setelah sebelumnya ia membuat albuk (album buku) #1 berjudul Konspirasi Alam Semesta pada 2015, ia lalu menerbitkan albuk #2 berjudul 11:11 yang rilis pada 2018 dan masuk daftar paling laris pada 2019 ini.

4. Bumi Manusia

Bumi
Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Apa ekspektasimu ketika sebuah novel klasik dan epik karya Pramoedya Ananta Toer difilmkan? Adalah Hanung Bramantyo yang berani melakukannya dengan menggaet artis muda Iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva de Jongh. Film Bumi Manusia yang tayang pada Agustus 2019 lalu ini kemudian menjadi salah satu yang banyak dibahas tahun ini. Dengan kehadiran filmnya, novelnya pun kembali diburu banyak orang.

3. Komet Minor

Komet
Komet Minor karya Tere Liye

Urutan ketiga adalah Komet Minor karya Tere Liye yang merupakan novel keenam dari serial Bumi. Buku fantasi ini berkisah tentang Raib, Seli, dan Ali yang menemukan teman seperjalanan yang hebat dan mereka bersama-sama melewati berbagai rintangan untuk melawan Si Tanpa Mahkota. Buku ini juga punya beberapa makna tersirat tentang persahabatan, pengorbanan, dan pemaafan. Bagaimana saga ini berakhir?

2. Nonversation

Nonversation
Nonversation karya Valerie Patkar

Ada novel remaja Nonversation yang menempati posisi kedua sebagai buku fiksi terlaris 2019. Novel yang merupakan karya Valerie Patkar ini adalah adaptasi dari kisah yang sudah terlebih dulu ditayangkan di situs tulis-menulis Wattpad. Novel ini bercerita tentang friendzone antara seorang cewek dan cowok yang juga memiliki aspek kekeluargaan dan hubungan sesama orang lain. Valerie Patkar menjadi Author of the Month bulan Februari 2019 Gramedia.com.

1. Kim Ji-yeong, Lahir Tahun 1982

Kim
Kim Ji-yeong, Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-joo

Posisi pertama ada novel terjemahan asal Korea Selatan yaitu Kim Ji-yeong, Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-joo. Novel ini bercerita tentang seorang ibu rumah tangga yang terpengaruh besar oleh budaya patriarki yang kemudian menderita depresi. Pada November 2019 lalu, film adaptasi yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Jung Yu-mi. Bagi yang sudah menonton filmnya, jangan lupa baca bukunya juga ya!