7 Fakta Sejarah Academy Awards yang Tidak Kamu Tahu

. 4 min read

Dalam industri film, Academy Awards menjadi ajang penghargaan tertua yang pertama kali diadakan pada tahun 1929 di Hotel Hollywood Roosevelt, Los Angeles, Amerika Serikat. Namun, ajang penghargaan film ini baru disiarkan secara langsung di televisi pada tahun 1953.

Setiap pemenang penghargaan pada Academy Awards sendiri akan mendapatkan sebuah piala berlapis emas yang lebih dikenal dengan julukan piala Oscar.

Pada tahun 2019, Academy Awards telah memasuki tahun ke-91 pelenggaraannya yang akan dihelat di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat.

Dalam rangka menuju Academy Awards 2019 yang bakal diselenggarakan pada bulan 24 Februari ini, Gramedia.com telah merangkum beberapa fakta menarik dalam sejarah berlangsungnya Academy Awards.

Melansir dari essentials.co.za, berikut adalah tujuh fakta menarik seputar Academy Awards yang wajib kamu ketahui.

1. Piala dari emas asli

oscarworthSumber: ew.com

Tahukah kamu kalau dalam membuat satu piala Oscar itu membutuhkan biaya sekitar 696 USD? Itu berarti setara hampir Rp 10 juta.

Jelas saja pembuatan sebuah piala Oscar saja cukup memakan kocek yang bisa dibilang besar karena meski berbahan dasar dari campuran sejumlah logam, piala tersebut berlapis emas 24 karat.

Piala Oscar sendiri memiliki spesifikasi tinggi sepanjang 13,5 inci atau setara dengan 34,29 cm dan memiliki berat sebesar 4 kg.

2. Piala Oscar terbuat dari plester

1940_view_specialaward-garlandSumber: Oscars.org

Bukan piala Oscar saat ini yang terbuat dari plester, tetapi saat Academy Awards yang dilangsungkan pada masa Perang Dunia II (1939-1945).

Selama Perang Dunia II, terjadi kekurangan logam yang sejatinya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan piala Oscar. Makanya ketika itu, piala Oscar dibuat dari campuran semen, besi, dan kapur alias plester yang kemudian diwarnai.

Namun setelah perang berakhir, para pemenang penghargaan yang sempat memeroleh piala Oscar berbahan dasar plester itu pun menukarnya dengan piala yang dilapisi emas.

3. Mengapa bernama Piala Oscar?

margaret-herrickSumber: Oscars.org

Sebenarnya, piala yang diberikan kepada para pemenang Academy Awards bernama resmi Academy Award of Merit. Namun, memang piala tersebut lebih terkenal dengan sebutan piala Oscar.

Menurut cerita yang banyak beredar, sebutan piala Oscar dicetuskan oleh Margaret Herrick yang merupakan seorang pustakawan Academy Awards.

Katanya, Margaret Herrick pernah menyebutkan bahwa rupa piala berlapis emas tersebut mirip dengan pamannya yang bernama ‘Oscar’. Sejak saat itulah, sebutan ‘Oscar’ pun melekat pada piala tersebut.

4. Hanya berlangsung 15 menit

oscars-1929Sumber: Oscars.org

Academy Awards pertama kali diselenggarakan pada tanggal 16 Mei 1929. Pada perhelatan pertamanya itulah durasi acara hanya berlangsung selama 15 menit.

Oleh karena itu, Academy Awards 1929 memecahkan rekor sebagai seremoni penghargaan Oscar dengan durasi tercepat. Di sepanjang 15 menit itu pula, terdapat 12 kategori yang masuk nominasi.

5. Walt Disney paling banyak menang

walt-disney-oscar-honorificoSumber: Libertaddigital.com

Dalam sejarah perhelatan Academy Awards dari tahun 1929 sampai 2018, Walt Disney menjadi pemenang penghargaan terbanyak dalam kelompok perseorangan.

Walt Disney tercatat mendapatkan kesempatan untuk masuk nominasi sebanyak 59 kali. Dari jumlah tersebut, Walt Disney berhasil menang 26 kali yang mana terdiri dari 22 piala Oscar dan empat penghargaan kehormatan (Academy Honorary Award).

6. Film peraih piala Oscar terbanyak

the-lord-of-the-rings-the-return-of-the-kingSumber: Vanityfair.com

Sudah banyak film-film besar yang memenangkan penghargaan Academy Awards. Tiga di antaranya ternyata menempati posisi seri yang berhasil membawa pulang 11 piala Oscar, yaitu Ben Hur (1959), Titanic (1997), dan The Lord of the Rings: The Return of the King (2003).

Khusus untuk The Lord of the Rings: The Return of the King, kesebelas piala Oscar diraih sekaligus dalam sekali perhelatan, yaitu pada Academy Awards yang ke-76.

7. Academy Awards tanpa pembawa acara

oscars-91-academy-awards-2019Sumber: Jateng.tribunnews.com

Dalam Academy Awards, pembawa acara memiliki tugas utama untuk menyampaikan monolog sebagai pembuka acara. Sebelumnya, Jimmy Kimmel dipercayai sebagai pembawa acara Academy Awards pada tahun 2017 dan 2018 lalu.

Namun, sebagaimana dikutip dari BBC, Academy Awards di tahun 2019 ini tidak menyertakan pembawa acara. Hal tersebut terjadi untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir.

Dikatakan oleh pemimpin ABC Entertainment yang mana nantinya akan menayangkan Academy Awards ke-91 bahwa acara tahun ini akan lebih menyoroti para selebriti yang mengumumkan para pemenang.


Sudah tidak sabar menunggu Academy Awards? Menurut kamu sendiri, siapa saja yang akan membawa piala Oscar di tahun 2019 ini?

Untuk daftar lengkap nominasi Oscar 2019 bisa kamu lihat di sini.


Sumber header foto: Istimewa