Mengenal Lebih Dekat Citra Marina Lewat 7 Fakta Ini

Mengenal Lebih Dekat Citra Marina Lewat 7 Fakta Ini

. 3 min read

Hai Grameds, siapa yang sudah membaca buku ilustrasi The stories of Choo Choo? Bagi yang sudah lalu kepo dengan sang kreator mahakarya tersebut, kali ini Gramedia.com akan mengulas seputar profil penulisnya.

Berikut adalah 7 fakta yang akan membuatmu mengenal lebih dekat Citra Marina, si cantik pembuat karakter Choo Choo.

1. Sering dikira ‘bule’

Jika melihat foto-fotonya dari sosial media, Citra memang memiliki paras yang cantik serta memiliki unsur wajah campuran luar negeri. Alhasil wajah Marina jadi agak bule-bule blasteran gitu.

Ditambah lagi buku yang dibuatnya full berbahasa Inggris. Tak heran banyak Grameds mengira ilustrator dari buku The stories of Choo Choo ini berasal dari luar negeri. Padahal sang ilustrator adalah warga pribumi lho!

2. Mahasiswi Teknik multitalenta

Sebelum hijrah ke Jakarta, Citra Marina pernah menetap di Bandung untuk kuliah. Yap, Citra merupakan mahasiswi Bandung tepatnya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebelum dikenal sebagai ilustrator dan memiliki buku, Citra bekerja sebagai Global Brand Manager di salah satu perusahaan ternama yaitu, Unilever.

Dalam perjalanan karirnya, Citra mengikuti passion-nya di bidang seni, hingga akhirnya kini dikenal sebagai seorang ilustrator. Citra memang memiliki gelar Sarjana Teknik, tapi hati dan passion Citra ada pada seni.

3. Inspirasi di kereta

Pindahnya lokasi perusahaan tempat Citra bekerja dari Jakarta ke BSD, membuat Citra rutin menggunakan transportasi publik Commuter Line. Ia menghabiskan empat jam di Commuter Line setiap harinya untuk sampai ke kantornya.

Citra kemudian memanfaatkan waktu perjalanan yang tidak singkat itu dengan membuat gambar ilustrasi Choo Choo. Yup, karakter rubah blasteran anjing tersebut lahir dari imajinasinya saat menempuh perjalanan ke kantor.

Dalam satu hari Citra dapat menghabiskan setengah buku sketchbook. Dari awal menggambar sampai buku Choo Choo terbit, Citra telah menghabiskan 15 buku sketchbook, yang berisikan imajinasi-imajinasinya.

4. Visioner tentang tokoh Choo Choo

Sebelum menjadi buku, karakter Choo Choo ini telah dibuatkan instagram sendiri oleh Citra lho. Bagi yang ngefans sama Choo Choo bisa langsung di-follow @real_choochoo.

Siapa sangka berawal dari sekedar akun media sosial, kini Choo Choo sukses hadir dalam bentuk buku ilustrasi.

Hingga kini Choo-choo telah memiliki 15,9k followers. Angka ini mengalahkan jumlah followers akun pribadi Citra sendiri, @marinaesque yang hanya memiliki 9000 followers.

5. Pecinta warna biru

Citra memiliki kecintaan dan obsesi dengan warna biru. Jika kamu melihat karya-karya ilustrasi Citra lainnya di instagram pribadinya, Grameds bisa melihat kalau sebagian besar karya Citra dibuat menggunakan cat berwarna biru.

Hmm… so tidak heran ya Grameds, buku Choo Choo juga memiliki warna dominan biru.

6. Content marketing

Selain karena isinya yang unik, menghibur, dan relatable dengan dunia nyata, buku ini terkenal dan menjadi best seller sampai sekarang, berkat strategi content marketing yang dilancarkan Citra.

Pekerjaan dan kemampuan Citra sebagai Global Brand Manager memang tak dapat dipungkiri sangat membantunya dalam melakukan promosi dan penjualan buku perdananya ini.

7. Nyambi jadi entrepreneur

Hobi Citra dalam bidang seni melukis ini ternyata tidak disalurkan dalam bentuk buku saja lho. Karena ternyata Citra juga memiliki bisnis desain syal bernama Moin Moin.

Desain dan ilustrasi syal yang dijual oleh Citra tersebut sangat menarik, karena gambar-gambar yang ada pada syal tersebut merupakan hasil karya dari Citra sendiri. Tidak perlu dipertanyakan lagi keindahannya!


Karya dan pencapaian Citra memang sangat menakjubkan. Bagi kamu yang menyukai dunia seni dan ingin melihat karya-karya Citra lainnya, kalian bisa juga mampir ke galeri karya online-nya ya.

Kalau buat yang penasaran dengan hasil karya Citra di Commuter Line yang dijadikan buku bisa langsung beli buku Choo Choo di Gramedia.com!

CHOO