5 Fakta Dee Lestari yang Wajib Kamu Tahu

5 Fakta Dee Lestari yang Wajib Kamu Tahu

. 3 min read

Pelantun lagu Malaikat Juga Tahu sekaligus penulis ternama Indonesia, Dee Lestari sedang berulang tahun lho di bulan Januari, tepatnya di tanggal 20 ini.

Meskipun sudah baca bukunya, rasanya kurang lengkap jika belum mengulik lebih dalam fakta di balik suksesnya karya-karya Dee Lestari. Penasaran kan?

Ini dia 5 fakta dari penulis ternama, Dee Lestari.

1. Mengawali karir dari penyanyi

DEELESTARI
Sumber: Buku Otobiografi

Dee Lestari merupakan seorang wanita multitalenta, selain pandai menulis, siapa sangka jika ternyata Dee mengawali karirnya dengan menjadi backing vocal mendiang Chrisye.

Ia pun sempat bergabung dengan vocal group Rida, Sita, Dewi sebelum akhirnya memilih untuk bersolo karir.

Satu hal lagi yang perlu kalian tahu, Dee ternyata adalah kakak dari Arina, vokalis groun band Mocca. Mereka pun sempat berkolaborasi untuk album buku Rectoverso.

2. Supernova rampung setelah 15 tahun

DEELESTARI

Novel 6 seri Supernova, merupakan novel pertama dari Dee Lestari yang sukses membuat semua orang jatuh cinta. Terbit pada 2001, seri Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh menjadi best seller dengan 12 ribu eksemplar dalam 35 hari.

Namun siapa sangka, meski banyak mencuri hati para pembacanya ternyata judul seri terakhir Supernova: Intelegensi Embun Pagi telah dibuat sejak ia menulis seri pertamanya.

Buku keenamnya baru terbit 15 tahun kemudian, tepatnya pada 2016. Waktu yang sangat lama bukan? Meski begitu, para penggemarnya begitu setia menunggu hingga saatnya tiba, seri terakhir dari Supernova pun kembali menjadi best seller.

DEELESTARI

3. Batcave ala Dee

Setiap penulis pasti punya tempat favorit untuk mencurahkan kata-katanya. Dee Lestari pun demikian, dan tempat ini ia sebut dengan batcave. Batcave bagi Dee bisa jadi di mana pun.

Ia bahkan pernah berceloteh di Instagramnya bahwa selama beberapa minggu, ia memilih untuk menjadi mobile batcave karena tidak jarang ia menulis di cafe ataupun salon.

4. Terinspirasi dari pengalaman pribadi

Sumber: Voler Lanterne

Di usianya yang akan menginjak 43 tahun, Dee telah menuai banyak sekali penghargaan dari novel-novelnya. Beberapa di antaranya bahkan diangkat ke layar lebar yang salah satunya adalah Rectoverso.

Rectoverso merupakan kumpulan 11 cerita pendek yang satu di antaranya merupakan kisah personal dari seorang Dee.

Dengan judul Grow a Day Older, Dee mengisahkan tentang bagaimana ia dan suaminya bertemu. Sudah baca Rectoverso?

5. Menculik nama anak pertamanya

DEELESTARI

Tidak mau kalah dengan novelnya, film adaptasi novel Dee pun selalu mendapat antusiasme yang luar biasa dari para penikmat film. Keberhasilannya ini seolah membuktikan jika Dee mampu menghibur banyak orang baik melalui buku ataupun film.

Hal ini juga dibuktikan dalam film Perahu Kertas yang diadaptasi dari novel berjudul sama. Dalam film ini, Adipati Dolken menjadi tokoh utama dengan nama peran, Keenan. Dan ternyata, pemberian nama Keenan ini terinspirasi dari nama anak pertama Dee Lestari.


Itu dia beberapa fakta dari Dee Lestari yang mungkin belum kamu ketahui. Kira-kira, buku Dee mana yang belum kamu baca? Jangan lupa untuk check out bukunya di Gramedia.com, ya!


Sumber header foto: TribunStyle.com