7 Fakta Menarik Serial Adaptasi Novel 'Normal People'

7 Fakta Menarik Serial Adaptasi Novel 'Normal People'

. 4 min read

Sally Rooney saat ini sedang menjadi buah bibir berkat novelnya, Normal People, yang pernah masuk dalam daftar nominasi Man Booker Prize 2018.

Bercerita tentang kisah cinta yang rumit sepasang muda-mudi bernama Connell dan Marianne.

Keduanya menganggap bahwa hubungan mereka istimewa. Tetapi di lain sisi, mereka juga tidak mengharapkan adanya jalinan yang lebih dari teman. Apa sih sebenarnya yang mereka inginkan?

Kepopuleran Normal People membuat novel ini diadaptasi menjadi series di layanan streaming berbayar, Hulu, yang rilis pada April 2020 lalu.

Saking kerennya, serial adaptasi ini banyak diperbincangkan, lho. Sekeren apa sih memang? Simak dulu fakta-fakta serial Normal People di bawah ini!

1. Paul Mescal, penggemar berat novel Normal People

fakta
IMDB.com

Dilansir dari Entertainment Weekly, aktor pemeran serial ini, Paul Mescal, kabarnya menamatkan novel Normal People hanya dalam waktu dua hari saja, lho!

Bahkan saking ngefans dengan novelnya, Mescal pun sempat merasa tegang saat pertama kali bertemu dengan sang penulis, Sally Rooney.

Nggak cuma Mescal aja, ternyata hampir seluruh kru serial ini adalah penggemar berat novelnya. Terbukti, ketika Rooney tiba di lokasi syuting, para kru dan pemain pun berjejer mengantre hanya untuk menemuinya.

Wah.. wah.. seru banget, ya!

2. Daisy Edgar-Jones adalah pilihan terakhir pemeran Marianne

fakta
IMDB.com

Jika kamu sudah selesai binge-watching serial ini, kamu mungkin tidak bisa membayangkan Normal People tanpa kehadiran Daisy Edgar-Jones sebagai pemeran Marianne Sheridan.

Berbeda dengan peran Connell yang diberikan kepada Paul Mescal sejak awal, keadaan ini berbanding terbalik dengan Daisy.

Well, dikutip dari wawancaranya dengan BBC, aktris asal London, Inggris ini menyatakan bahwa ia merupakan aktris terakhir yang terpilih memerankan Marianne.

Daisy pun merasa kaget karena hingga beberapa bulan sebelum syuting dimulai, ia baru mendapat kabar dari pihak studio bahwa ia terpilih memerankan karakter Marianne.

3. Paul Mescal selalu membawa novel Normal People di dekatnya

fakta
IMDB.com

Faktanya, Paul Mescal selalu membawa novel Normal People ke mana pun ia pergi, khususnya saat syuting.

Hal ini ia lakukan, agar mudah membacanya berulang-ulang, untuk memastikan bahwa ia memerankan Connell dengan tepat, dan semakin menjiwainya.

4. Sally Rooney membuatkan playlist khusus untuk para pemain

fakta
IMDB.com

Untuk menunjukkan hubungan yang mendalam di antara pemain dan karakter yang ia ciptakan, sang penulis rela repot-repot membuatkan playlist musik khusus untuk setiap karakter, agar mudah mendalami karakter yang mereka perankan.

Sebelum syuting dimulai, Rooney membagikan playlist ini dengan sang aktor utama, Paul Mescal dan Daisy Edgar-Jones demi membantu mereka mewujudkan persona mereka.

Playlist lagu yang ia buat bermacam-macam, mulai lagu-lagu dari Joy Division, Bombay Bicycle Club, dan satu lagu yang sangat cocok yaitu So Long Marianne dari Leonard Cohen.


Baca juga: 12 Tahun Tertunda, Prekuel Twilight Akhirnya Rilis Agustus Nanti!


5. Dimanjakan dengan pemandangan indah di Irlandia

fakta
media.image.ie

Karena sebagian besar lokasi syuting serial ini berada di Irlandia, kamu dapat melihat landmark penting yang tak terhitung jumlahnya di hampir seluruh adegan.

Mulai dari Trinity College, tempat mereka menuntut ilmu, Galeri Hugh Lane, hingga Pantai Streedagh. Dijamin akan memanjakan mata dan menimbulkan hasrat ingin jalan-jalan ke Irlandia!

6. Kepribadian Paul Mescal ternyata tidak jauh berbeda dengan Connell

fakta
media.popsugar.com

Jika kamu bertanya-tanya, mengapa akting dari Paul Mescal ini keren, dan mampu menjiwai peran sebagai Connell dengan begitu mulus, itu dikarenakan kehidupan nyata dari sang aktor sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ia perankan.

Layaknya Connell, ia juga menghabiskan masa sekolahnya dengan bermain sepak bola di pedalaman Irlandia, sebelum pindah ke Dublin untuk melanjutkan kuliah. Benar-benar pilhan casting yang tepat!

7. Paul dan Daisy merasa frustrasi dengan karakter yang diperankan

fakta
IMDB.com

Bagi yang sudah menonton serial ini dan juga membaca novelnya, di saat tertentu kamu mungkin gregetan dan kesal dengan Connell dan Marianne. Hubungan mereka ini mau dibawa ke mana sih sebenarnya?

Tenang, bukan kamu saja kok yang gregetan, ternyata Paul dan Daisy pun merasakan hal serupa.

Daisy mengatakan bahwa mereka berdua sangat frustrasi, dengan hambatan komunikasi antara karakter yang mereka perankan.

Ia pun berharap mereka bisa membicarakan masalah hubungan yang telah terjalin satu sama lain.


Baca juga: 5 Fakta The Ballad of Songbirds and Snakes, Novel Terbaru Prekuel The Hunger Games


Sudah tahu kan, fakta-fakta seru di balik serial Normal People?

Nah, sebelum memutuskan untuk menonton, tak ada salahnya bagimu untuk membaca versi novelnya agar makin menghayati dan ikut gregetan saat menonton serialnya!

Temukan novel Normal People karya Sally Rooney, hanya di Gramedia.com. Yuk tunggu apa lagi, banyak promo sudah menanti!

fakta
Beli bukunya di sini


Photo header from IMDB.com