5 Fakta Menarik Death on the Nile, Film Adaptasi Novel Agatha Christie

5 Fakta Menarik Death on the Nile, Film Adaptasi Novel Agatha Christie

. 4 min read

Sudah siap berlayar dan bertualang ke Mesir bersama Hercule Poirot dalam Death on the Nile?

Death on the Nile merupakan lanjutan dari film yang juga merupakan adaptasi novel karya Agatha Christie, yaitu Murder on the Orient Express yang dirilis tahun 2017 lalu.

Dilansir dari 20th Century Studios, film besutan Kenneth Branagh ini rencananya akan tayang pada 23 Oktober 2020.

Sebelum Death on the Nile tayang, ketahui dulu fakta-fakta menarik mengenai film ini, yuk!

1. Adaptasi novel detektif klasik karya Agatha Christie

fakta
sumber: Popperfoto/Getty Images

Agatha Christie dikenal sebagai ratu novel kriminal yang tersohor. Ia telah menulis 66 novel detektif dan 14 kumpulan cerita pendek.

Banyak sekali kisah Hercule Poirot yang telah ditulis oleh Agatha Christie, namun Murder on the Orient Express dan Death on the Nile terbukti menjadi yang paling populer.

Hal ini membuat 20th Century Studios tertarik untuk mengangkat dua judulnya ke layar lebar.

Death on the Nile pertama kali diterbitkan di Inggris oleh Collins Crime Club pada 1 November 1937, setahun kemudian diterbitkan di Amerika Serikat oleh Dodd, Mead and Company.

2. Dibintangi aktor dan aktris ternama

fakta
sumber: IMDB.com

Murder on the Orient Express sempat menjadi pusat perhatian berkat jajaran aktor dan aktris ternama yang memerankanya. Sebut saja Judi Dench, Penelope Cruz, Johnny Depp, Willem Dafoe, dan Daisy Ridley.

Death on the Nile rupanya juga melakukan ‘resep’ serupa, lihat saja jajaran pemainnya, seperti Gal Gadot, Armie Hammer, bintang Bollywood Ali Fazal, dan Annette Benning.

Ada juga Sophie Okonedo, Jennifer Saunders, Dawn French, dan bintang film Black Panther, Letitia Wright.

Tak ketinggalan, Emma Mackey dari serial Netflix Sex Education, bintang Game of Thrones, Rose Leslie, Russell Brand, dan Tom Bateman, yang melanjutkan perannya sebagai teman Poirot, Bouc dari film pertama.

Dengan nama-nama beken di atas, jadi makin penasaran bukan seperti apa keseruan filmnya nanti!


Baca juga: 4 Fakta Enola Holmes, Kisah Adik Sherlock Holmes


3. Pernah diadaptasi ke film pada tahun 1978

fakta
sumber: IMDB.com

Telah banyak karya-karya dari Agatha Christie yang telah difilmkan atau dibuat serial televisinya, salah satunya Death on the Nile, yang ternyata juga sudah pernah diadaptasi ke film pada tahun 1978.

Film versi tahun 1978 dibintangi oleh Peter Ustinov sebagai Hercule Poirot, lalu ada Bette Davis, Jane Birkin, Lois Chiles, dan Mia Farrow.

4. Sang sutradara, Kenneth Branagh, juga berperan dalam film sebagai Hercule Poirot

fakta
sumber: IMDB.com

Ia dikenal sebagai sutradara serta aktor ternama. Sebagai sutradara, ia pernah menyutradarai film Thor, Cinderella, Jack Ryan: Shadow Recruit, dan Artemis Fowl.

Dalam film sebelumnya yaitu Murder on the Orient Express, ia juga berperan sebagai sutradara dan aktor juga, lho!

Sebagai aktor, ia pernah bermain dalam film Dunkirk, Jack Ryan: Shadow Recruit, dan juga dalam film Harry Potter and the Chamber of Secrets sebagai Gilderoy Lockhart.

Hayo, masih ingat nggak perannya yang ini, Grameds?

5. Mundur setahun dari jadwal penayangan semula

fakta
sumber: IMDB.com

Awalnya, film ini direncanakan rilis pada 20 Desember 2019, sebagai penantang Star Wars: The Rise of Skywalker.

Tetapi, setelah adanya akuisisi Disney atas aset film dan televisi Fox Studios, film tersebut diundur ke 9 Oktober 2020, untuk menghindari bentrok dengan proyek lain dari studio barunya, dan akhirnya diputuskan tayang pada 23 Oktober 2020.

Belum ada kabar apakah film ini akan dirilis dalam kanal streaming seperti film Disney, Mulan, mengingat pandemi korona yang saat ini sedang melanda.

fakta
sumber: IMDB.com

Death on the Nile menceritakan sang detektif Hercule Poirot, yang sedang menikmati liburannya di Mesir.

Saat ia tengah menikmati pelayaran kapal pesiar mewah di Sungai Nil, tiba-tiba Linnet Doyle, seorang pewaris kaya raya, terbunuh setelah ia bertengkar dengan temannya, Jacqueline de Bellefort, tepat setelah menikahi mantan tunangannya, Simon Doyle.

Kali ini, ia harus menyelesaikan kasus pembunuhan, serta terlibat pada masalah cinta segitiga kaum sosialita yang kacau balau.

Berhasilkah Hercule Poirot memecahkan kasus ini?


Baca juga: 7 Novel Misteri Terlaris Agatha Christie


Dilansir dari Screen Rant, Kenneth Branagh tertarik untuk mengembangkan cinematic universe baru, yang terinspirasi oleh kisah Hercule Poirot karya Agatha Christie lainnya.

Selain itu, dilansir dari Den of Geek, sebagai sutradara ia juga menjanjikan Death on the Nile sebagai film yang 'gelap dan seksi'.

Wah, makin nggak sabar ya melihat petualangan terbaru sang detektif di layar lebar!

Agar sensasi menonton filmnya makin nikmat, tak ada salahnya untuk baca novelnya dulu, ya kan?

Tenang, di Gramedia.com dan Gramedia Digital, tersedia banyak sekali koleksi-koleksi Agatha Christie seperti Death on the Nile, dan judul lainnya!

fakta
Beli bukunya di sini


Photo header by: Medium