Fakta Menarik Buku Perikardia karya dr. Gia Pratama

Fakta Menarik Buku Perikardia karya dr. Gia Pratama

. 2 min read

Buku #BerhentidiKamu yang diterbitkan pada 3 Desember 2018 telah laris diburu penggemarnya. Bahkan, buku ini dikabarkan berhasil cetak ulang setelah 63 jam rilis.

Dr. Gia Pratama, seorang dokter muda yang juga gemar membagikan pengalamannya lewat tulisan dalam sebuah buku berjudul Perikardia.

Buku ini mendapat respon positif dan kabarnya akan diangkat ke layar lebar pada 2020. Jika buku pertama lebih menitikberatkan pada petualangan dr. Gia mengejar cinta, buku keduanya yang berjudul Perikardia mengangkat cerita yang baru.

Penasaran seperti apa buku keduanya? Berikut fakta-fakta menarik terkait buku tersebut.

1. Judul dari istilah kedokteran

Pada sampul bukunya, Perikardia disertai tulisan perjalanan indah untuk dikenang, ribet untuk diulang. Jika orang awam membacanya, mungkin saja akan mengira judul ini hanya singkatan dari tulisan tersebut.

Faktanya, perikardia diambil dari kata perikardium yang artinya jaringan berupa kantong atau saku yang membungkus atau mengelilingi jantung.

2. Diambil dari kisah nyata

Cerita dalam buku ini diambil dari pengalaman pribadi dr. Gia ketika menjadi mahasiswa kedokteran. Salah satunya ketika ia menjalani masa koasnya sebelum menjadi dokter.

Berbagai pengalamannya inilah yang kemudian ia sampaikan menjadi pesan untuk para pembaca. Penasaran apa pesannya?

3. Menitikberatkan keseharian koas

Setelah buku pertamanya diterbitkan, dr. Gia merasa masih banyak kisah menarik khususnya seluk beluknya di dunia kedokteran yang perlu untuk dibagikan.

Buku ini merangkum berbagai pengalaman dr. Gia mulai dari proses koas yang rumit, percintaan pada saat bertugas stase, dan pengalaman yang tak sempat dibagikan di buku pertama.

4. Masih dibumbui kisah percintaan

Meskipun lebih menitikberatkan pada pengalaman dr. Gia dalam menjalani proses koas, buku ini juga mengangkat kisah percintaan. Saat masa koas, dr. Gia sempat jatuh hati kepada seorang gadis yang ternyata ditugaskan bersama dirinya.

Dr. Gia merasa senang karena masa koasnya ditemani oleh gadis pujaan hatinya. Namun, ternyata gadis ini menyimpan rahasia yang membuat dr. Gia kecewa. Hmm, apa ya kira-kira rahasianya?

5. Pengalaman otopsi mayat yang ngeri-ngeri sedap

Mahasiswa kedokteran mungkin sudah tak asing untuk mengotopsi mayat. Namun, pengalaman ini bisa saja mengerikan bagi yang mahasiswa yang baru pertama kali dan belum terbiasa.

Pada masa koasnya, dr. Gia diharuskan menemani dokter forensik seniornya untuk mengotopsi mayat yang meninggal karena perampokan.

6. Semakin tegang dengan adanya kisah mistis

Sebagai dokter, dr. Gia tidak percaya dengan adanya hantu. Akan tetapi, ia sempat mengalami pengalaman mistis ketika bertugas sebagai mahasiswa koas.

Di Perikardia, ia menjelaskan secara lebih lengkap semua pengalamannya tak terkecuali kisah mistis di dalamnya.

Perikardia
Perikardia karya dr. Gia Pratama

Sudah tak sabar membaca buku terbaru dr. Gia berjudul Perikardia? Yuk, ikutan pre-order-nya mulai dari tanggal 1-8 Desember 2019 di Gramedia.com. Siap-siap, jangan sampai tidak kebagian bukunya!


Sumber gambar header: Klikdokter.com