4 Fakta Enola Holmes, Kisah Adik Sherlock Holmes

4 Fakta Enola Holmes, Kisah Adik Sherlock Holmes

. 3 min read

Siapa fans dari Millie Bobby Brown di sini?

Setelah sukses memerankan Eleven di Stranger Things, kini ia kembali mewarnai Netflix sebagai Enola Holmes, adik perempuan dari karakter detektif fiktif ternama, Sherlock Holmes.

Seperti yang dilansir dari Netflix Media, cerita dari film Enola Holmes berdasarkan pada seri novel Enola Holmes Mysteries yang ditulis oleh Nancy Springer. Kisahnya mengadaptasi cerita karakter ikonik Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle.

Sebelum tayang, ketahui dulu fakta-fakta menarik mengenai film Enola Holmes ini, yuk!

1. Bertabur bintang

fakta
Kincir.com

Selain Millie Bobby Brown, tak ketinggalan sang pemeran Superman yaitu Henry Cavill sebagai Sherlock Holmes, dan Sam Claflin (The Hunger Games, Me Before You) sebagai Mycroft Holmes.

Ada juga Helena Bonham Carter (seri Harry Potter, The Crown, The King’s Speech) sebagai Eudoria Holmes, ibu dari ketiga Holmes bersaudara ini.

Jajaran tim kreatif juga tak kalah mentereng. Sebut saja sutradara Harry Bradbeer (Fleabag, Killing Eve), yang merupakan pemenang Emmy, BAFTA, dan Golden Globe Awards.

Serta penulis naskah pemenang BAFTA dan Tony Award yaitu Jack Thorne (Harry Potter and the Cursed Child, The Aeronauts)

2. Berlatar belakang era klasik Victoria Inggris

fakta
IMDB.com

Tidak seperti cerita adaptasi lain seperti Sherlock (BBC) dan Elementary (CBS) yang mengambil cerita versi modern, Enola Holmes tetap berpegang pada periode waktu cerita tradisional Sherlock Holmes, yaitu pada akhir abad ke-19, atau pada era Victoria.


Baca juga: 7 Fakta Menarik Serial Adaptasi Novel 'Normal People'


3. Bukan karakter ciptaan Sir Arthur Conan Doyle

fakta
IMDB.com

Dalam banyak novel dan cerita pendek yang Sir Arthur Conan Doyle ciptakan, sang detektif Sherlock Holmes diketahui hanya memiliki satu saudara kandung saja dalam ceritanya, yaitu Mycroft Holmes.

Karakter Enola Holmes sendiri diciptakan oleh Nancy Springer, yang muncul pertama kali pada tahun 2006 lewat novel berjudul The Case of the Missing Marquess.

Jika kamu mengikuti series Sherlock (BBC), pasti familiar dengan Eurus Holmes, diceritakan sebagai adik Sherlock dan Mycroft yang sangat merepotkan mereka. Karakter ini juga bukan merupakan karakter original dari novel.

4. Diangkat dari novel pertamanya, The Case of the Missing Marquess

fakta
IMDB.com

The Case of the Missing Marquess adalah novel yang menjadi dasar cerita dari film ini, yang juga sebagai novel pembuka seri Enola Holmes Mysteries, yang rilis pada tahun 2006.

Total, seri ini memiliki enam buku. Buku lainnya yaitu The Case of the Left-Handed Lady, The Case of the Bizarre Bouquets, The Case of the Peculiar Pink Fan, The Case of the Cryptic Crinoline, dan The Case of the Gypsy Goodbye.

Kerennya lagi, buku pertama dan kelima berhasil masuk sebagai nominasi Edgar Awards pada 2007 dan 2010.


Film ini berfokus pada sosok Enola Holmes, kisah dimulai ketika ibunya menghilang secara misterius pada hari ulang tahunnya yang ke-16.

Enola meminta bantuan dari kakak-kakaknya. Namun, mereka tidak tertarik untuk memecahkan kasus itu dan lebih berfokus mengirimnya ke sekolah.

Ia pun melarikan diri ke London untuk mencari ibunya. Dalam perjalanannya, Enola justru terjebak di tengah konspirasi yang dapat mengubah arah sejarah politik Inggris.


Baca juga: 10 Film & Series Netflix Terbaru Adaptasi Buku Best Seller


Kehadiran film Enola Holmes merupakan angin segar bagi penikmat cerita keluarga detektif ini. Cerita baru, petualangan baru.

Ditambah jajaran pemain dan tim kreatif bintang lima di baliknya. Makin tak sabar ya untuk menonton film ini!

Sabar sejenak, penantianmu akan terbayar segera, karena Enola Holmes akan rilis pada bulan September 2020 nanti. Sebelum nonton filmnya, lebih asik lagi kalau kamu baca novelnya dulu.

Tenang, novel karya Nancy Springer yang berjudul An Enola Holmes Mystery: The Case of the Missing Marquess kini tersedia di Gramedia.com, lho!

fakta
Beli bukunya sekarang


Photo header by: IMDB.com