6 Fakta yang Mengiringi Larisnya Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

6 Fakta yang Mengiringi Larisnya Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

. 3 min read

Akhir-akhir ini beredar sebuah singkatan yang sering sekali dibicarakan dan menjadi buah bibir banyak orang, terutama para pecinta buku.

“Eh udah baca NKCTHI belum?”
NKCTHI dalem banget ya?”
“Akhirnya dapat juga buku NKCTHI!”

Kira-kira begitulah percakapan yang sering terdengar dan sedang viral di berbagai media sosial mulai dari facebook, twitter, instagram hingga di dunia nyata.

Bagi mereka yang tidak tahu asal usul dari NKCTHI atau Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini pasti merasa singkatan tersebut sulit untuk diucapkan. Namun siapa sangka buku NKCTHI yang baru saja terbit di bulan Oktober 2018 ini mendapat respon yang sangat positif. Bukunya pun berhasil ludes hanya dalam waktu yang singkat.

Di setiap karya hebat selalu ada cerita menarik di baliknya. Berlaku pula untuk buku NKCTHI ini.

Berikut 6 fakta di balik larisnya buku NKCTHI yang mungkin akan membuat kamu mengangguk-angguk ataupun tercengang.

1. Dari Penulis GENERASI 90’an

Masih ingat buku Generasi 90’an? Buku nostalgia yang sukses menjadi best seller dan memiliki 2 edisi ini ternyata memiliki penulis yang sama lho dengan buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yaitu Marchella FP.

Wanita kelahiran tahun 90 ini memang hobi menulis. Dirinya juga merupakan mahasiswi lulusan desain, tidak heran di setiap buku-bukunya selalu dihiasi dengan ilustrasi-ilustrasi yang memanjakan mata.

NKCTHI-1Source: Thecrafters.co

2. Dibuat selama 2 tahun

Buku NKCTHI berawal dari niat Marchella untuk menerbitkan buku dengan tema berbeda dari buku generasi 90’an. Ia mengaku kesulitan dalam mendapatkan inspirasi dan ide untuk buku selanjutnya. Akhirnya setelah melalui riset mendalam selama dua tahun, terbitlah buku NKCTHI ini.

Berbeda dengan Generasi 90’an, NKCTHI termasuk novel flash fiction yang dibuat berdasarkan kumpulan pengalaman banyak orang.

Tokoh dalam novel ini adalah seorang Ibu bernama Awan. Secara garis besar, novel ini menceritakan Awan, seorang ibu yang ingin menyampaikan pesan kepada anak dan cucunya di masa depan dengan membuat sebuah surat.

Setiap halamannya dituliskan secara mendalam dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga tak heran cerita dalam novel NKCTHI ini sangat ‘mengena’ dalam kehidupan.

3. Berawal dari instagram

Tahukah kamu, sebelum buku NKCTHI terbit ternyata Marchella sudah membuat akun instagramnya terlebih dahulu. Akun instagram yang diberi nama @nkcthi ini sudah ada sejak Febuari 2018.

Instagram ini berisi post gambar ilustrasi dan quote-quote tentang kehidupan. Nantinya post gambar yang telah di-upload di instagram tersebut akan menjadi bagian dari buku NKCTHI.

Tak jarang pula akun @nkcthi ini membuat pertanyaan di IG Story tentang masalah kehidupan sehari-hari. Bisa dibilang akun ini merupakan akun buka-bukaan dan tempat curhat segala umat.

Hingga sekarang akun @nkcthi telah mencapai lebih dari 400k followers. Angka ini bahkan mampu mengalahkan followers penulisnya sendiri!

4. Pre-order laris manis

Popularitas NKCTHI memang telah meroket, bahkan sebelum bukunya terbit. Tidak heran, saat masa pre-order dibuka, buku ini langsung ludes hanya dalam hitungan menit.

Pre-order pertama terjual sebanyak 500 eksemplar hanya dalam waktu 2 menit. Disusul dengan pre-order kedua sebanyak 4 ribu eksemplar dalam waktu 7 menit. Selanjutnya pre-order ketiga sebanyak seribu eksemplar yang terjual ludes hanya dalam waktu semalam saja. Wow!

5. Cetakan keenam

Penjualan perdana buku fisik NKCTHI dimulai pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018. Senada pre-order bukunya, buku karya Marchella FP ini berhasil sold out dalam waktu singkat. Kabarnya, hanya butuh waktu 1 jam saja, buku NKCTHI sebanyak 2 ribu eksemplar ludes terjual.

Hingga artikel ini dibuat, total rekapitulasi penjualan se-Pulau Jawa juga menunjukkan angka mencengangkan yaitu lebih dari 5 ribu eksemplar sold out hanya dalam waktu sehari. Hingga sekarang buku NKCHTI telah memasuki cetakan keenam!

6. Playlist di Spotify

Untuk semakin membangun mood pembaca saat membaca buku NKCHTI, Marchella FP secara khusus dan spesial membuat sebuah playlist di Spotify dengan judul, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Marchella merekomendasikan para pembaca untuk membaca buku NKCHTI sembari mendengarkan lagu-lagu di playlist yang telah ia buat. Dalam playlist-nya tersebut Marchella telah memilihkan lagu-lagu yang dapat membangun emosi para pembacanya.

Tak sedikit dari para pembaca NKCTHI yang meneteskan air mata saat mendengar sekaligus membaca buku NKCHTI.

Tidak percaya? Mungkin kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Jangan lupa siapkan tisu ya, Grameds!


Sungguh menarik ya karya Marchella yang satu ini! Bagi kalian yang penasaran bisa langsung cari dan pesan bukunya di Gramedia.com.

NKCTHI