5 Fakta di Balik Film Adaptasi Buku "Antologi Rasa"

5 Fakta di Balik Film Adaptasi Buku "Antologi Rasa"

. 3 min read

Film Antologi Rasa akan tayang bertepatan dengan perayaan Valentine's Day atau pada 14 Februari 2019 mendatang. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan akan dibintangi oleh Herjunot Ali, Carissa Perusset, dan Refal Hady.

Film yang diproduksi oleh Soraya Intercine Films ini, merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul sama Karya Ika Natassa. Novel ini termasuk salah satu buku yang masuk deretan best seller lho, Grameds. Bercerita tentang kisah empat sahabat bernama Harris, Keara, Ruly, dan Denise yang terlibat cinta segitiga.

Nah, sebelum menyaksikan filmnya, cari tahu dulu yuk fun and fact di balik pembuatan film ini. Berikut 5 fakta yang sudah Gramedia.com rangkum untuk kalian.

1. Novel kedua yang diangkat ke layar lebar

ANTOLOGI
Sumber foto: Ika Natassa Instagram

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, bahwa film ini adalah adaptasi dari novel Ika Natassa. Tapi tahukah kalian, jika Antologi rasa adalah novel kedua Ika Natassa yang diadaptasi menjadi film.

Sebelumnya, novel Ika yang pertama diangkat ke layar lebar berjudul Critical Eleven. Selain dua novel tersebut, masih ada beberapa novel karya Ika yang kabarnya juga akan difilmkan, yaitu Twitvortiare, The Architecture of Love dan A Very Yuppy Wedding.

2. Sosok Refal Hady sudah menempel dengan karakter Harris

ANTOLOGI
Sumber foto: Refal Hady Instagram

Di film Antologi Rasa, salah satu tokohnya yang bernama Ruly akan diperankan oleh Refal Hady. Ruly merupakan love interest Keara.

Lucunya, Refal Hady sebelumnya juga sempat membintangi film Critical Eleven. Di film tersebut, Refal memerankan karakter Harris yang menjadi tokoh utama di film Antologi Rasa.

Kok bisa? Yap, jadi novel Critical Eleven dan Antologi Rasa memiliki irisan kisah, di mana Ale, tokoh utama di Critical Eleven, merupakan kakak dari Harris di Antologi Rasa. Sayangnya karakter Harris kali ini tak akan kembali diperankan oleh Refal Hady.

3. Kekecewaan pembaca pada pemeran tokoh utama

ANTOLOGI
Sumber foto: Herjunot Ali Instagram

Pembaca sangat antusias ketika tahu novel best seller Antologi Rasa akan difilmkan. Namun, rasa antusias itu sempat terusik saat aktor yang memerankan Harris terungkap. Tokoh Harris ternyata akan diperankan oleh Herjunot Ali.

Banyak yang berpendapat sosok kekasih Tatjana Saphira itu dianggap tidak cocok memerankan Harris yang digambarkan sebagai cowok playboy dan suka gonta-ganti cewek.

Ini bukan kali pertama Herjunot mendapat protes dari netizen karena memerankan tokoh dari film adaptasi novel. Sebelumnya Herjunot juga sempat diprotes kala memerankan tokoh Zafran di film 5CM, yang merupakan adaptasi dari novel karya Donny Dhirgantoro.

4. Debut film Carissa Perusset

ANTOLOGI
Sumber foto: Carissa Perusset Instagram

Tim produksi, termasuk sutradara, Rizal Mantovani mengaku sempat kesulitan menemukan pemeran yang pas untuk tokoh Keara. Hingga akhirnya mereka memilih Carissa Perusset, seorang model berdarah Swiss-Jawa, yang kebetulan mengikuti casting untuk film Antologi Rasa.

Terpilihnya aktris pendatang baru kelahiran 9 Februari 1998 ini juga sebagai tanda debutnya karir Carissa Perusset di dunia akting layar lebar. Carissa sendiri mengaku butuh waktu yang cukup lama untuk bisa masuk ke dalam tokoh Keara. Pasalnya, banyak perbedaan antara dirinya dan Keara, salah satu contohnya Keara digambarkan selalu memakai high heels, sementara Carissa tidak.

Tak heran jika Carissa kesulitan, bahkan kakinya sempat berdarah karena tuntutan memakai high heels saat syuting.

5. Bukan copy paste dari buku

ANTOLOGI
Sumber foto: Rizal Mantovani Instagram

Saat jumpa pers dalam rangka mengenalkan para pemain film Antologi Rasa, Rizal Mantovani mengatakan bahwa dirinya tidak plek-ketiplek memindahkan tiap lembar cerita di novel ke dalam filmnya.

Menurutnya adaptasi tidak sama dengan copy paste. Yang pasti, Rizal memastikan dia akan membawa perasaan yang ada di novel ke dalam film arahannya itu. Ternyata, Ika Natassa sebagai penulis novel Antologi Rasa, juga sepakat dengan Rizal.


Jadi penasaran enggak nih, Grameds? Akan seperti apa ya hasil film Antologi Rasa yang diperankan Herjunot Ali, Carissa Perusset, dan Refal Hady ini? Kita sama-sama tunggu dan saksikan saat filmnya sudah rilis nanti, ya.

Buat yang belum sempat baca novel Antologi Rasa, yuk segera baca, supaya saat nonton filmnya nanti kamu sudah bisa tahu bagian mana saja yang sama atau bagian mana saja yang berbeda dari novelnya.

Yuk, segera pesan bukunya di Gramedia.

ANTOLOGI


Sumber header foto: Instagram Soraya Intercine Films