Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

ePerpus Bantu Tingkatkan Digitalisasi Fasilitas Pembelajaran SMAK Cor Jesu

ePerpus Bantu Tingkatkan Digitalisasi Fasilitas Pembelajaran SMAK Cor Jesu

Perpustakaan adalah sebuah fasilitas yang tak terpisahkan dari setiap sekolah. Bukan hanya sebuah ruangan, melainkan juga merupakan pondasi yang mendukung peningkatan literasi siswa dan menjadi sarana penting dalam kegiatan belajar-mengajar. Di tengah tantangan pandemi Covid-19, Gramedia menjalankan peran kunci dengan menghadirkan ePerpus, sebuah inovasi yang telah diintegrasikan dengan baik oleh lembaga pendidikan dan perusahaan.

Kehadiran ePerpus bukan hanya sekadar langkah menuju modernisasi, melainkan juga upaya untuk melestarikan budaya literasi di era digital. Salah satu sekolah yang telah aktif memanfaatkan ePerpus adalah SMAK Cor Jesu, yang telah menggunakannya sejak tahun 2021.

Digitalisasi Fasilitas Pembelajaran Melalui ePerpus

Ibu Christiana Nur Cahyanti, seorang staf perpustakaan berpengalaman selama 6 tahun, menjelaskan, "Sekolah ini memiliki projek pengembangan dan perbaikan sarana dan prasarana, salah satunya adalah penambahan koleksi dalam bentuk digital yang bekerja sama dengan pihak Gramedia."

Selain ePerpus, SMAK Cor Jesu juga mengadopsi teknologi dalam pengajaran dengan mengimplementasikan aplikasi Moodle dan sistem penilaian online melalui SIAKAT. Ini memberikan siswa akses lebih mudah ke materi pelajaran dan mempermudah proses belajar.

Dok. SMAK Cor Jesu

Tidak hanya penerapan teknologi yang mulus, SMAK Cor Jesu juga menyatakan bahwa mereka tidak mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan ePerpus, berkat dukungan dan panduan dari pihak Gramedia. Ibu Christina menegaskan, "Walaupun ada kendala, pihak ePerpus akan merespon dengan cepat."

Respons positif dari siswa SMAK Cor Jesu sangat mencolok, karena ePerpus memungkinkan mereka untuk membaca di luar jam sekolah dengan lebih nyaman dan efisien. Alasan pemilihan Gramedia sebagai mitra adalah karena beragamnya konten yang ditawarkan, tidak hanya terbatas pada materi pelajaran, tetapi juga mencakup minat siswa dalam buku fiksi, self improvement, puisi, dan cerpen.

ePerpus Untuk Meningkatkan Literasi

Untuk mendukung minat literasi siswa, SMAK Cor Jesu mengadakan jam literasi yang bekerja sama dengan guru. Ini membantu mengatasi fluktuasi dalam minat literasi. Selain itu, sekolah juga memanfaatkan platform Instagram dengan akun @perpus.smaco untuk mengenalkan koleksi perpustakaan digital dan mempromosikan buku-buku favorit serta sumber literasi lainnya kepada siswa.

Ibu Christina berharap agar ePerpus dapat diakses melalui komputer atau laptop, mengingat peraturan di SMAK Cor Jesu yang melarang penggunaan ponsel saat di sekolah. Dengan demikian, mereka dapat terus mendukung minat literasi siswa dengan lebih baik.

ePerpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

ePerpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. ePerpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. ePerpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari ePerpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. SMAK Cor Jesu

Penulis: Naela Marcelina

Editor: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter