Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

ePerpus Bantu Penuhi Target Akreditasi Unit Sekolah Yayasan Bernardus

ePerpus Bantu Penuhi Target Akreditasi Unit Sekolah Yayasan Bernardus

Yayasan Bernardus merupakan salah satu yayasan pendidikan di Indonesia yang telah menerapkan sistem akreditasi untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa-siswinya. Dalam upaya memenuhi target akreditasi, Yayasan Bernardus bekerja sama dengan Gramedia melalui program ePerpus Gramedia untuk mendapatkan perpustakaan digital. Program ini dirancang sebagai solusi digital yang dapat membantu Yayasan Bernardus dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaannya.

Akreditasi sekolah sendiri sudah menjadi fokus utama banyak sekolah sebab ini merupakan proses penilaian kualitas lembaga pendidikan yang krusial. Proses ini sangatlah penting karena penilaiannya akan diakui oleh pemerintah. Penilaiannya sendiri dilakukan dengan menggunakan standar dan kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh badan akreditasi. Tujuan akreditasi ini adalah untuk menilai sejauh mana lembaga pendidikan tersebut telah memenuhi standar pendidikan yang telah ditetapkan. Tentunya, akreditasi sekolah menjadi indikator penting untuk menjamin mutu dan kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa-siswa sehingga mereka dapat berkembang secara optimal dan menjadi generasi yang mampu bersaing di dunia global.

Siswa Yayasan Bernardus menggunakan aplikasi ePerpus (Dok. Yayasan Bernardus)

Banyak kualifikasi yang dibutuhkan untuk suatu sekolah agar bisa mendapatkan akreditasi yang baik, termasuk pada kualifikasi perpustakaan, ada kualifikasi akreditasi yang diperuntukkan khusus untuk perpustakaan di sekolah. Menurut kualifikasi, perpustakaan yang baik harus memiliki koleksi buku yang lengkap, fasilitas yang memadai serta petugas perpustakaan yang terlatih dan kompeten dalam memberikan layanan kepada pengunjung perpustakaan. Akan tetapi, beberapa sekolah, termasuk beberapa unit sekolah pada Yayasan Bernardus sendiri masih belum bisa merealisasikan keberadaan perpustakaan konvensional. Namun, hal ini diselamatkan dengan adanya perpustakaan dalam bentuk digital.

Ibu Anna, selaku pustakawan Yayasan Bernardus, yang sudah bertugas selama lebih dari 5 tahun di yayasan, mengaku bahwa ePerpus bisa membantu memenuhi akreditasi tersebut. “Akreditasi juga berkaitan dengan dampaknya. Beberapa sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Bernardus belum bisa memilki ruang perpustakaan konvensional. Nah, adanya ePerpus bisa membantu kita mencapai target pemenuhan akreditasi tersebut karena kita jadi memiliki perpustakaan tanpa ruangan,” tutur Ibu Anna saat diwawancara oleh tim ePerpus mengenai testimoni penggunaan perpustakaan digital di sekolah.

Hal ini membuktikan bahwa keberadaan perpustakaan digital dapat memberikan dampak yang lebih luas dari sekadar minat baca dan kepraktisan. Dengan hadirnya perpustakaan digital, akreditasi terkait ketersediaan perpustakaan sudah bisa dipenuhi secara efisien. Ibu Anna sendiri menyetujui bahwa era digitalisasi sudah sangat melekat pada kehidupan sehari-hari kita sehingga kita memang harus terus mengikuti perkembangannya, termasuk pada sistem membaca di sekolah. “Memang perkembangan digital ini luar biasa. Kita harus terus belajar dan ikutin terus biar nggak ketinggalan zaman. Telat sedikit nggak buka handphone kita bisa ketinggalan banyak!” ujar Ibu Anna.

Siswi Yayasan Bernardus menggunakan aplikasi ePerpus (Dok. Yayasan Bernardus)

Sebagai seorang pustakawan dan administrator, ibu Anna sendiri merasakan kemudahan yang diberikan dari fitur dasbor ePerpus. “Saya paling suka sih dasbor ePerpus memudahkan sekali untuk pelaporan, ya. Tinggal tracking tanggal laporan, kita bisa langsung lihat siapa yang baca, buku yang dipinjam, pembaca aktif, sampai 10 buku yang digemari. Ini memudahkan pelaporan sih untuk admin,” tambah ibu Anna saat ditanya terkait fitur favorit pada ePerpus.

Selama beberapa tahun penggunaan perpustakaan digital, Yayasan Bernardus sudah merasakan dampak positif yang diberikan ePerpus. Untuk memberikan awareness kepada siswa dan tenaga pendidik terkait keberadaan perpustakaan digital, Yayasan Bernardus juga memberikan program lomba story-telling dan referensi buku. Hal ini juga masih bersinggungan dengan kualifikasi akreditasi perpustakaan di sekolah yang mengharuskan pustakawan untuk memiliki berbagai program untuk mengembangkan minat literasi siswa.

Tentunya, adanya ePerpus di Yayasan Bernardus menghasilkan kualitas layanan perpustakaan efektif secara digital meliputi sistem peminjaman buku, sistem pengelolaan koleksi, hingga pemenuhan kriteria akreditasi sekolah. Ada pun Ibu Anna sendiri memberikan nilai 9 dari 10 untuk kualitas ePerpus.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. Sekolah Yayasan Bernadus

Penulis: Shaza Hanifah



Enter your email below to join our newsletter