ELibrary UNJ Memenuhi Kebutuhan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring

ELibrary UNJ Memenuhi Kebutuhan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring

. 2 min read

Tak hanya kantor yang akhirnya memindahkan tempat kerja ke rumah masing-masing karena pandemi, namun kegiatan perkuliahan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) juga merasakan hal yang sama. Pandemi telah membuat pembelajaran berubah menjadi daring dan dilakukan pembatasan pada akses fisik, termasuk ke perpustakaan.

Hal ini tentunya berpengaruh signifikan terhadap sivitas akademika dalam menggunakan perpustakaan. Hingga pada tahun 2021 lalu, Perpustakaan UNJ resmi membuka perpustakaan digital yang bernama ELibrary UNJ.

Perpustakaan dalam genggaman ini, telah memudahkan pustakawan dalam memenuhi kebutuhan pemustaka untuk mengakses berbagai koleksi perpustakaan, walaupun terdapat pembatasan dalam menghadiri perpustakaan secara langsung.

Perpustakaan digital yang dilayani lewat jasa E-Perpus Gramedia ini, dipilih oleh tim pustakawan UPT Perpustakaan UNJ karena bisa mengelola database konten secara digital. Ibu Rina Kusniwati, selaku Staff Pengembangan Koleksi UPT Perpustakaan UNJ, mengatakan bahwa telah memilih layanan dari E-Perpus Gramedia karena keunggulan kontennya yang beragam.

Dengan ratusan penerbit yang bekerjasama dengan Gramedia, hal ini menjadikan alasan Perpustakaan UNJ untuk mengembangkan koleksi pustaka dalam perpustakaan digital, karena untuk memenuhi kebutuhan pemustaka di mana pun dan kapan pun.

eperpus
Pustakawan UPT Perpustakaan UNJ, Ibu Rina Kusniwati (Dok. UPT Perpustakaan UNJ)

Kini, sudah banyak mahasiswa yang menggunakan aplikasi ELibrary UNJ untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam menunjang pembelajaran. Ada sekitar hampir dua ribu e-book yang mewarnai koleksi pustaka ELibrary UNJ, mulai dari buku-buku pelajaran, metode penelitian, hingga metode pembelajaran. Adanya perpustakaan digital ini, sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan membaca di lingkungan UNJ untuk pembelajaran secara daring.

Selain pemustaka yang lebih mudah meminjam dan membaca buku, para pustakawan UPT Perpustakaan UNJ pun lebih mudah dalam mengelola perpustakaan. Ibu Rina mengatakan jika fitur Admin Dashboard sangat memudahkannya dalam proses antrian peminjaman, mengelola anggota perpustakaan, dan menganalisis konten. Apalagi terdapat notifikasi yang akan mengingatkan admin untuk mengurus segala database perpustakaan digital.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital. Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: instagram.com/unjlibrary