Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

E-Perpus SMAN Sumatera Selatan Menjadi Nilai Tambah dalam Penilaian Akreditasi Sekolah

E-Perpus SMAN Sumatera Selatan Menjadi Nilai Tambah dalam Penilaian Akreditasi Sekolah

Pandemi Covid-19 membuat semua orang harus bisa beradaptasi dengan teknologi untuk mendukung kegiatan jarak jauh, termasuk soal kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring oleh sekolah. Salah satunya adalah SMAN Sumatera Selatan yang harus menyesuaikan kegiatan pembelajaran, ujian, dan pengumpulan tugas selama pandemi karena interaksi fisik antara para siswa dan guru harus dibatasi.

SMAN Sumatera Selatan berupaya untuk membangun inovasi baru untuk menunjang kualitas belajar para siswa, salah satunya dengan mengadakan perpustakaan digital atau aplikasi Smart Library. Pihak sekolah mulai menggunakan aplikasi yang didukung oleh layanan jasa E-Perpus Gramedia ini sejak bulan Oktober 2021.

Pihak sekolah melihat bahwa adanya E-Perpus Gramedia ini dapat menambah prestasi dan kualitas sekolah yang bisa menjadi nilai tambah di penilaian akreditasi. Dilaporkan bahwa SMAN Sumatera Selatan menjadi satu-satunya sekolah negeri yang memiliki layanan perpustakaan digital di kotanya. Hal itu menjadi kebanggaan bagi pihak sekolah karena menjadi prestasi tersendiri.

Kemudian, adanya E-Perpus ini juga menaikkan poin pada Standar Sarana dan Prasarana yang menjadi salah satu komponen penting bagi penilaian akreditasi sekolah. Komponen tersebut menyangkut segala sesuatu yang menunjang proses pembelajaran, seperti perpustakaan dan sumber buku.

Rischa Amelia Sari, salah satu staf perpustakaan di SMAN Sumatera Selatan, menuturkan bahwa adanya layanan E-Perpus ini sangat memudahkan para siswa untuk meminjam buku di mana saja dan kapan saja. Jadi, para siswa yang berada di luar asrama tetap dapat meminjam buku secara gratis.

Rischa mengatakan bahwa pihak sekolah sepakat untuk menggunakan E-Perpus Gramedia karena buku-bukunya terjamin orisinal dan memiliki katalog yang lebih lengkap dibandingkan dengan penerbit-penerbit lain. Lengkapnya perpustakaan di SMAN Sumatera Selatan membuat para siswa antusias untuk membaca dan meminjam buku di perpustakaan sekolah, bahkan ketika mereka sudah lulus sekalipun. Maka dari itu, untuk mempertahankan daya literasi mereka, pihak sekolah berupaya untuk membuka aplikasi perpustakaan digital agar dapat membantu para siswa tetap bisa membaca buku ketika pandemi.

eperpus
Perpustakaan SMAN Sumatera Selatan (Dok. SMAN Sumatera Selatan)

Warga sekolah merasa sangat terbantu dengan adanya E-Perpus Gramedia karena mudah dioperasikan dengan fitur-fiturnya yang sederhana dan memudahkan pengguna untuk mencari buku. Kemudian, aplikasi ini juga sangat praktis, di mana kita bisa mengakses berbagai macam buku hanya dalam satu aplikasi.

Hingga kini, perpustakaan SMAN Sumatera Selatan telah memiliki 43 judul ebook yang akan terus bertambah nantinya. Pihak sekolah juga turut mempromosikan layanan perpustakaan digital mereka di kanal media Instagram sekolah.

Menurut Rischa, buku-buku yang paling banyak dibaca oleh para siswa adalah buku-buku psikologis dan novel. Maka dari itu, untuk mendukung semangat literasi mereka, pihak sekolah berusaha untuk bisa menyediakan buku tersebut secara lengkap melalui E-Perpus Gramedia.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store.Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. SMAN Sumatera Selatan


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus