Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

SMK Informatika CBI Gunakan E-Perpus sebagai Media Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

SMK Informatika CBI Gunakan E-Perpus sebagai Media Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Perkembangan digital telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Pemanfaatan teknologi dilakukan berbagai sektor industri mulai dari sektor perdagangan, kesehatan, pemerintahan, bahkan pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan teknik yang mempelajari dan memperdalam keilmuan teknologi informasi dan komputer, SMK Informatika CBI perlu melakukan peralihan baik pada sistem, metode, dan fasilitas pendidikan di lingkungan sekolah.

Saat ini, SMK Informatika CBI menempuh cara dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAKO) berbasis web, sehingga pengelolaan data-data akademik mulai dari data siswa, guru, absensi, kegiatan belajar-mengajar, serta kegiatan lainnya dapat diatur lebih mudah.

eperpus
Suasana di Dalam Kelas SMK Informatika CBI (Dok. SMK Informatika CBI)

Selain menggunakan sistem informasi berbasis web, sekolah memiliki visi misi untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, serta melakukan digitalisasi perpustakaan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pihak sekolah bekerja sama dengan jasa layanan yang diberikan oleh E-Perpus Gramedia.

Menurut Pak Ilham Maulana selaku Kepala Perpustakaan SMK Informatika CBI, alasan peralihan sistem dan metode perpustakaan sekolah ke arah digital karena saat ini mayoritas warga sekolah sudah sangat bergantung pada akses digital lewat handphone. Dengan demikian, pihak sekolah menyiasati hal tersebut melalui pengadaan konten digital pada E-Perpus demi kemudahan warga sekolah dalam melaksanakan kegiatan.

Terkait aplikasi E-Perpus baik akses user maupun admin, menurut Pak Ilham penggunaannya sangat mudah dan sederhana. Bahkan ketika warga sekolah mengunduh aplikasi melalui Google Play Store atau App Store, aplikasi tersebut tidak menghabiskan banyak memori dari handphone pengguna, sehingga pengguna bisa langsung mengakses aplikasi dan meminjam banyak buku tanpa ada kendala.

Pak Ilham juga puas dengan pilihan konten yang disediakan oleh Gramedia karena sangat lengkap dan beragam. Selain itu, pihak sekolah dapat meminta konten apa yang ingin mereka hadirkan di aplikasi E-Perpus, terutama judul e-book yang dapat mendukung kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Menurut Pak Ilham, seluruh konten yang disediakan E-Perpus sudah sesuai dan sangat memuaskan bagi pihak sekolah.

eperpus
Suasana di Dalam Perpustakaan SMK Informatika CBI (Dok. SMK Informatika CBI)

Selama satu tahun lebih menggunakan aplikasi E-Perpus dari Gramedia, aktivitas membaca warga sekolah mengalami peningkatan sedikit demi sedikit. Untuk terus meningkatkan minat baca, pihak sekolah akan melakukan promosi secara berkala pada siswa, guru, maupun karyawan pengguna aplikasi E-Perpus, sehingga jumlah pembaca dan frekuensi membaca pada aplikasi dapat bertambah seiring dengan meningkatnya pemahaman dan ketertarikan membaca para pengguna.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. SMK Informatika CBI

Penulis: Ikha Destryani


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus