Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

E-Perpus Memenuhi Seluruh Kebutuhan Pemustaka BPK Penabur Jakarta

E-Perpus Memenuhi Seluruh Kebutuhan Pemustaka BPK Penabur Jakarta

Di era sekarang ini, digitalisasi berkembang semakin maju seiring dengan perkembangan arus informasi yang cepat. Hal ini membuat kita perlu mengkaji informasi yang diterima agar terhindar dari dampak negatif modernisasi. Namun, adanya modernisasi juga mendorong kita untuk bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi yang ada, termasuk dalam pembelajaran di sekolah dan pekerjaan.

Tak bisa dipungkiri bahwa hampir semua proses pembelajaran di kota-kota besar telah menggunakan platform digital. Salah satu sekolah yang menggunakannya adalah BPK Penabur Jakarta. Tak hanya untuk menunjang proses pembelajaran, pihak sekolah BPK Penabur Jakarta juga menggunakan platform digital untuk mendukung minat literasi siswa-siswanya. Pihak sekolah pun memutuskan untuk menggunakan perpustakaan digital dari e-Perpus Gramedia, sebagai pelengkap fasilitas perpustakaan sekolah sejak tahun 2016.

Pak Yotam, salah satu pustakawan di BPK Penabur Jakarta, menyebutkan bahwa adanya e-Perpus dari Gramedia membantu pihak sekolah memenuhi kebutuhan literasi pemustaka di BPK Penabur Jakarta, karena mudah diakses di mana saja dan kapan saja. Selain itu, adanya perpustakaan digital juga dapat dijangkau oleh semua orang hanya dengan smartphone.

Pihak sekolah merasakan bahwa e-Perpus sangat efektif untuk menambah minat baca para siswa. Terlebih lagi, manfaat e-Perpus juga semakin terasa ketika pandemi. Hal ini dibuktikan dari laporan data peminjaman buku yang selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Menurut Pak Yotam, hal ini juga didukung oleh pilihan konten dari e-Perpus yang lengkap dan beragam, baik dari majalah, e-books, hingga koran.

Dilaporkan pula bahwa siswa TK dan SD lebih tertarik pada buku-buku cerita bergambar dan buku teknis. Sedangkan, siswa SMP dan SMA lebih menyukai buku-buku fiksi atau novel. Tak hanya para siswa, guru-guru di BPK Penabur Jakarta juga menyukai buku fiksi dan buku pelajaran yang mereka ampu. Hal ini membuktikan bahwa e-Perpus berguna bagi setiap warga sekolah di BPK Penabur Jakarta.

Pihak sekolah juga selalu menggunakan e-Perpus dalam program-program yang berhubungan dengan literasi. Mereka juga memperkenalkan e-Perpus di setiap awal tahun pelajaran, yakni saat masa orientasi pengenalan siswa, yang menjamin seluruh siswa dapat menggunakan e-Perpus.

Tak hanya dari segi pemilihan konten, fitur-fitur yang disediakan oleh e-Perpus juga sangat membantu para penggunanya. Bagi Pak Yotam, fitur yang paling menarik adalah fitur pencarian buku yang memudahkan pengguna atau pemustaka untuk mencari buku yang mereka inginkan. Selain itu, e-Perpus juga membantu administrasi pelaporan dan pemilihan koleksi buku yang membuat pelayanan perpustakaan di BPK Penabur Jakarta semakin berkualitas.

Pak Yotam pun selalu menyarankan adanya perkembangan bagi perpustakaan konvensional lain dengan menggunakan layanan perpustakaan digital atau e-Perpus. Ia juga merekomendasikan e-Perpus Gramedia untuk digunakan di sekolah-sekolah lain.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: digilib.penaburcirebon.sch.id

Penulis: Almanda Jazroh Hardiyanti


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus