Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

E-Perpus Gramedia Membantu Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara dalam Mewujudkan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia Membantu Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara dalam Mewujudkan Perpustakaan Digital

Perkembangan teknologi ke arah yang serba digital sudah meningkat tajam. Hal ini sangat terlihat jelas pada perubahan pola hidup masyarakat yang sudah sangat bergantung pada teknologi dan perangkat digital lainnya. Apalagi, pandemi yang telah melanda dunia belum lama ini, telah mempercepat proses terjadinya transformasi digital di berbagai sektor dan kehidupan masyarakat.

Kini, berbagai sektor kehidupan harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang serba digital. Hal ini pula yang kemudian mendorong Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB) untuk mengubah segala sistem, metode, serta kegiatan mereka ke arah yang serba digital, mulai dari kegiatan administrasi, belajar mengajar, literasi, termasuk perpustakaan.

Terkait peralihan perpustakaan YPPSB ke perpustakaan digital atau E-Perpus, menurut Ibu Misnawati, koordinator perpustakaan YPPSB, peralihan tersebut sebenarnya sudah menjadi target mereka jauh sebelum adanya pandemi. Namun karena masih banyak kendala, di mana tidak semua orang langsung menerima perubahan tersebut dan proses peralihannya yang tidak mudah, rencana peralihan ke perpustakaan digital pun menjadi tertunda.

Sejak pandemi melanda, rencana untuk mengadakan perpustakaan digital di YPPSB pun kembali dijalankan. YPPSB pun memilih layanan jasa dari E-Perpus Gramedia untuk mewujudkan perpustakaan digital yang cocok dengan perpustakaan YPPSB, mudah, dan nyaman digunakan.

eperpus
Koordinator Perpustakaan Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara saat Mengakses Dashboard Admin (Dok. Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara)

Sejak pertengahan tahun 2021, E-Perpus telah membantu para pemustaka YPPSB, khususnya anak-anak dan guru-guru, dalam memenuhi segala kebutuhan literasi serta bahan belajar mengajar mereka selama pandemi berlangsung, karena aksesnya yang mudah dan dapat digunakan kapan pun dan di mana pun. Selain itu, sebagai koordinator perpustakaan, Ibu Misnawati juga merasa bahwa dengan fitur Admin Dashboard yang tersedia, sangat memudahkannya dalam melakukan pembelian konten perpustakaan, seperti untuk menambah e-book, majalah, maupun koran digital.

Kemudian, untuk meningkatkan minat baca dan kunjungan di aplikasi E-Perpus, pihak pustakawan YPPSB pun melakukan berbagai cara, mulai dari promosi dan ajakan untuk membaca di perpustakaan digital, sampai memberikan kegiatan-kegiatan yang menarik untuk para anggota perpustakaan, seperti mengadakan kegiatan bedah buku, membaca buku bersama, menghadirkan serta mengundang penulis dan tokoh-tokoh terkenal, dan memberikan hadiah untuk pembaca terbaik di setiap bulannya.

eperpus
Contoh Promosi E-Perpus yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (Dok. Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara)

Menurut Ibu Misnawati, dari banyaknya koleksi-koleksi yang dimiliki oleh Gramedia, koleksi e-book lah yang paling banyak dibaca dan di-request oleh para pemustaka di perpustakaan YPPSB. Hingga kini, perpustakaan Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara telah memiliki lebih dari seribu judul e-book yang tentunya akan terus bertambah, seiring dengan bertambahnya kebutuhan dari para pemustakanya di kemudian hari.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus