Dear Moms, Ini DIY Lucu yang Bisa Dibuat bersama Si Kecil

. 3 min read

Terkadang, sulit mencari kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama sang buah hati. Apalagi kalau kita dan pasangan sama-sama disibukkan dengan urusan pekerjaan.

Oleh karena itu, akhir pekan adalah saat-saat yang tepat bagi Moms dan si kecil untuk saling bercengkerama. Selain mengobrol dan menemani anak bermain, ada baiknya menggunakan waktu luang yang ada untuk melakukan kegiatan yang lebih aktif dan tetap seru bersama si kecil.

Satu contoh kegiatan seru bersama si kecil adalah Do It Yourself alias DIY. Kegiatan ini tentunya akan melibatkan ibu dan si kecil dalam membuat kerajinan dari tangan sendiri.

Lalu, apa saja DIY yang bisa menarik perhatian dan menstimulasi kreativitas si kecil? Berikut adalah 5 DIY lucu yang bisa dipraktekkan bersama si kecil.

1. Gelang karton

gelang-karton-considerablecom-2Sumber: Considerable.com

Karton tisu toilet biasanya selalu berakhir di tempat sampah. Padahal, karton tersebut bisa didaur ulang menjadi DIY menarik yang dapat dibuat bersama si kecil. Salah satunya adalah membuat gelang tangan yang bisa dipakai juga oleh si kecil.

Pertama-tama, potong karton berbentuk silinder tersebut agar tidak terlalu panjang saat si kecil memakainya nanti. Untuk tahap ini, lebih baik dilakukan sendiri karena melibatkan benda tajam.

Selanjutnya, Moms dapat meminta si kecil untuk menghias karton tisu toilet tersebut. Entah itu digambar menggunakan cat akrilik, ditempel dengan manik-manik, atau hiasan menarik lainnya.

2. Tongkat sihir

magic-wands-chicaandjocom-1Sumber: Chicaandjo.com

Kisah fiksi tentang dunia sihir seperti Harry Potter memang populer, terutama bagi anak-anak. Apakah buah hati Moms juga senang dengan hal-hal berbau dunia sihir?

Kalau iya, sepertinya si kecil akan sangat senang jika diajak membuat tongkat sihir. Sumpit bambu bisa digunakan sebagai tongkatnya. Agar tidak terlalu polos, beri sedikit aksen akar tumbuhan yang timbul pada sumpit dengan lem tembak.

Setelah lem mengering, tongkat sihir siap untuk dihias. Si kecil bisa menghiasnya dengan menggunakan cat akrilik. Bebaskan si kecil untuk memilih warna favoritnya ya, Moms!

3. Pembatas buku

pembatas-buku-homanathome-com-1Sumber: Homanathome.com

Stik es krim memang diketahui memiliki banyak fungsi jika ingin digunakan ulang. Salah satunya, stik es krim sering dipakai untuk membuat suatu prakarya.

Kali ini, prakarya menggunakan stik es krim yang bisa dibuat bersama si kecil adalah pembatas buku. Bisa dimulai dengan mewarnai stik es krim menggunakan spidol warna atau cat akrilik.

Kemudian, ajak si kecil untuk menggambar dan mewarnai beberapa hal yang ia sukai seperti buah, hewan, atau karakter kartun favorit. Sesudah itu, potong gambar tersebut dan tempel di salah satu ujung stik es krim.

4. Pohon keluarga

family-tree-weddinglovelycomSumber: Weddinglovely.com

Si kecil suka membuat gambar yang komposisinya adalah anggota keluarga sendiri? Jika demikian, bagaimana kalau mengajak si kecil untuk membuat pohon keluarga?

Akar dan batang pohonnya digambar seperti biasa dengan memakai pulpen atau spidol. Untuk daun pada pohonnya, bisa dibuat oleh si kecil dengan cap jari yang warnanya diambil dari cat akrilik.

Sementara itu, minta si kecil menggambar wajah masing-masing anggota keluarga termasuk dirinya sendiri pada kertas yang berbeda. Lalu, potong dan tempel gambar wajah tersebut di area dedaunan pohon sesuai urutan silsilah keluarga.

5. Puzzle foto keluarga

family-photo-puzzle-grandpajoespuzzlescomSumber: Grandpajoespuzzles.com

Sulit menemukan mainan puzzle yang gambarnya sesuai dengan apa yang seseorang inginkan. Akan tetapi, Moms sebenarnya bisa membuat puzzle sendiri.

Untuk membuat DIY puzzle bersama si kecil, kita dapat menciptakan puzzle bergambar keluarga. Tahapannya dimulai dari mencetak foto keluarga dengan ukuran bebas.

Lalu, tempel foto tersebut pada kertas karton setebal dua milimeter yang sudah digunting sesuai ukuran foto. Setelah itu, gambar pola puzzle dan potong mengikuti pola yang sudah dibuat dengan cutter.


Di antara lima DIY lucu di atas, mana yang akan Moms buat bersama si kecil?


Sumber header foto: Orami.co.id