Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Deretan Novel Wattpad yang Jadi Film dan Series Terbaru

Deretan Novel Wattpad yang Jadi Film dan Series Terbaru

Sejak beberapa tahun lalu, banyak sekali film layar lebar yang berangkat dari novel adaptasi Wattpad. Beberapa diantaranya berhasil mengumpulkan ratusan ribu penonton, seperti Dear Nathan, Sin, dan Matt & Mou. Tak heran, jika kemudian banyak film-film yang diangkat dari kisah dalam novel-novel adaptasi Wattpad.

Tahun 2020-2021 yang masih dilanda pandemi, tidak menghentikan banyak rumah produksi untuk mengangkat novel-novel Wattpad best seller, menjadi film atau web series yang tayang di berbagai platform video streaming.

Ternyata, memang banyak pembaca setia yang menantikan dan begitu bersemangat dengan hadirnya film atau series dari novel favorit mereka. Mau tahu apa saja novel tersebut? Berikut Gramedia.com merangkum daftar novel dari Wattpad yang diadaptasi ke film dan series terbaru.

Rekomendasi Novel Wattpad yang Jadi Film dan Series Terbaru

1. Live with My Ketos

Gabriella Anatasya, bad girl yang sangat tidak percaya cinta apalagi dengan laki-laki. Ia mempunyai prinsip anti-cinta, hingga menjadi ketua geng yang anggotanya juga harus melakukan hal yang sama. Prinsip Gabriel ini hadir karena mengalami masalah keluarga yang tak harmonis.

Teman-teman geng Gabriel lambat laun tidak kuat untuk mengikuti prinsip Gabriel. Mereka melakukan cara untuk Gabriel menghapuskan aturan tersebut, caranya membuat ia jatuh cinta dengan bantuan teman-teman dari Alvaro.

Alvaro adalah ketua OSIS yang begitu populer di sekolah. Alvaro yang awalnya tidak mau dijodohkan, akhirnya menerima dengan iming-iming hadiah menggiurkan dari taruhan, jika berhasil membuat Gabriel jatuh cinta.

Alvaro mencoba berbagai cara untuk PDKT dengan Gabriel. Satu minggu tinggal bersama, ada rasa baru di antara mereka, dan status Alvaro bersama Gabriel berubah total akibat perjodohan dari kedua orang tua mereka.

Ada masalah percintaan, masalah keluarga, pertarungan kompetisi memasak, dan hal lainnya yang nggak kalah seru. Akan kah Gabriel kembali merasakan jatuh cinta? Langsung lanjut baca bukunya dulu ya, Grameds! Karena sampai saat ini, series-nya yang hadir masih on-going. Baca duluan untuk ketahui jawabannya!

liveBeli dan Baca Sekarang!

2. Antares

Novel yang lebih garang dengan hadirnya Antares, ketua geng motor Calderioz. Dengan pertemuan yang klise, Zea, anak baru pindahan dari Bandung yang cantik dan penuh teka-teki, tiba-tiba harus berurusan dengan Antares dan geng motornya.

Seringnya bersama, membuat Ares menyadari ada rasa yang tak biasa kepada Zea. Ini bukan sekadar cerita tentang ketua geng motor yang bertemu gadis lugu, polos, dan perhatian lalu jatuh cinta, tapi tentang Zea yang ternyata mempunyai sejuta rahasia. Apa rahasia itu? Rahasianya cukup bisa membuat Ares kemungkinan kembali menarik perasaannya pada Zea.

Konflik geng motor, pergejolakan batin, dan rahasia yang terpendam, cukup menarik untuk kamu ikuti kisahnya dengan membaca buku Antares! Series Antares sampai saat ini masih berjalan. Yuk, ketahui kelanjutan hubungan mereka dengan baca bukunya di bawah ini.

bukuBeli dan Baca Sekarang!


Baca juga: 13 Rekomendasi Novel Adaptasi Wattpad yang Paling Banyak Dibaca


3. Abi Ghea

Sudah setahun Abi dan Ghea berpacaran, tapi Ghea masih bingung dengan perasaan Abi padanya. Bagi Ghea, Abi adalah segalanya, Abi adalah pelita hatinya. Bagi Abi pada Ghea? Entah, karena Abi masih selalu memprioritaskan Vanya, tetangga dan sahabat sedari kecil Abi.

Mau semendesak apapun situasi Ghea, Abi tetap lebih mementingkan Vanya. Rasa sakit tentu ada di dalam hati Ghea, apalagi ia selalu dijadikan nomor dua. Walau begitu, Ghea sudah terlanjur cinta.

Bukan hanya tentang hubungan Abi dan Ghea yang rumit, tapi juga tentang sisi gelap kehidupan Ghea yang kerap disalahkan atas kepergian adiknya. Series Abi Ghea akan segera tayang pada 17 September 2021 mendatang. Yuk, baca dulu, baru nonton kemudian.

bukuBeli dan Baca Sekarang!

4. Mozachiko

Chiko adalah cowok paling keras kepala dan punya banyak masalah di sekolah. Moza, cewek culun namun super ceria dan hiperaktif, ditolong oleh Chiko, dan Moza bertekad untuk membuat Chiko berubah menjadi orang yang baik.

Moza juga menantang Chiko untuk menjadi pacarnya selama satu bulan. Chiko menerimanya, namun bagaimanapun usaha Moza, tak pernah berhasil merubah karakter Chiko. Yang ada hanya menguras air mata, dan Moza tak pernah mendapatkan hati Chiko.

Setelah itu, banyak hal yang terjadi pada Moza setelah disakiti berkali-kali oleh Chiko. Moza pun pergi meninggalkan Chiko tanpa tanda, setelah sadar perjuangannya tak pernah dihargai. Dan Chiko pun baru merasa, bahwa Moza begitu berarti dalam hidupnya.

Series Mozachiko sudah melakukan syuting untuk segera ditayangkan di WeTV Indonesia, lho. Sebelum series-nya dimulai, mari kita baca dulu novelnya!

mozachikoBeli dan Baca Sekarang!

5. Teluk Alaska

Allister Reygan, cowok idaman wanita dan juga disebut sebagai ‘penguasa sekolah’. Sayang, ia bersama teman-temannya kerap kali mem-bully, apalagi pada Ana, cewek polos di kelasnya yang selalu jadi objek bullying geng Allister.

Allister kerap kali kasar dan begitu semangat mengolok-olok Ana. Walaupun begitu, Ana selalu saja sabar dan tak pernah membalasnya. Apalagi ditambah Ana yang sudah tak memiliki teman, dimana teman-temannya tersebut meninggalkan Ana.

Sampai suatu hari Allister berhenti mem-bully Ana, karena telah menemukan rahasia besar yang membuat dirinya sadar akan sesuatu. Tentu saja semua orang keheranan dengan sikap Allister. Lalu, bagaimana kelanjutan hubungan mereka berdua? Kalian bisa langsung baca dan dapatkan bukunya di bawah ini. Series Teluk Alaska sudah selesai syuting dan akan segera hadir di WeTV Indonesia.

telukBeli dan Baca Sekarang!

6. Kisah untuk Geri

Menceritakan tentang benci jadi cinta. Geri, anak SMA yang labil tapi juga terkenal nakal dan arogan. Sedangkan Dinda mempunyai karakter yang sangat manja, karena hidup serba ada. Karakter yang sangat berbeda ini ternyata malah bisa menyatukan mereka. Apalagi mereka bertemu setiap hari dalam satu kelas.

Suatu ketika kehidupan Dinda berubah drastis, karena Ayahnya terjerat korupsi. Yang tadinya serba enak, akhirnya harus berjuang di hidup yang pas-pasan. Ditambah lagi sakit hati karena hubungannya bersama Geri.

Yuk, baca kisah mereka di buku Kisah untuk Geri, dan segera dapatkan dengan klik gambar di bawah ini. Habis itu, coba tonton seriesnya yang sudah rampung.

kisahBeli dan Baca Sekarang!


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


7. Mariposa

Sekarang kita beralih ke film-film yang baru hadir berdasarkan novel adaptasi Wattpad. Pertama kita temui Mariposa dari karya Wattpad yang begitu meledak, telah dibaca jutaan orang, dan bukunya menjadi mega best seller. Penayangan film Mariposa pada tahun lalu terkendala oleh pandemi, hingga akhirnya di akhir tahun filmnya kembali hadir di bioskop, dan awal tahun 2021 sudah hadir di Netflix.

Berkisah tentang Acha yang berparas menawan, pintar, dan berjuang untuk mendapatkan cinta Iqbal, laki-laki berhati dingin dengan hidupnya yang monoton. Entah kenapa Acha begitu menyukai sikap Iqbal yang seperti itu, dan malah membuatnya semakin cinta.

Sikap dingin dan penolakan Iqbal berkali-kali, tak membuat Acha menyerah untuk meruntuhkan tembok pertahanan hati Iqbal, yang belum pernah disinggahi perempuan mana pun.

Kedekatakan mereka berdua akhirnya terjalin, karena mereka masuk dalam satu tim olimpiade. Kisah romantis komedi remaja ini siap bikin kamu dag-dig-dug, ditambah masalah keluarga yang menyelimuti dramanya.

Buku spin-off dari Mariposa, yaitu 12 Cerita Glen Anggara juga akan difilmkan kembali pada tahun 2021 ini. Kali ini kamu akan menemukan cerita Glen, teman Iqbal yang kocak, kepintarannya jauh di bawah Iqbal, tapi seorang anak tunggal dari keluarga kaya raya.

Mirip dengan kisah Acha dan Iqbal, Glen kini menemui Shena yang tiba-tiba meminta jadi pacarnya. Kisah komedi romantis ini dibumbui taburan air mata. Coba aja langsung baca kedua karya Luluk HF ini!

bukuBeli dan Baca Sekarang!

ceritaBeli dan Baca Sekarang!

8. Sin: God Hates the Sin, Not the Sinner

Buku bergenre romantis ini juga berawal dari Wattpad, dan sudah dibaca hingga 9 juta kali, terhitung saat novelnya pertamanya dicetak. Film Sin sebenarnya sudah tayang di bioskop sejak akhir 2019 lalu, namun pada 3 September 2021 kemarin, Sin Extended hadir di KlikFilm dengan 25% tambahan adegan.

Novel ini bercerita tentang seorang gadis bernama Ametta Rinjani yang mampu menggaet banyak hati lelaki, namun tidak dengan Raga Angkasa. Metta begitu cantik, sukanya dugem, penuh drama, dan predikat playgirl melekat pada dirinya.

Sedangkan Raga Angkasa adalah cowok pendiam yang tidak pernah suka menjadi sorotan disekolahnya. Mereka saling membenci karena sifat yang berbeda itu, tapi mereka tetap jatuh cinta.

Kehidupan mereka pun menjadi kusut, masalah keluarga mulai masuk. Lalu, bagaimana kisah mereka berdua? Langsung dapatkan novelnya di bawah ini.

bukuBeli dan Baca Sekarang!


Baca juga: Film Indonesia Adaptasi dari Buku Novel Best-Seller


9. Wedding Agreement

Novel dari Wattpad ini juga sudah melahirkan filmnya pada tahun 2019 lalu. Novel yang ini ceritanya akan lebih pilu dan menohok hati, karena bertemakan cinta sebelah tangan dari perjodohan antara Tari dan Byan.

Berawal karena ibu Byan yang sedang sakit kritis dan mempunyai keinginan untuk Byan menikah dengan Tari. Gadis dengan sifat yang sangat patuh ini akhirnya menerima perjodohan.

Satu hari setelah acara penikahan, Byan memberikan surat perjanjian, di mana mereka harus bercerai dalam satu tahun ke depan. Tari begitu kaget, apalagi setelah mengetahui Byan hanya berpura-pura mau dijodohkan untuk menyenangkan hati ibunya, dan ternyata sudah mempunyai tunangan yang sudah berjalan selama 5 tahun.

Dengan menahan pilu, Tari tetap harus menjaga nama baik keluarga, ia terus berbakti pada suaminya, agar kelak Byan juga cinta padanya. Sayang, usahanya sia-sia. Namun ketika Tari sudah tak berdaya dan ingin meninggalkan Byan, Byan malah mulai tersentuh akan kasih Tari.

Apakah Byan akan kembali luluh? Langsung baca buku Wedding Agreement. Sekuel novel ini pada After Wedding Agreement juga akan hadir dalam bentuk series sebentar lagi!

weddingBeli dan Baca Sekarang!

weddingBeli dan Baca Sekarang!

10. Geez & Ann

Berdasar pada novel Rintik Sedu yang juga berawal dari Wattpad, kisah Geez & Ann sangat memikat hati banyak pembaca dan penonton Indonesia. Pada masa Valentine tahun 2021 yang lalu, buku ini akhirnya merilis filmnya dan tayang di Netflix. Tiga edisi buku Geez & Ann yang best-seller berkisah tentang anak remaja yang jatuh cinta dan menemukan arti sebuah komitmen.

Ann, gadis cantik yang pintar dan mandiri akhirnya jatuh cinta dengan Geez, seniornya yang jago musik dan selalu memberikan kejutan manis tak terduga. Sayangnya, banyak sekali rintangan yang harus mereka hadapi demi memperjuangkan cinta.

Dari hubungan jarak jauh, maupun restu orang tua. Apakah cinta mereka bertahan? Coba beli dan baca bukunya dengan klik gambar-gambar di bawah ini ya!

geezBeli dan Baca Sekarang!

geezBeli dan Baca Sekarang!

geezBeli dan Baca Sekarang!

11. A: Aku, Benci, & Cinta

Novel ini berkisah tentang Alvaro Radyana yang “Segalanya” dan Anggia Serenia Quinindha yang “Perfeksionis”. Alvaro dan Anggia merupakan Ketua dan Wakil Ketua Osis di SMA National High. Bagi Anggia, Alvaro adalah rivalnya. Bagaimana tidak? Posisi Wakil Ketua Osis bukanlah posisi yang ia inginkan.

Di sisi lain, Alvaro melihat Anggia sebagai lelucon saja. Namun, hal itu berubah tatkala Anggia mengenal Alexander. Tumbuh perasaan aneh dari diri Alvaro, perasaan yang hanya ia miliki untuk cinta pertamanya, Athala.

Keempat tokoh yang namanya berawalan dari huruf A, yakni Alvaro, Anggia, Alexander, dan Athala ini memiliki konfliknya masing-masing. Rasa cintanya kepada Athala ditambah kondisi Athala yang sakit dan koma selama tiga tahun membuat Alvaro sulit diatur.

ABeli dan Baca Sekarang!

Lalu, kembali pada Anggia. Bagaimana kelanjutan kisah Anggia dan Alexander? Lalu, apakah Alvaro membuka hatinya untuk Anggia?

12. Senior

Masih dengan cerita romansa remaja sekolahan. Kali ini ada Aluna yang baru saja masuk ke SMA Sevit Bandung. Sekolah tersebut sudah terkenal dengan seniornya yang galak-galak. Bahkan saat baru MOS.

Mungkin memang Aluna sedang bernasib tidak baik. Ia ketahuan datang terlambat oleh Ketua MOS yang terkenal super galak, siapa lagi kalau bukan Nakula. Kini, Aluna dihukum keliling lapangan di depan semua orang.

BukuBeli dan Baca Sekarang!

Hukuman itu membuat Aluna membenci Nakula. Baginya, Nakula itu sok dan ngomongnya irit banget. Aluna tidak akan diam saja, ia akan melawan. Namun, keadaan mendorongnya untuk mengenal Nakula lebih dalam. Ternyata ada rahasia dibalik sifat dingin dan kejam Nakula. Aluna berusaha berempati dan mengerti.

13. Surat dari Kematian

Nah, berbeda dari yang lain, kali ini ada novel horor dari Wattpad yang diangkat menjadi film. Bercerita tentang dua orang mahasiswa yang ingin membuat konten Youtube mengenai mitos dan kisah horor di kampus UGM.

Dua mahasiswa tersebut adalah Zein dan Kinan. Keduanya sangat berbeda, Zein memiliki kelebihan dapat melihat makhluk tak kasat mata dan Kinan adalah orang yang tak percaya dengan hal mistis. Tentu saja perbedaan itu membuat mereka sering salah paham dan berdebat.

Kemudian, ada seorang mahasiswa FEB yang dikabarkan menghilang setelah mendapat surat dari orang yang telah mati bunuh diri. Surat tersebut berisi hal yang harus ia lakukan, dan jika ia menolak maka ia akan mati.

SuratBeli dan Baca Sekarang!

Ternyata bukan hanya satu orang yang mendapat surat seperti itu. Zein dan Kinan menyelidiki pengirim surat tersebut. Mereka mencurigai salah satu orang yang telah mati gantung diri di Gama Plaza beberapa tahun lalu.

14. My Lecturer. My Husband

Mari kita kembali ke novel romansa. Novel ini menceritakan tentang perjodohan Inggit Almira Arundapati dan Sadewa Bentara Arya. Masalahnya adalah Arya merupakan dosen yang galak dan menyebalkan di kampus tempat Inggit menimba ilmu.

Pokoknya, Inggit kesal dengan dosen kanebo kering satu itu. Kini, rasa kesalnya semakin bertambah karena harus menghadapi Arya sebagai suaminya di rumah.

Kehidupan rumah tangga ini mereka jalani dengan terpaksa. Inggit menyembunyikan pernikahannya serapat mungkin dari teman-temannya. Tentu hal tersebut tak mudah. Ditambah lagi, sebenarnya Inggit sudah memiliki kekasih, yakni Karatama Reinha.

MyBeli dan Baca Sekarang!

Bagaimana keberlangsungan rumah tangga Inggit dan Arya? Apakah Inggit pada akhirnya memilih sang kekasih, yakni Kara?

15. The Perfect Husband

Masih dengan kisah perjodohan, tetapi kali ini ada Ayla, si mahasiswi abadi yang urakan, manja, dan egois. Ia masih ingin menikmati masa mudanya bersama sang kekasih, yakni Ando, beserta sahabat-sahabatnya, yakni Viana dan Dilan.

Namun, tiba-tiba saja ia didatangi oleh Arsen dan diminta untuk menikah dengannya. Tentu saja Ayla terkejut dan langsung menolak perjodohan itu. Namun, Arsen tak menyerah untuk meluluhkan hati Ayla.

TheBeli dan Baca Sekarang!

Pernikahan yang mereka jalani dengan terpaksa ini tak pernah lepas dari masalah. Arsen selalu berusaha sabar menghadapi Ayla yang kekanakan. Apakah Ayla akan berubah? Atau kesabaran Arsen akan habis sebelum itu?


Itu dia deretan novel yang sudah hadir menjadi film dan series baru, maupun yang akan rilis sebentar lagi. Biar makin seru, jangan lupa baca novelnya dulu ya, dan semuanya bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Tanpa takut dompet tipis, masih ada diskon untuk #SahabatTanpaBatas yang begitu spesial. Yuk, checkout sekarang sebelum kehabisan!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Kamu juga bisa pesan bukunya melalui layanan terbaru Gramedia.com, Pesan Antar. Pesan melalui chat WhatsApp, kamu bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), jadi paketmu lebih cepat sampai. Untuk info lebih lanjut, klik gambar di bawah ini.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: MD Pictures, Starvision Plus, Vidio Original, Dok. Gramedia.com

Penulis: Nanda Hadiyanti, Almira R. Natasya, Almanda Jazroh Hardiyanti


Enter your email below to join our newsletter