Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Dark Academia: Memahami Keindahan Klasik yang Penuh Misteri!

Dark Academia: Memahami Keindahan Klasik yang Penuh Misteri!

Bonjour, Grameds🙋

Siapa di sini yang pernah dengar istilah "dark academia"? Mungkin beberapa teman Grameds ada yang sudah familiar dengan istilah dark academia, namun ada beberapa juga yang baru pertama kali mendengar istilah tersebut. Nah, di artikel kali ini, Gita ingin mengajak Grameds untuk ikut menyelam ke dunia indah yang gelap, mistis, dan penuh misteri. Yap, dunia dark academia! Yuk, kita cari tahu apa sih sebenarnya dark academia itu!🪄

Dark Academia, Misteri yang Diselimuti Estetika

Kamu suka dengan konsep vintage yang bernuansa gelap dan gotik? Berarti kamu sudah lumayan mengenal apa itu dark academia. Dilansir dari bookish self, dark academia merupakan salah satu gaya estetika yang populer di kalangan dewasa muda (millenial, gen z) dalam beberapa tahun terakhir. Istilah ini pertama kali muncul di Tumblr pada tahun 2014. Konsep dark academia saat ini sudah menjadi sebuah pendekatan terhadap sastra, seni, fesyen, dan banyak lagi. Konsep ini juga mencakup sastra, apresiasi seni klasik, dan estetik akademis kelam yang unik. Dark academia mengambil konsep dari Ghotic and Romantic movements abad ke-18 dan ke-19, namun seiring berjalannya waktu dark academia berkembang menjadi subkulturnya sendiri.

Saat ini, orang-orang lebih mengenal dark academia sebagai aliran fesyen dan estetika. Biasanya dark academia digambarkan dengan fesyen warna-warna gelap, seperti hitam, biru tua, dan hijau tua; pakaian klasik seperti blazer, turtleneck, dan sepatu pantofel. Dark academia aesthetic ini dipengaruhi dengan culture perguruan tinggi di Eropa. Namun, saat ini, gaya atau fesyen dark academia telah berkembang menjadi gaya vintage yang gender neutral dan tidak terbatas. Kira-kira seperti ini, Grameds, gambaran dark academia aesthetic.

Nah, akan tetapi banyak orang yang tidak tahu bahwa dark academia juga bukan hanya sekadar fesyen dan estetika saja, lho. Melainkan juga bisa menjadi tema film dan novel. Biasanya film dan novel yang mengusung tema dark academia ini memiliki cerita yang berlatar di sekolah atau perguruan tinggi elit dengan seragam khusus, namun dibalik kemewahan itu ada misteri dan kegelapan yang disembunyikan. Banyak film-film populer yang mungkin sudah pernah kita tonton yang masuk ke dalam kategori dark academia. Contoh film yang menggambarkan dark academia adalah Dead Poets Society (1989). Film yang diperankan oleh aktor legendaris Robin Williams ini bercerita tentang guru yang menginspirasi siswa-siswa di sekolah asrama elit untuk mengekspresikan diri mereka melalui puisi dan teater. Dead Poets Society menjadi karya yang pertama kali muncul di pikiran kita jika membicarakan dark academia. Selain Dead Poets Society, ada pula karya populer, yaitu Harry Potter yang juga masuk ke dalam kategori dark academia. Jadi, sebenarnya sudah banyak, ya, Grameds, karya-karya yang sebenarnya tergolong ke dalam konsep dark academia.

Nah, seperti biasa, Gita akan memberikan rekomendasi buku untuk kamu yang ingin menyelami kegelapan dan misteri dari dark academia. Apa saja bukunya? Yuk, cek daftar rekomendasi buku di bawah ini!🙌

Rekomendasi Buku Tema Dark Academia

Ninth House

ApaCek Bukunya di Sini!

"There were always excuses for why girls died.”

Ninth House berkisah tentang Galaxy “Alex” Stern yang merupakan mahasiswa baru Yale University yang paling tidak mungkin. Berasal dari pedalaman Los Angeles dan dibesarkan oleh seorang ibu hippie, membuat Alex putus sekolah dan sudah mengenal dunia “gelap” lebih awal. Pada usia dua puluh, ia satu-satunya orang yang selamat dari pembunuhan ganda yang mengerikan dan belum terpecahkan. Ketika di rumah sakit, ia ditawari kesempatan kedua: untuk sekolah di salah satu universitas paling bergengsi di dunia. Masih mencari jawaban, Alex tiba di New Haven dan diberi tugas oleh sang dermawan misterius untuk memantau aktivitas perkumpulan rahasia Yale. Seperti apa kisah Alex menjadi mahasiswa baru di Yale dan rahasia apa yang harus ia ungkap?

Buku dengan tema dark dan misteri satu ini sangat cocok untuk kamu penyuka kisah-kisah misteri yang penuh dengan rahasia dibaliknya. Buku ini membawa kita ke dunia suram yang mendebarkan, penuh misteri kuno, keajaiban, dan hal-hal berbahaya lainnya. Melalui novel misteri dewasa ini, Leigh Bardugo mampu menyajikan kararkter yang tergambarkan dengan baik beserta plot yang matang.

Sherlock Holmes: The Hound of the Baskervilles

ApaCek Bukunya di Sini!

Shelock Holmes kembali lagi dengan aksinya. Kali ini ia ditantang untuk tetap mengedepankan logika meskipun semua fakta yang muncul tidak bisa dicerna akal sehat. Pada kisah The Hound of the Baskervilles terdapat sebuah generasi keluarga bangsawan tua di Devonshire yang terancam oleh sebuah kutukan kuno, membuat satu per satu pewarisnya meninggal secara mengerikan. Dalam cerita satu ini, Holmes akan mengupas misteri dibalik kutukan keluarga bangsawan kuno yang aneh dan tidak masuk akal.

The Hounds of Baskerville merupakan cerita penyelidikan Holmes yang dianggap paling misterius sekaligus berbau supranatural. Kita akan dibawa ke dalam suasana yang mencekam, berbelit, dan tidak dapat diprediksi. Bagi kamu penyuka cerita misteri dengan twist di akhir, seri buku Sherlock Holmes yang satu ini pasti akan membuat kamu penasaran. Seperti apa akhir kisah perjalanan Sherlock Holmes dan dr. John Watson di Devonshire? Yuk, cari tahu jawabannya dengan cek bukunya di sini!

The Maidens

ApaCek Bukunya di Sini!

Zoe yang meyakini bahwa perempuan yang terbunuh di Cambridge adalah sahabatnya—Tara, akhirnya menelepon bibinya. Demi keponakannya, Mariana Andros langsung mengunjungi Universitas Cambridge walau terasa berat. Ia harus melawan kerinduannya pada suaminya selagi menyusuri tempat-tempat penuh kenangan mereka berdua. Ternyata Tara merupakan salah satu anggota Para Perawan (The Maidens), sebuah kelompok istimewa yang dipimpin oleh profesor kelas Greek Tragedy, bernama Edward Fosca. Namun, karena Edward memiliki alibi yang sempurna, ia lolos dari penyelidikan polisi. Akan tetapi, ketika mayat perempuan lain ditemukan, Mariana semakin mencurigai sang profesor. Dengan penuh tekad, ia ingin menyeret Edward ke dalam penyelidikan. Namun, tak disangka Mariana justru menemukan fakta yang meruntuhkan yang ia yakini selama ini.

Buku dengan tema Dark Academia penuh misteri satu ini akan langsung membuat kamu langsung tertarik. Dengan kisah yang tidak biasa dan menarik disertai penggunaan mitologi Yunani menambah suasana saat membacanya menjadi lebih menyeramkan. Setiap membaca lembarnya kita akan dipenuhi dengan firasat buruk, namun juga dibawa penasaran dengan kejadian-kejadian anehnya.

Confessions

ApaCek Bukunya di Sini!

Sedikit berbeda dari tiga buku sebelumnya, Confessions akan menawarkan kita misteri thriller pembunuhan yang memiliki twist di akhir. Berkisah tentang seorang guru wali kelas SMA, Moriguchi Yuko, yang kehilangan putri semata wayangnya yang baru berumur 4 tahun. Polisi menyimpulkan kematiannya sebagai kecelakaan, namun Yuko tahu bahwa salah satu dari siswanya yang membunuh anaknya. Dia ingin membalas dendam atas kematian anaknya tersebut, namun siapa sangka balas dendam yang ia lakukan hanyalah awal dari sebuah mimpi buruk lainnya.

Confessions mengeksplorasi berbagai tema, seperti hukuman, keputusasaan, cinta yang tragis, dan puncaknya ada pada konfrontasi mengerikan antara guru dan siswanya yang akhirnya membahayakan seluruh anggota sekolah. Karya Kanae Minato yang satu ini disampaikan dalam bentuk prosa yang gamblang dan sederhana, namun ternyata ceritanya sendiri berbelit-belit dan rumit. Confessions merupakan pilihan bacaan yang tepat untuk para pecinta misteri dan thriller yang juga terdapat pesan tersirat di dalamnya.

Seri Harry Potter

ApaCek Bukunya di Sini!

Siapa yang tidak tahu seri novel yang satu ini? Seri novel fantasy karya J. K Rowling ini sudah menjadi legenda bagi para pecinta novel fiksi fantasy. Harry Potter, berkisah tentang seorang anak berkacamata dengan bekas luka di dahinya, yang tidak mengetahui bahwa ia merupakan seorang penyihir. Saat ulang tahunnya yang ke-11, Harry mendapat surat dari Hogwarts—sebuah sekolah sihir di Inggris. Ia pun mengetahui bahwa kedua orang tuanya yang sudah meninggal ternyata merupakan penyihir dan dulunya juga bersekolah di Hogwarts. Harry pun memulai petualangannya di Hogwarts bersama kedua sahabatnya—Ron dan Hermione, mengungkap sosok dibalik kematian kedua orang tuanya dan bekas luka yang dimilikinya.

Harry Potter, mungkin merupakan seri novel anak-anak paling populer sepanjang masa. Dengan total 7 buku, Harry Potter mampu memberikan kita sebuah kisah menarik yang tidak dapat kita temui di novel-novel lain. Seri buku yang juga sudah diadaptasi menjadi film layar lebar ini sudah pasti menjadi salah satu novel yang wajib kamu miliki. Yuk, cek bukunya di sini!

The Picture of Dorian Gray

ApaCek Bukunya di Sini!

"You know more than you think you know, just as you know less than you want to know."

The Picture of Dorian Gray, merupakan novel yang berkisah tentang seni, keindahan, dan dosa. Menceritakan tentang Dorian Gray, seorang pria tampan, namun korup. Ketika ia berharap bahwa potret dirinya yang sempurna, gambar itu menjadi rahasianya yang mengerikan, karena berisi kekejaman dan kebejatan. The Picture of Dorian Gray adalah novel gotik penuh misteri yang menggabungkan tulisan indah dengan alur yang terlihat sederhana. Buku yang cocok dengan vibes Dark Academia ini berisi penyelidikan terhadap jiwa manusia, kekuatan kesombongan dan masalah ketika menjadi hidup tanpa konsekuensi atas tindakan yang dilakukan. Buku yang termasuk ke dalam English Classic ini membuat kamu berpikir tentang nilai-nilai dalam masyarakat (society).

Norwegian Wood

ApaCek Bukunya di Sini!

“No truth can cure the sorrow we feel from losing a loved one. No truth, no sincerity, no strength, no kindness can cure that sorrow. All we can do is see it through to the end and learn something from it, but what we learn will be no help in facing the next sorrow that comes to us without warning.”

Norwegian Wood adalah novel yang terbit pada tahun 1987, merupakan karya penulis asal Jepang, Haruki Murakami. Novel yang diceritakan dari sudut pandang orang pertama, yaitu Toru Watanabe berkisah tentang nostalgia, kehilangan, dan seksualitas. Melalui kenang-kenangan Watanabe, pembaca mampu melihat dia mengembangkan hubungan dengan dua wanita yang sangat berbeda — Naoko cantik, namun bermasalah secara emosional, dan Midori ceria nan bersemangat. Novel ini akan membawa kamu mengikuti perjalanan Watanabe dalam menemukan makna hidup yang sebenarnya. Novel yang mengisahkan perjalanan psikologis pemuda di umur 20-an yang memiliki banyak trauma ini akan membuat kamu terhanyut dalam peristiwa-peristiwa yang membawa kesedihan.

Satu Pembohong (One of Us is Lying)

ApaCek Bukunya di Sini!

"Some people are just too toxic to live."

One of Us is Lying bercerita tentang lima murid yang kebetulan sedang menjalani hukuman detensi. Ada Bronwyn, genius dengan nilai akademis sempurna dan tidak pernah melanggar peraturan. Addy, cewek populer, gambaran gadis sempurna yang memenangkan kontes kecantikan. Nate, cowok nakal yang saat ini sedang dalam masa percobaan karena transaksi narkoba. Cooper, atlet tim bisbol dan pangeran di hati semua orang. Dan Simon, the outsider, pencipta aplikasi gossip mengenai kehidupan Bayview High. Namun, sebelum berakhirnya detensi, Simon tewas. Mengapa Simon mati? Dan apakah kematiannya ada hubungannya dengan 4 orang yang bersamanya di ruang detensi?

Kisah misteri pembunuhan klasik dengan latar sekolah ala Breakfast Club, Riverdale, dan Nancy Drew ini akan membuat kamu penasaran dengan rahasia dibaliknya. One of Us is Lying merupakan bacaan ringan yang akan tetap memberikan rasa ketegangan hingga akhir cerita.

The Goldfinch

ApaCek Bukunya di Sini!

The Goldfinch berkisah tentang Theo Decker, seorang anak berumur 13 tahun sekaligus warga New York yang secara ajaib selamat dari kecelakaan yang membunuh ibunya. Ditinggalkan oleh ayahnya, Theo diasuh oleh keluarga seorang teman kaya. Theo yang tertarik dengan sebuah lukisan kecil akhirnya masuk ke dalam komunitas seni yang kaya dan picik.

Buku The Goldfinch merupakan karya yang ditulis dengan indah dan disertai oleh alur cerita yang menarik. Cerita yang mencekam dan terduga akan membuat kita merasakan ketegangan selama membacanya. Ada petualangan, cinta, narkoba, perjudian, dan juga seni dalam buku ini. Namun, poin utama dalam buku ini yaitu mengisahkan tentang penderitaan, kehilangan dan ketidakmampuan tokoh utama untuk bahagia. Buku ini akan memperlihatkan perjalanan seseorang keluar dari kecanduan dan lingkungan yang buruk dan berusaha menggapai kebahagiaan.

Villains 1: Vicious

ApaCek Bukunya di Sini!

”Someone could call themselves a hero and still walk around killing dozens. Someone else could be labelled a villain for trying to stop them. Plenty of humans were monstrous, and plenty of monsters knew how to play at being human.”

Villains 1: Vicious, menceritakan tentang dua laki-laki yang bertemu sebagai teman sekamar kuliah, Victor dan Eli. Mereka merupakan laki-laki yang brilian, arogan, kesepian yang mengakui ketajaman dan ambisi yang sama satu sama lain. Di tahun terakhir mereka, mereka melakukan penelitian yang berbahaya: pengalaman mendekati kematian, dan peristiwa yang seperti supernatural ini mengungkapkan kemungkinan yang menarik, bahwa dalam kondisi yang tepat, seseorang dapat mengembangkan kemampuan luar biasa. Namun, ketika menjalankan eksperimen tersebut, terjadi kesalahan. 10 tahun sudah berlalu, Victor yang saat ini baru saja keluar dari penjara bertekad mengejar mantan sahabatnya—yang sekarang menjadi musuh. Sementara itu, Eli sedang dalam misi untuk membasmi setiap orang berkekuatan super lain yang dapat ia temukan.

Villains 1: Vicious merupakan sebuah buku yang mengisahkan villain dan superhero. Dalam skala hitam ke putih, buku ini berada tepat di tengah-tengah. Buku yang sangat abu-abu secara moral, ambigu secara etis, namun gelap dan sangat menyenangkan.

Nah, itu dia 10 buku rekomendasi bertema dark academia. Gimana, Grameds? Sudah siap menyelami dunia kelam yang indah, namun penuh dengan misteri? Kalau sudah siap, yuk langsung saja cek koleksi buku dengan tema dark academia di Gramedia.com. Kamu juga bisa cek penawaran-penawaran menariknya di sini!⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


header: pexels.com

rujukan: bookishelf.com

penulis: Laila Wulanalfi


Enter your email below to join our newsletter