Dapat Inspirasi, Berikut Manfaat Membaca Buku Biografi

Dapat Inspirasi, Berikut Manfaat Membaca Buku Biografi

. 8 min read

Grameds, pernah nggak sih kalian ikut termotivasi setelah melihat proses kerja keras seseorang atau bahkan dari idolamu sendiri? Lalu kamu berpikir bahwa kamu juga bisa seperti mereka asalkan tekun berusaha. Yap, sugesti ini biasa terjadi pada kita jika melihat hal-hal baik dari seseorang.

Entah kenapa motivasi akan lebih membara, ketika melihat atau mendengarkan hal-hal pemicu kesuksesan, seperti melihat dari idola atau tokoh kenamaan lainnya. Nah, kamu tahu nggak sih kalau hal-hal tersebut bisa didapatkan ketika membaca biografi seseorang?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Ada juga autobiografi yang kisah hidupnya dituliskan dari sudut pandang si tokohnya. Bisa dituliskan sendiri, atau dibantu oleh ghost writer atau penulis pendamping. Ada lagi memoar, yang menceritakan secara khusus salah satu kisah atau peristiwa penting dalam hidup tokoh.

Membaca biografi seseorang apalagi beliau merupakan tokoh penting dalam sejarah, motivator, idol, atau bahkan penemu benda-benda dengan teknologi canggih, bisa memunculkan nilai-nilai dari hal kecil hingga hal besar dalam hidup kita lho. Nilai apa saja tuh? Berikut Admin jelaskan manfaat dari membaca biografi. Yuk, simak di bawah ini.

Manfaat Baca Buku Biografi

Membangun Motivasi

Sahabat super”, mungkin kalimat tersebut tidak asing di telinga  ketika menonton acara yang Mario Teguh. Sebenarnya, dalam diri manusia sudah tertanam motivasi, namun perlu pemicu untuk membangunnya.

manfaat
Sumber foto: vocal.media

Tidak hanya dari acara tersebut, kita bisa mendapatkan motivasi super dari buku biografi yang menceritakan pengalaman kehidupan seseorang, yang tentu mempunyai nilai-nilai penting. Hal penting tersebut dituangkan ke dalam buku dengan tujuan orang yang membacanya akan terpengaruh dan memberikan acuan untuk percaya dengan diri sendiri.

Motivasi didapatkan secara tersirat melalui buku bacaan biografi, maka dari itu makna dari setiap kandungan akan direspon dengan motivasi yang berbeda bagi setiap pembaca.


Baca juga: 5 Manfaat Baca Buku yang Dapat Tingkatkan Kinerja Otak


Mendapatkan Inspirasi

Cikal bakal pemikiran cerdas Mark Zuckerberg dalam pembuatan media sosial yang akhirnya menjadi Facebook, dulunya sempat ditentang oleh pihak administrasi Universitas Harvard. Tidak takut dengan kegagalan, ia malah makin percaya bahwa peluang dari media sosial yang dibuatnya cukup besar dan bisa digunakan lebih luas. Ia pun keluar dari Harvard dan tetap bersikeras untuk mengembangkan media sosial yang akhirnya menjadi media sosial terpopuler sedunia.

manfaat
Sumber foto: facebook.com/markzuckerberg

Tokoh yang ada dalam buku biografi mempunyai caranya masing-masing untuk melakukan keberhasilan. Bisa dikatakan setiap orang tentu mempunyai cara unik dalam membuahkan hasil briliannya. Nah, dari hal tersebut bisa dikatakan bahwa kita mendapatkan inspirasi dan kerja keras tokoh bahwa sesuatu yang membuahkan hasil tidak bisa dengan mudah dilakukan, tapi tentunya setiap proses tidak akan mengkhianati hasil.

Menghargai Nilai-Nilai Kehidupan

Setiap hal kecil di sekitar kita bisa berharga, bahkan hingga bakteri yang terkumpul dalam minuman probiotik kemasan pun baik untuk usus kita. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa hal-hal kecil tidak akan mempengaruhi kualitas kehidupan, padahal dengan menghargai hal-hal kecil, kita bisa menghargai sebuah proses.

manfaat
Sumber foto: popsugar.com

Dengan membaca buku biografi kita tentu akan memetik nilai-nilai kehidupan yang berguna, mulai dari hal kecil hingga besar. Karena ketercapaian kehidupan seseorang dilakukan melalui sebuah proses, yang mana setiap komponennya akan sangat berharga.

Percaya dengan Diri Sendiri

Salah satu alasan seseorang membagikan kisah biografinya adalah untuk memberikan vibes positif pada pembacanya. Penulis menganggap bahwa kisah tokoh sangat layak untuk diberitahu pada khalayak umum untuk yakin kepada diri sendiri.

manfaat
Sumber foto: bbc.com

Pembaca akan mempunyai dorongan, pemikiran unik dan melepas belenggu inspirasinya untuk berinovasi. Manfaat ini sangat penting untuk membentuk karakter kita lho. Dengan percaya diri, kita tidak akan takut untuk mencoba segala hal. Bukankah lebih baik gagal untuk mencoba daripada mati dengan rasa penasaran?

Mengenal Tokoh Lebih Dalam

Tak kenal maka tak sayang”, begitulah pepatah menyebutkan. Jika ingin mengenal lebih dalam kehidupan tokoh atau idola yang mustahil untuk berinteraksi atau bahkan sudah tiada, maka dari itu dibuat sebuah buku biografi tokoh, agar kita bisa mempelajari dan mengetahui riwayat kehidupannya.

manfaat
Sumber foto: Dok. Kompas

Admin rasa buku biografi mempunyai banyak manfaat dari pembaca maupun penulisnya, karena riwayat kehidupan seseorang jika dituangkan ke dalam karya sastra tidak akan tenggelam dan musnah selama buku tersebut masih tersimpan dengan baik.

Contohnya, kita bisa mengenal presiden pertama kita, Soekarno, melalui buku biografinya. Jika tidak ada yang menuliskan biografi beliau, mungkin kita tidak tahu bagaimana proses beliau berjuang untuk memerdekakan Indonesia. Selain itu manfaat untuk diri sendiri juga akan dirasakan, karena banyak pesan tersirat yang membentuk kepribadian diri kita jadi lebih baik.


Baca juga: Baca Buku Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Manfaat Kesehatan Lainnya


Itu dia Grameds manfaat yang bisa kamu rasakan dari baca buku biografi. Di Gramedia.com tersedia banyak sekali buku biografi tokoh-tokoh terkenal hingga populer di kalangan masyarakat hingga sekarang. Dan berikut beberapa buku biografi yang bisa kamu baca.

Rekomendasi Buku Biografi

Nadiem Makarim: Dari Pebisnis Start Up Level Unicorn Hingga Melenggang ke Istana

Gojek adalah aplikasi tranportasi daring pertama yang ada di Indonesia. Tentunya kita tidak asing dengan sosok founder-nya yaitu, Nadiem Makarim. Setelah dirinya dengan Gojek yang menghebohkan publik dengan aplikasinya tersebut, namanya kian melejit ketika ia diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

nadiemBeli dan Baca Sekarang!

Selain tentang aplikasi revolusionernya, kini ia makin dipandang dengan terobosan-terobosannya yang menakjubkan, bahkan dalam 100 hari ia menjabat sebagai pejabat publik. Ketahui lebih lengkap mengenai pemikirannya yang brilian dalam buku ini ya!

Tan Malaka: Biografi Singkat 1897 - 1949

Tan Malaka adalah teladan tokoh revolusioner dalam perannya memerdekakan Indonesia. Ada banyak ide dan pemikirannya yang telah berperan besar dalam mengantarkan Indonesia bebas dari penjajahan. Ditulis juga secara gamblang mengenai kehidupan Tan Malaka tentang posisi pentingnya dalam perjuangan kemerdekaan.

tanBeli dan Baca Sekarang!

Ada juga tentang ide-ide briliannya yang radikal, orisinal dan revolusioner, yang telah mengawal langkah juang para pahlawan kemerdekaan, serta kisah pahit getir kehidupan yang dilaluinya.

Eminem

Pria dengan nama asli Marshall Bruce Mathers III ini dikenal sebagai salah satu rapper profesional paling sukses sepanjang masa. Namun memang tidak mudah bagi Eminem untuk mendapatkannya.

biografiBeli dan Baca Sekarang!

Ia akhirnya berhasil meruntuhkan keraguan banyak pihak yang sudah sejak lama menganggap musik rap hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kulit hitam. Buku ini menceritakan kisah Eminem sebelum memperoleh kehidupan gemerlap dan popularitas yang sudah ia dapatkan saat ini.


Baca juga: 5 Tips Ampuh Menyelesaikan Buku Tebal


Raden Saleh: Kehidupan dan Karyanya

Pecinta seni khususnya melukis, pasti tahu betul kiprah Raden Saleh semasa hidupnya. Buku ini menghadirkan kembali kehidupan, serta karya-karyanya yang melegenda dengan gaya esai yang ringan.

biografiBeli dan Baca Sekarang!

Diceritakan pula tentang daerah Jawa, tempat kelahiran Raden Saleh, yang beliau rasa sangat berbeda situasinya dengan Eropa yang ia temui ketika mengemban ilmu lukis. Entah realitas sosial dan kultural negara kolonial yang semakin kokoh, yang memaksanya menyesuaikan diri sepulangnya dari Eropa.

Gianluigi Buffon "The Living Legend"

Kemenangan Italia yang membawa pulang trofi Piala Eropa 2020 kemarin pasti mengingatkan kamu juga dengan legenda kiper sebelumnya yaitu, Buffon. Yap, ia pernah menjadi penjaga gawang nomor satu di Juventus dan tim nasional Italia. Ia meraih gelar kiper terbaik di Serie A sebanyak 8 kali dan merupakan salah satu kiper terbaik dunia.

gianluigiBeli dan Baca Sekarang!

Ia pernah berhasil memecahkan rekor sebagai kiper termahal dunia, setelah ditransfer dari AC Parma ke Juventus pada tahun 2001 dengan mahar 45 juta euro. Ia juga berhasil meraih banyak gelar bersama Juventus dan menjuarai Piala Dunia 2006 bersama timnas Italia. Bagaimana Buffon bisa mencetak banyak penghargaan atas kelihaiannya menghalau bola lawan? Buku ini menceritakan kisah hidup sang legenda.

Terdidik (Educated) - Sebuah Memoar

Buku ini berisi kisah nyata dari Tara Westover yang lahir dari keluarga komunitas penyintas di pegunungan Idaho. Wilayah ini sangat terisolasi dari masyarakat luar sampai Tara tidak pernah menginjak bangku sekolah. Buku ini menceritakan perjalanan lika-liku kehidupan Tara, yang akhirnya berhasil mencapai pendidikan doktoral dan mendapatkan berbagai penghargaan.

terdidikBeli dan Baca Sekarang!

Umur 17 tahun menjadi pertama kalinya Tara menginjakkan kaki di ruang kelas, dan memutuskan mencoba kehidupan baru. Pencarian akan pengetahuan mengubahnya dan membawanya ke Harvard dan juga Universitas Cambridge. Buku ini jadi buku terlaris The New York Times selama 2 tahun berturut-turut, telah diterjemahkan ke 45 bahasa, dan direkomendasikan oleh Bill Gates dan Obama!

Becoming - Michelle Obama

Buku yang ditulis sendiri oleh FLOTUS (First Lady of the United States) pertama keturunan Afrika ini menceritakan kisah hidupnya sejak masa kecil hingga menjadi ibu negara, bertahun-tahun di White House, sekaligus menjadi ibu dari dua anak perempuannya. Kisahnya sangat inspiratif, terlebih untuk para wanita yang ingin berkarir dan sukses dalam rumah tangga.

becomingBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini menjadi autobiografi paling populer di dunia dan sudah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa. Saat kamu membaca, rasanya seperti kamu sedang diceritakan langsung oleh mantan ibu negara ini. Semuanya terasa sederhana karena ia menuliskan kebiasaan sampai ke cita-citanya saat kecil. Ia mengungkap pasang surut kehidupan masa kecil, asmaranya, bagaimana ia bertemu Barack Obama, hingga tentang dilemanya saat harus memilih bekerja atau mengurus keluarga.

Why? People - Elon Musk

Anak-anak juga bisa baca biografi tentang tokoh-tokoh dunia lewat penyajian yang begitu menarik dan ilustrasi penuh warna dalam seri Why? People. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk meneladani sikap tokoh, menghargai proses mencapai kesuksesan dan menjadi motivasi. Salah satunya lewat kisah sukses pencipta mobil bertenaga listrik mewah pertama kali di dunia, yaitu Elon Musk.

whyBeli dan Baca Sekarang!

Tesla menjadi produk dari inovasinya yang begitu cerdas. Perhatiannya pada kelangsungan hidup dunia dan lingkungan membuat hal yang mustahil menjadi bisnis yang menguntungkan. Dalam buku ini diceritakan bagaimana ketekunan Elon menggapai impiannya. Ia ternyata sering dicemooh dan diolok-olok banyak orang, karena pemikirannya yang begitu mustahil. Dengan semangat dan kerja keras, ia bisa menunjukkan pada dunia hasil inovasinya yang begitu menakjubkan.

Jadi penasaran dengan kisah hidup mereka nggak, Grameds? Selain kita makin mengenal kehidupan sang tokoh, dari buku biografi kamu bisa mendapatkan inspirasi sekaligus motivasi dari apa yang sudah dilakukan mereka dalam menggapai impiannya.

Dapatkan segera buku-buku biografi yang kamu inginkan, karena Admin berikan diskon spesial untuk seluruh produk di Gramedia.com. Jadi kalian bisa segera baca buku-buku di atas ya!

Ingin pesanan lebih cepat sampai rumah? Gunakan layanan Gramedia Pesan Antar, kamu bisa pilih jasa kurir express, sehingga pesananmu segera sampai di rumah.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: pexels.com