10 Rekomendasi Novel Teranyar untuk Mengisi Lembaran Baru di Bulan November

10 Rekomendasi Novel Teranyar untuk Mengisi Lembaran Baru di Bulan November

. 5 min read

Bulan telah berganti, tak terasa sudah November saja. Apakah kamu telah kehabisan buku bacaan untuk bulan kesebelas ini?

Tenang saja! Gramedia.com sudah merangkum beberapa novel baru yang sudah minta untuk nangkring di lemari buku kamu semua.

Berikut adalah daftar 10 novel teranyar untuk mengisi lembaran baru hari-harimu di bulan November 2018.

1. Love, Life, and the List

FIKSI

Novel fiksi karya Kasie West ini sepertinya cocok bagi kamu yang sedang berjuang menggapai impian. Love, Life, and the List bercerita tentang Abby Turner, seorang gadis berusia 17 tahun yang menganggap dirinya sebagai seniman hebat.

Abby berniat untuk ikut sebuah pameran lukisan. Akan tetapi, pemilik galeri tempatnya bekerja bilang kalau lukisan Abby belum cukup bagus dan tampak masih ada yang kurang.

Awalnya, Abby sempat merasa terpuruk mendengar kritik dari bosnya itu. Apalagi dengan kemelut hidup di mana ibunya mengidap gangguan kecemasan dan cintanya pada sang sahabat, Cooper, bertepuk sebelah tangan.

Namun, ia berusaha bangkit dengan membuat “Daftar Hati” agar makna dari lukisannya juga bisa dirasakan oleh orang lain. Akankah Abby dan lukisannya berhasil melenggang di pameran itu?

2. The Drowning Girls

FIKSI

Liz McGinnis merasa tidak nyaman dengan para tetangga barunya di The Palms, komplek perumahan mewah yang eksklusif. Mereka tampak selalu memakai topeng dengan segala rahasia yang ditutupi habis-habisan.

Sudah begitu, hubungan Liz dengan putrinya, Danielle dan sang suami, Phil malah merenggang. Hal ini mulai dirasakannya saat Kelsey, anak dari salah satu tetangganya, berteman dengan Danielle yang pemalu dan kutu buku.

Ada apa sebenarnya di balik itu semua? Segera cari tahu jawabannya dalam novel The Drowning Girls karya Paula Treick DeBoard.

3. Lockwood & Co #5: Makan Tanpa Penghuni (The Empty Grave)

FIKSI

Novel seri karya Jonathan Stroud masih berlanjut dalam novel Lockwood & Co #5: Makam Tanpa Penghuni (The Empty Grave). Dalam seri kali ini, petualangan Lockwood & Co dimulai ketika mereka memasuki sebuah makam bawah tanah.

Makam itu sudah terkenal di seluruh negeri akan penjagaannya yang sangat ketat. Setelah berada di dalamnya, mereka menemukan sesuatu yang tak terduga dan berusaha menguak hal di balik penemuannya itu. Namun, mereka jadi harus memerangi agensi Fittes yang tak suka dengan tindakan Lockwood & Co.

Masalah semakin pelik saat Lockwood & Co terpaksa harus mengunjungi “Dunia Lain”. Musuh-musuh pun semakin banyak bermunculan. Apakah Lockwood & Co bisa berhasil keluar dari rentetan masalah tersebut?

4. Don't Let Go

FIKSI

Novel ini merupakan buku perdana dari P. Andriany. Don’t Let Go bercerita tentang hidup Olivia yang mendadak jungkir balik karena calon suaminya meninggal akibat kecelakaan mobil. Ditambah lagi dengan kenyataan kalau ada wanita lain di dalam mobil itu.

Sejak saat itu, Olivia tak lagi percaya dengan lelaki manapun. Hingga dia bertemu Barra. Hubungannya dengan Barra semakin dekat ketika mereka tidak sengaja bertemu lagi untuk yang kedua kali. Lambat laun, masa lalu Olivia pun terendus oleh Barra.

Barra pun terkejut dan jadi gelisah. Lebih-lebih karena ternyata kepedihan yang dulu dirasakannya berhubungan dengan masa lalu kelam Olivia. Apa sebenarnya yang disembunyikan Barra tentang masa lalunya?

5. My Name is Venus Black

FIKSI

Hidup Venus Black sekejap runtuh setelah dituduh melakukan tindak kriminal yang menggegerkan seisi kota Everett. Bahkan dirinya menjadi sorotan para media lokal. Belum lagi Leo, adiknya yang dalam kondisi keterbelakangan mental, tiba-tiba lenyap.

But, Venus Black is back! Selepas lima tahun mendekam di penjara, Venus Black siap memulai hidupnya yang baru bermodal identitas palsu. Orang-orang baru pun mulai mengisi hidup barunya.

Kisah perjalanan hidup baru Venus Black diceritakan dalam novel My Name is Venus Black yang sekaligus menjadi karya fiksi pertama dari Heather Lloyd.

6. Resilience: Remi’s Rebellion

FIKSI

Berubah memang tidak mudah, tetapi patut dicoba. Seperti yang dilakukan oleh Remi, remaja 16 tahun yang introvert dan bisa dibilang langka di sekolahnya.

Bagaimana tidak? Kutu buku bukan, jenius juga bukan. Remi malah lebih sering menguras waktunya sendirian dengan berkhayal dan berkeliaran tak jelas.

Namun, Remi bertekad untuk keluar dari zona nyamannya demi merealisasikan mimpinya. Bersama Kino, Remi berusaha untuk melawan dunianya sendiri. Gadis itu belajar bagaimana halnya persahabatan dan ekspansi diri.

Apakah Remi bisa berubah bak kepompong yang bermetamorfosis menjadi kupu-kupu?

Layaknya membaca buku harian Remi, siapa tahu kamu akan menemukan dirimu sendiri dalam karakter Remi melalui novel Resilience: Remi’s Rebellion karya Nellaneva.

7. City Lite: Tinderology

FIKSI

Ya, bisa dilihat dari judul novel ini kalau ceritanya akan ada sangkut-pautnya dengan aplikasi pencari “teman” bernama Tinder. City Lite: Tinderology adalah karya Larasaty Laras yang bercerita soal percintaan Arawinda Kani.

Saking sibuknya bekerja, wanita yang biasa dipanggil Awi itu tak sempat mencari pasangan sehidup semati. Fala, yang gregetan melihat kesendirian Awi yang sudah terlalu lama akhirnya menyuruh sahabatnya itu untuk coba bermain Tinder.

Walau sempat ragu, Awi pun mengunduh aplikasi Tinder. Untuk sekian kalinya geser layar kanan-kiri, muncullah tulisan “It’s a match!”.

Pria itu adalah Rajiman Aksa alias Aji. Hanya berjarak 2 kilometer, apakah selama ini jodoh Awi sedekat itu?

8. Teenlit: Bingkai Kenangan

FIKSI

Novel Teenlit: Bingkai Kenangan karya Seplia ini belum lama diterbitkan. Cerita bermula dari tragedi kamera rusak yang membuat Ellio berkenalan dengan murid baru bernama Flo.

Dari awal, Ellio memang sudah merasa bahwa Flo agak aneh. Dia sering sekali lupa, bahkan hal-hal sepele sekalipun. Mulai dari letak kelasnya sendiri hingga nama teman-temannya. Meski begitu, keanehannya tak mengurungkan niat Ellio untuk pacaran dengan Flo.

Namun, ketika Flo berhasil menjadi pacarnya, Ellio harus menerima kenyataan pahit. Suatu hari, Flo tak ingat apapun tentang Ellio, dari nama, wajah, hingga kebersamaan mereka selama ini. Apa yang sebenarnya terjadi pada Flo?

9. Young Adult: Fallega

FIKSI

Buku ini menjadi novel pertama Dana Fazaria yang diterbitkan. Young Adult: Fallega menceritakan kembalinya Fallega alias Fal ke Jakarta setelah sempat diasingkan oleh keluarganya sendiri.

Kini ia berubah menjadi cewek tomboi yang ditakuti mahasiswa lainnya. Dengan kedok hilang ingatan, Fal melaksanakan balas dendam pada mereka yang telah menghancurkan hidupnya. Salah satunya adalah Aji, pria yang dulu mengkhianati Fal.

Di tengah-tengah aksinya, Fal justru bertemu dengan Rani dan Awi. Mereka seperti datang untuk membuka hati Fal bahwa masih ada berbagai kebaikan di sekitarnya. Lalu, apakah Fal berhasil membalaskan dendamnya?

10. Theodore Boone #5: Sang Buronan (The Fugitive)

FIKSI

Novel kelima dari buku seri karya John Grisham ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Theodore Boone #5: Sang Buronan (The Fugitive) bercerita tentang petualangan Theo bersama teman-teman sekolahnya di Washington, D.C.

Akan tetapi, keseruannya tak bertahan lama setelah Theo melihat sosok itu. Tidak salah lagi, dia adalah Pete Duffy yang sedang jadi buronan FBI karena diduga sebagai tersangka pembunuhan. Theo bertekad untuk tak membiarkan Pete Duffy berkeliaran lagi dengan segala aksi jahatnya.

Theo pun harus bersiap akan bahaya yang ada di hadapannya karena tindakannya. Akankah Theo berhasil menghentikan langkah sang buronan itu?


Kira-kira mana saja novel terbaru yang akan mengisi lemari bukumu? Dapatkan koleksi bukunya di Gramedia.com.


Header image source: Zmescience.com