10 Rekomendasi Novel Baru Mei 2019 untuk Menemani Puasamu

10 Rekomendasi Novel Baru Mei 2019 untuk Menemani Puasamu

. 4 min read

Awal Mei kali ini berbarengan dengan momen datangnya bulan Ramadan. Dengan kata lain, waktunya menunaikan ibadah puasa selama satu bulan ke depan bagi teman-teman muslim yang menjalankan.

Biasanya, ketika berpuasa, banyak orang cenderung mengurangi waktu beraktifitasnya, dan lebih fokus untuk beribadah. Bahkan ada yang berniat untuk khatam membaca Al-Quran di Ramadan ini.

Di luar kegiatan beribadah, enggak ada salahnya Grameds, juga menghabiskan waktu untuk membaca buku-buku yang baru saja terbit. Selain tak perlu menguras tenaga saat berpuasa, buku-buku baru berikut ini dijamin akan memberikan kisah atau cerita yang bikin nagih dan membuat Grameds ingin terus membaca kisahnya hingga selesai.

Apa saja novel terbaru di bulan Mei 2019 ini? Yuk langsung cek daftar lengkapnya di bawah ini.

1. Pemetik Bintang - Venerdi Handoyo

Daftar

Rifat dan Nina berusaha saling melengkapi. Meski sebenarnya masing-masing dari mereka juga sadar dengan kehidupan yang rapuh.

Mereka sepakat tetap berpegangan tangan, meski harus bertahan di tengah pertentangan norma dan keresahan hidup yang serbatanggung.

2. Sajak Sikat Gigi - Yudhistira ANM Massardi

Daftar

Penggemar puisi pastinya sudah tidak asing dengan buku ini. Yap, Sajak Sikat Gigi ini merupakan buku puisi terbaik tahun 1977 Dewan Kesenian Jakarta.

Kini buku tersebut terlahir kembali, 45 tahun kemudian. Menjadi salah satu buku wajib baca, karena dianggap memperkaya khazanah perpuisian Indonesia.

3. Tukar Takdir - Valiant Budi

Daftar

Mau tidak mau, suka tidak suka ada hal-hal yang tak bisa kita hindari. Ada takdir yang harus kita terima.

Itu lah yang ada di buku karya Valiant Budi. "Yang semangat hidup, dipanggil Tuhan. Yang berumur panjang, rindu kematian," begitu kurang lebih salah satu kutipan yang ada di buku ini.

4. Cara Berbahagia Tanpa Kepala - Triskaidekaman

Daftar

Bagaimana jika suatu waktu kalian merasa kepala kalian tidak bisa memberikan solusi atas persoalan yang sedang kalian hadapi? Yang ada, isi kepala kalian justru membuat masalah semakin rumit.

Dalam novel ini, Triskaidekaman, sebagai penulis, akan membawa kita pada perjalanan Sempati yang kehilangan kepalanya. Kehilangan kepala seperti apa yang dimaksud? Langsung baca yuk buku terbaru dari Triskaidekaman ini.

5. Circe - Madeline Miller

Daftar

Buku ini tentang Circe, yang merupakan seorang anak perempuan yang lahir di istana Helios, dewa matahari. Namun, Circe berbeda dari anak lainnya, dia jadi tidak punya teman.

Circe mengembara ke dunia manusia, sampai pada saatnya dia kembali ke negeri para dewa dan harus menghadapi dewa-dewa yang paling menakutkan.

6. Strange the Dreamer - Laini Taylor

Daftar

Sejak usianya lima tahun Lazlo Strange terobsesi dengan kisah Weep, kota yang hilang. Ketika kesempatan untuk mencari kota itu muncul di hadapannya, Lazlo memutuskan langsung menyambarnya sebelum dia kehilangan mimpi itu selamanya.

Apa sebenarnya yang menimpa kota Weep dua ratus tahun lalu hingga memutus kota tersebut dari dunia luar?

7. The Silent Widow - Tilly Bagshave/Sidney Sheldon

Daftar

Nyawa Niki Roberts dalam bahaya, karena seseorang terang-terangan mencoba membunuhnya. Kejadian ini terjadi karena Niki Roberts terkait dengan pembunuhan yang mengejutkan di L.A.

Kejadian yang tak menyenangkan itu, membuat Niki Roberts menyewa jasa detektif, untuk mengungkap dalang di balik semua masalah. Detektif tersebut bernama Derek Williams, yang kemudian justru membawa mereka berada dalam jalan yang penuh bahaya.

8. Nana - Emile Zola

Daftar

Kehidupannya jauh dari kata mulus. Nana Coupeau si tokoh utama dikisahkan menjadi pelacur demi bertahan hidup.

Hingga satu waktu dirinya menjadi wanita penghibur kelas atas, yang dibicarakan di seluruh Paris. Namun nama besarnya ikut berpengaruh saat Prancis mengumumkan perang pada Juli 1870.

9. Di Balik Sosok Gelap - Kori Suryani Hardi

Daftar

Apa yang akan kamu lakukan, di saat pacarmu ketahuan bertemu wanita lain, tanpa memberitahumu? Tak cukup sampai di situ, di saat bersamaan, kamu justru menemukan mayat di sebuah gudang.

Siapakah dalang dari pembunuhan ini? Parahnya lagi, mayat-mayat tersebut disembunyikan dalam bentuk patung lilin!

10. Bambi: A Life in the Woods - Felix Salten

Daftar

Kehidupan Bambi di dalam hutan berawal bahagia. Banyak teman bermain dan sepasang sepupu yang menemaninya, Gobo yang rapuh dan Faline yang cantik.

Ayah Bambi, si jantan yang tampan, suka menjelajah hutan, namun tak pernah tinggal bersama Bambi dan induknya. Kemudian musim dingin tiba, dan Bambi belajar bahwa hutan itu menyimpan banyak bahaya serta hal-hal yang tidak dia pahami.


Dari 10 buku di atas, adakah yang akan menjadi teman selama berpuasa kali ini? Jangan lupa langsung pesan di Gramedia.com ataupun di Gramedia Digital ya!