Rekomendasi 10 Novel Terbaru di Bulan Desember

Rekomendasi 10 Novel Terbaru di Bulan Desember

. 5 min read

Tak terasa sudah bulan Desember saja ya. Sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru 2019.

Di bulan Desember sudah banyak terbit novel-novel baru yang saling berebut untuk dimasukkan ke keranjang belanjaanmu, nih. Kira-kira ada novel apa saja ya?

Berikut rekomendasi 10 novel terbaru untuk menemani hari-harimu di bulan Desember 2018. Yuk, simak daftar bukunya di bawah ini.

1. Samudera

NOVEL

Bagi pengguna Wattpad, mungkin sudah tak asing dengan judul buku ini. Ya, Samudera sendiri merupakan novel yang diadaptasi dari karya tulis Mulya Fitri Anggriani di Wattpad.

Bercerita tentang rumitnya masalah yang harus dihadapi oleh dua orang sahabat, yakni Samudera dan Oceana. Novel berjudul Samudera ini seakan menunjukkan bagaimana perasaan cinta yang tak bisa dihindari dalam sebuah tali persahabatan.

2. Jiwa yang Tercerabut (Unsouled)

NOVEL

Graveyard telah hancur, padahal itu tempat aman terakhir untuk Connor dan Lev, serta para Unwind lainnya. Keduanya pun bakal terlibat dalam kasus yang melibatkan sosok wanita yang berusaha dilenyapkan oleh Proactive Citizenry.

Di satu sisi, Cam sadar bahwa dia bisa menumbangkan Proactive Citizenry. Dengan begitu, Risa juga nantinya dapat mengetahui isi hati Cam yang sebenarnya pada gadis itu.

Yuk, ikuti cerita lengkapnya dalam novel karya Neal Shusterman berjudul Jiwa yang Tercerabut (Unsouled)!

3. A Moment to Decide

NOVEL

Riana, sosok anak yang tidak pernah membantah Abi dan Umminya. Namun, ada rahasia yang disembunyikan Riana dari kedua orangtuanya, yaitu Riana ternyata diam-diam adalah pecinta K-Pop dan K-Drama.

Sampai suatu saat, tiba-tiba Riana harus menikahi seorang mualaf Korea berbadan gemuk dan bermata sipit. Apa yang sebenarnya yang terjadi? Haruskah Riani menikahi Oppa Korea itu?

Temukan kelanjutan kisah cinta Riani bersama dengan Oppa Korea-nya dalam novel berjudul A Moment to Decide karya Dian Dhie!

4. Kesempatan Kedua

NOVEL

Persoalan cinta itu tidaklah mudah. Cinta melibatkan hati dan perasaan sebuah pasangan. Setiap orang pun setidaknya pernah sekali merasakan apa itu cinta. Begitu pula dengan ketiga perempuan dalam novel Kesempatan Kedua karya Henny Simamora.

Dalam buku ini, tergurat cerita cinta dari tiga perempuan tersebut. Kisah yang menunjukkan bahwa dalam hidup, selalu ada kesempatan kedua, selalu ada pelajaran tak terlupakan tentang cinta, bahwa tak ada gunanya percaya ungkapan hati seorang pria yang sudah beristri.

5. Lebih dari Duka

NOVEL

Ditinggalkan olehmu, seseorang yang sangat berarti dalam hidupku, sangatlah sulit. Apalagi dengan kenyataan kalau kamu takkan pernah kembali lagi. Hanya ada rasa sepi yang sampai menusuk tulang.

Lalu, kapan aku bisa menghapus bayang-bayangmu? Lebih tepatnya, akankah aku sanggup melupakanmu? Apakah aku bisa memulai lembaran hidup yang baru?

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Yuk, cari tahu dalam novel karya Ai Deti Lestari yang berjudul Lebih dari Duka!

6. The Cursed Hand

NOVEL

Selama 22 tahun, Ashley dan keluarganya mengasingkan diri dari dunia luar yang menolaknya karena salah satu tangannya yang berkulit merah, penuh dengan tonjolan urat, dan kuku hitam pekat.

Suatu hari, Ashley bertemu Christine yang maniak dalam melukis penglihatan dalam mimpinya. Tambah aneh saat dia melihat buku di foto mendiang ibu Christine di mana ada kata-kata yang sering muncul dalam mimpinya.

Apakah Christine punya jawaban akan teka-teki di balik mimpinya selama ini? Yuk, temukan jawabannya dalam novel The Cursed Hand karya Sinta Susanti.

7. C’est La Vie

NOVEL

Maura adalah wanita pintar, punya karier gemilang di luar negeri, dan keluarganya pun terpandang. Namun, tidak ada hidup yang sempurna seutuhnya. Begitulah yang dialami Maura.

Kebahagiannya runtuh seketika saat mengetahui suaminya, Arya, selingkuh dengan wanita lain. Tidak boleh terlarut dalam kesedihan terlalu lama, Maura pun dihadapkan pada jalan hidup selanjutnya.

Apakah Maura bisa luput dari masa lalunya dan siap membuka hati bagi pria lain? Ikuti kelanjutan ceritanya dalam novel karya Mirna Basthami yang berjudul C’est La Vie.

8. Lesap

NOVEL

Masa kecil Khanza dan Mikel terbilang kelam. Keduanya sama-sama ditinggalkan orang terdekat yang paling mereka sayangi. Bedanya, Khanza tak bisa melupakan masa lalunya.

Sedangkan, Mikel sendiri telah membuang jauh-jauh masa lalunya itu. Sampai dia bertemu Khanza. Kenangan buruk dari masa lalunya justru datang kembali.

Apakah ada benang merah dari masa lalu gelap Khanza dan Mikel? Hapus rasa penasaranmu dengan kelanjutan kisahnya dalam novel Lesap karya Veronica Gabriella!

9. Ruang Hampa

NOVEL

Sudah banyak rumor menakutkan tentang “ruang hampa” yang lalu lalang di antara seluruh siswa SMA Prawira Persada. Ditambah lagi letaknya yang jauh dari ruangan lain dan posisinya pas berada dalam bangunan sekolah yang lama.

Makanya, para siswa sebisa mungkin menaati seluruh peraturan di sekolah agar mereka tidak harus masuk dan berdiam di ruangan itu sebagai hukuman dari Pak Sam. Memang sebenarnya apa sih misteri di balik “ruang hampa” di SMA Prawira Persada itu?

Daripada bertanya-tanya terus, segera saja ikuti kisahnya dalam novel berjudul Ruang Hampa karya Handi Namire, Dwipatra, Vevina Aisyahra, dan Lia Nurida!

10. Balada si Roy : Joe

NOVEL

Balada si Roy : Joe karya Gol A Gong kembali diterbitkan dan kali ini dalam versi revisinya. Novel ini sendiri menceritakan lika-liku kehidupan Roy yang pada saat itu masih remaja.

Mulai dari kepindahan Roy ke Banten bersama ibunya secara terpaksa karena sang ayah meninggal, persoalan cinta zaman sekolah, sampai kehilangan Joe yang adalah anjing kesayangan sekaligus sahabatnya. Belum lagi pelarian Roy dari masalah hidupnya malah membawanya pada hal-hal terlarang.

Dapatkah Roy bangkit dari keterpurukan dalam hidupnya itu? Yuk, lihat bagaimana nasib Roy selanjutnya dalam novel Balada si Roy : Joe!


Itulah kesepuluh novel yang bisa kamu jadikan referensi sebagai bahan bacaan di bulan Desember 2018. Semua novel ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Lalu, mana saja yang akan jadi bacaanmu selama bulan Desember?