10 Penulis Beken Ini Lahir di Bulan Maret. Happy Birthday!

10 Penulis Beken Ini Lahir di Bulan Maret. Happy Birthday!

. 4 min read

Mereka yang lahir di sepanjang bulan Maret, pastinya berzodiak Pisces (1-20 Maret) atau Aries (21-31 Maret). Dari dua zodiak ini, kabarnya nih, punya sifat-sifat yang cocok menjalani profesi sebagai penulis.

Pasalnya, menurut berbagai sumber, kalau mereka yang berzodiak Pisces, biasanya berjiwa puitis, menyukai musik, dan juga setia.

Sementara mereka yang terlahir dengan zodiak Aries biasanya lebih berani dan juga inisiatif. Mereka memiliki daya juang yang luar biasa untuk meraih sesuatu.

Kira-kira sifat-sifat tersebut, terlihat enggak ya dari penulis-penulis yang lahir di sepanjang Maret ini? Atau sifat-sifat tersebut tercermin dari karya-karyanya?

Langsung cek yuk, daftar penulis beken di bawah ini yang lahir dan berulang tahun di bulan Maret. Siapa saja?

1. Dr. Seuss

NOVELLARISJANUARI2019
Sumber: Stmuhistorymedia.org

Namanya selalu dikenang, karena karyanya memang banyak disukai. Salah satunya kisah anak-anak berjudul How the Grinch Stole Christmas!.

Para pembaca lebih mengenalnya dengan nama Dr. Seuss. Pria yang lahir pada 2 Maret 1904 ini sebenarnya lahir dengan nama Theodor Seuss Geisel. Pernah membaca karya-karyanya?


2. Fiersa Besari

PENULIS
Sumber: Instagram

Bagi penggemarnya, karya-karya Fiersa Besari yang kaya akan kata-kata puitis selalu dinantikan. Menurut beberapa sumber, sosok yang akrab disapa Bung ini lahir di Bandung pada 3 Maret.

Beberapa buku yang sudah pernah ditulisnya antara lain, 11:11, Konspirasi Alam Semesta, Catatan Juang, Arah Langkah, dan Garis Waktu.

Beli buku-buku karya Fiersa Besari di sini >>


3. William F. Nolan

PENULIS
Sumber: Columbian.com

Lelaki yang satu ini lahir pada 6 Maret 1928. Di sepanjang hidupnya, dia telah menulis ratusan cerita berbentuk fiksi ilmiah, fantasi, horor ataupun cerita-cerita tentang sisi gelap manusia.

Segudang prestasi pun telah dikantunginya, termasuk saat dinobatkan sebagai World Horror Society Grand Master dan saat mendapatkan penghargaan Edgar Allan Poe Award.

Beli buku-buku karya William F. Nolan di sini >>


4. Douglas Adams

PENULIS
Sumber: Telegraph.co.uk

Penulis yang satu ini wafat pada 11 Mei 2001 lalu. Namun karyanya masih terus dibaca banyak orang. Salah satu yang paling populer berjudul The Hitchhiker's Guide to the Galaxy.

Tak cuma dicintai karena karyanya yang memang patut diacungi jempol, Adams juga terkenal sebagai pemerhati lingkungan dan pemerhati inovasi teknologi. Pria multitalenta ini terlahir pada 11 Maret 1952 silam.


5. Sandra Brown

PENULIS
Sumber: Famousauthors.org

Sandra Lynn Brown atau yang lebih dikenal dengan nama Sandra Broen adalah salah satu penulis wanita ternama di dunia. Karya-karyanya masuk dalam daftar New York Time Bestselling Author, loh Grameds.

Penulis yang kerap membuat karya bergenre romance thriller suspense ini lahir pada 12 Maret 1948.

Beli buku-buku karya Sandra Brown di sini >>


6. Sapardi Djoko Damono

PENULIS

“aku ingin mencintaimu dengan sederhana;
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

aku ingin mencintaimu dengan sederhana;
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada”

Puisi di atas merupakan salah satu puisi paling terkenal dari Sapardi Djoko Damono. Sebagai sastrawan senior, karya-karyanya sudah tidak diragukan lagi. Nah, ternyata penyair yang satu ini merayakan ulang tahun pada 20 Maret. Tahun ini beliau akan merayakan ulang tahun ke-79.

Beli buku-buku karya SDD di sini >>


7. James Patterson

PENULIS
Sumber: Variety.com

James merupakan salah satu dermawan tersohor yang juga seorang penulis dengan karya-karya cemerlang. Buktinya, pada 2015 lalu, ia mendapatkan penghargaan literasi dari Nation Book Foundation.

James juga pernah masuk daftar penulis dengan bayaran tertinggi tiga tahun berturut-turut menurut Forbes pada 2016 lalu. Pria hebat ini lahir pada 22 Maret 1947.

Beli buku-buku karya James Patterson di sini >>


8. Erisca Febriani

PENULIS
Sumber: Hitsss.com

Siapa di sini pembaca setia kisah Dear Nathan dan Serendipity? Dua cerita itu adalah hasil karya Erisca.

Berawal dari aktif sebagai penulis Wattpad, kemudian kisah-kisahnya sukses dinovelkan. Tak berhenti di situ, karya dari penulis muda berbakat ini juga difilmkan. Penulis muda ini ternyata lahir di tahun 1998, tepatnya di tanggal 25 Maret.

Beli buku-buku karya Erisca Febriani di sini >>


9. Asma Nadia

PENULIS
Sumber: instagram

Pernah nonton film Surga yang Tak Dirindukan atau Assalamualaikum, Beijing? Dua film tersebut adalah hasil adaptasi dari novel karya Asma Nadia.

Asma Nadia dikenal sebagai salah satu penulis wanita Indonesia yang memiliki banyak karya cemerlang. Wanita yang juga dikenal sebagai pendiri Forum Lingkar Pena ini lahir pada 26 Maret 1972.

Beli buku-buku karya Asma Nadia di sini >>


10. Puthut EA

PENULIS

Pria yang dikenal sebagai "kepala suku"-nya Mojok dan pecinta AS Roma ini dikenal dengan karya-karyanya yang lantang dalam menyuarakan pesan yang tepat sasaran.

Misalkan saja buku Enaknya Berdebat dengan Orang Goblok dan Cinta Tak Pernah Tepat Waktu. Yap, pria yang juga dikenal sebagai lulusan Fakultas Filsafat UGM ini merayakan ulang tahunnya setiap 28 Maret.

Beli buku-buku karya Puthut EA di sini >>


Dari 10 Penulis beken lokal dan internasional di atas, adakah yang jadi idola kalian?

Kalau mengidolakan, jangan lupa apresiasi karya mereka ya, baca buku mereka dan beli di Gramedia.com.


Sumber foto header: Instagram Fiersa Besari